| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Kamis, 17 April 2014
Berita Utama

4/17/2014
PENYAMPAIAN LKPJ HARUS DITUNAIKAN OLEH KEPALA DAERAH
 
4/17/2014
DALAM PROSES POLITIK SEPANJANG MASA
 
4/17/2014
PEMKOT SUKABUMI AKAN LAUNCHING PELAYANAN TERPADU NANG KIS SOS
 
Untitled Document
 
Sabtu, 11 Mei 2013
UPAYA PENINGKATAN DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KOTA SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Kota Sukabumi, merupakan salah satu hal yang sangat mendasar. Karena seperti dijelaskan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., upaya tersebut menjadi salah satu prasyarat utama, bagi keberhasilan pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang.

Demikian pula dalam penentuan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), selain faktor pendidikan dan ekonomi, juga memperhitungkan faktor kesehatan. Sebagai ilustrasi, IPM Kota Sukabumi, saat ini telah mencapai 75,55 point, lebih tinggi dari angka rata-rata IPM Provinsi Jawa Barat, dengan indikator kesehatan, yakni Angka Rata-Rata Lama Hidup mencapai 73,65 tahun.

Namun demikian, hasil pencapaian dalam upaya peningkatan derajat kesehatan tersebut, belum memuaskan dan membanggakan, khususnya bagi Pemerintah Kota Sukabumi. Karena hingga saat ini, masih dihadapkan pada berbagai faktor dan persoalan. Diantaranya faktor keterbatasan dana, serta perilaku hidup sebagian masyarakat Kota Sukabumi, belum sepenuhnya memerhatikan norma-norma kesehatan.

Untuk itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal meningkatkan dan membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS, di setiap rumah tangga atau keluarga.

Adapun upaya untuk meningkatkan dan membudayakan PHBS tersebut, sedikitnya ada 10 indikator yang harus dilaksanakan oleh setiap rumah tangga atau keluarga. Antara lain, persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI eksklusif, menimbang Balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan pakai sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk di rumah seminggu sekali, memakan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktifitas fisik setiap hari, serta tidak merokok di dalam rumah.

Ditandaskannya, upaya untuk meningkatkan dan membudayakan PHBS tersebut, khususnya dalam skala rumah tangga atau keluarga, secara teori dirasakan lebih mudah. Namun dalam pelaksanaannya sangat sulit, karena membutuhkan banyak dukungan, mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar, hingga pemerintah.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013