| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Jumat, 18 April 2014
Berita Utama

4/17/2014
PENYAMPAIAN LKPJ HARUS DITUNAIKAN OLEH KEPALA DAERAH
 
4/17/2014
DALAM PROSES POLITIK SEPANJANG MASA
 
4/17/2014
PEMKOT SUKABUMI AKAN LAUNCHING PELAYANAN TERPADU NANG KIS SOS
 
Untitled Document
 
Kamis, 30 Juli 2009
WALIKOTA SUKABUMI UCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA SIKIB
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., atas nama pribadi, pemerintah dan masyarakat Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih kepada Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), yang telah membangun Rumah Pintar Kadeudeuh, tepatnya di wilayah RT 1 RW 6 Cijangkar, termasuk peresmian Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, sebagai Desa atau Kelurahan Sejahtera Binaan SIKIB.

Adapun alasan penetapan lokasi Rumah Pintar di wilayah RT 1 RW 6 Cijangkar ini, karena selain merupakan wilayah pemekaran, juga rata-rata pendapatan masyarakatnya relatif masih tertinggal, apabila dibandingkan dengan wilayah lainnya di Kota Sukabumi.

Walikota Sukabumi juga mengharapkan, dengan ditetapkannya Kelurahan Cisarua sebagai Desa atau Kelurahan Sejahtera ini, akan bermanfaat dalam memacu masyarakat, untuk meningkatkan kualitas hidup.

Dikatakannya, Rumah Pintar yang menghabiskan dana sebesar 80 juta rupiah ini, dibangun di atas areal tanah seluas 160 meter persegi, dengan luas bangunan 80 meter persegi, serta isi bangunan seperti televisi, komputer, mesin jahit, buku-buku dan sebagainya, sepenuhnya dibiayai oleh SIKIB. Sementara tanah lokasi Rumah Pintar, merupakan tanah hibah dari Ketua RW 6 Cijangkar Kelurahan Cisarua, Achmad Jaenudin, kepada Pemerintah Kota Sukabumi, ditujukan untuk Pendidik Anak Usia Dini (PAUD), yang ter-integrasi dengan aspek kesehatan, berupa Pos Yandu, Pos Bindu, serta aspek ekonomi, yang meliputi pemberian sarana usaha.

Sedangkan perbaikan lingkungan, merupakan hasil kerja sama dengan Departemen Pekerjaan Umum, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Sukabumi dan unsur masyarakat, dititik beratkan pada kegiatan penghijauan dan penyediaan sanitasi masyarakat, berupa pembangunan MCK dan pembangunan Septiktank Komunal, yang tanahnya disediakan oleh masyarakat. Untuk pelayanan Pos Yandu dan Pos Bindu, telah diterima bantuan partisipasi berupa 1 unit Motor Sehat, serta bantuan lainnya dari SIKIB, seperti 2 unit mesin jahit, 10 alat biopori, dan 2 unit komposit.

Kebanggaan masyarakat terhadap Desa atau Kelurahan Sejahtera Binaan SIKIB di Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole ini, dilanjutkan dengan usulan kepada Pemerintah Kota Sukabumi, untuk merubah nama jalan Cijangkar menjadi jalan SIKIB. Perubahan nama jalan tersebut, telah dilegalitaskan melalui Surat Keputusan Walikota Sukabumi, Nomor 169 Tahun 2009, tertanggal 17 Juli 2009, tentang pemberian nama jalan.

Program Desa atau Kelurahan Sejahtera Binaan SIKIB di Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole ini, apabila dicermati dengan seksama, menjadi sebuah model dan pelaksanaan yang selama ini didengungkan oleh pemerintah, melalui prinsip-prinsip tata kepemerintahan yang baik, dimana ada sinergitas yang positif dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat antara berbagai elemen, yakni pemerintah, privat sector dan masyarakat. Model kerja sama seperti ini, perlu terus dikembangkan dalam berbagai bidang aspek kehidupan.

Walikota Sukabumi juga menjelaskan, kegiatan-kegiatan lain yang menyertai peresmian Desa atau Kelurahan Sejahtera Binaan SIKIB di Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole ini, diantaranya Seminar PAUD yang diikuti oleh 400 guru TK serta guru SD dan MI sebanyak 400 orang, dengan nara sumber dari SIKIB, Ratna Megawangi, pemeriksaan kesehatan kepada siswa SD Cijangkar dan SD Babakan Bandung, penyuluhan tentang pelestarian lingkungan, dan pelatihan komposing sampah dari Kementerian Lingkungan Hidup, serta penyerahan peralatan biopori dan komposing. Diharapkannya, visi SIKIB Indonesia Sejahtera, Indonesia Kreatif, Indonesia Sehat, Indonesia Peduli, dan Indonesia Hijau ini, menjadi warna tersendiri di Kota Sukabumi.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013