| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Kamis, 24 April 2014
Berita Utama

4/23/2014
THE 4TH SUKABUMI EXPO 2014 DIIKUTI 220 KUMKM SE WILAYAH BOGOR
 
4/23/2014
MENTERI SOSIAL RI MENYERAHKAN BANTUAN SEBESAR RP. 3.421.800.000,00
 
4/23/2014
WALIKOTA SUKABUMI MEMBUKA THE 4TH SUKABUMI EXPO TAHUN 2014
 
Untitled Document
 
Senin, 17 Januari 2011
TUJUAN UTAMA DIDIRIKAN NEGARA RI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Tujuan utama didirikannya Negara Republik Indonesia (RI), untuk mewujudkan kesejahteraan umum Warga Negara, dalam suasana yang aman, tertib, adil, dan demokratis. Demikian disampaikan Wakil Walikota Sukabumi, Doktor H. Mulyono, M.M., saat memberi sambutan, pada Upacara Kesadaran Nasional, hari Senin, 17 Januari 2011, bertempat di Lapangan Apel Setda Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, untuk mencapai tujuan tersebut, tentunya tidak bisa dikelola dan diurus secara langsung oleh pemerintah, mengingat Negara RI memiliki wilayah yang luas, dengan keaneka-ragaman potensi sumber daya, serta karakteristik budaya dan adat istiadat. Dijelaskan pula, Otonomi Daerah (Otda), merupakan sebuah sistem dan alat dalam menyelenggarakan pemerintahan, guna mempercepat terwujudnya tujuan nasional bangsa Indonesia, ter-utama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, tugas pokok pemerintahan daerah, diantaranya melaksanakan Otda, dalam rangka mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan pelayanan umum, pemberdayaan peran serta masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah.

Wakil Walikota Sukabumi mengatakan, keberhasilan pemerintah daerah dalam melaksanakan Otda, diukur dari kemampuan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang didukung oleh keberhasilan kinerja dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, pelayanan dasar, pelayanan penunjang, infrastruktur, iklim investasi, dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan demikian, keberhasilan Otda tidak diartikan sebagai penguasaan atas daerah, oleh sekelompok elit politik atau birokrat di daerah.

Berkaitan dengan hal tersebut, Wakil Walikota Sukabumi mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya aparatur pemerintah di Lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, untuk senantiasa fokus bekerja, ter-utama dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk Kota Sukabumi, yang saat ini jumlahnya mencapai 299 ribu 247 jiwa. Selain itu, Wakil Walikota Sukabumi juga meminta kepada segenap aparatur pemerintah, agar meng-analisis pelaksanaan pelayanan dasar, guna mengetahui aspek-aspek yang sudah dan yang belum tercapai. Maksud dan tujuannya, supaya setiap rupiah dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Sukabumi, dapat termanfaatkan secara efektif.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013