| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Rabu, 23 April 2014
Berita Utama

4/22/2014
CIPANENGAH DINILAI TIM PENILAI LOMBA HATINYA PKK NASIONAL 2014
 
4/22/2014
PEMIKIRAN-PEMIKIRAN RA KARTINI MASIH SANGAT RELEVAN
 
4/22/2014
DOOR PRIZE UNTUK PENDONOR DARAH BULAN FEBRUARI DAN MARET 2014
 
Untitled Document
 
Senin, 10 Mei 2010
TERSELENGGARANYA GOOD GOVERNANCE BERPARADIGMA SURGAWI MERUPAKAN PRASYARAT BAGI SETIAP SKPD
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Terselenggaranya kepemerintahan yang baik atau Good Govermance yang berparadigma surgawi, merupakan prasyarat bagi setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, untuk mewujudkan aspirasi masyarakat dalam mencapai tujuan serta cita-cita pemerintah dan masyarakat Kota Sukabumi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, menurut Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Penanggulangan Bencana (Dinsostek PB) Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah. M.Si., diperlukan pengembangan dan penerapan sistem perencanaan yang tepat, jelas dan legimated, sehingga penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan dapat berlangsung secara berhasil-guna dan berdaya-guna.

Dikatakannya, perencanaan strategis merupakan langkah awal untuk melakukan pengukuran kinerja instansi pemerintah, serta memerlukan integrasi antar keahlian Sumber Daya Manusia atau SDM dengan sumber daya lainnya, supaya mampu menjawab tuntutan perkembangan lingkungan strategis nasional dan regional. Dikatakan pula, analisis terhadap lingkungan organisasi, baik internal maupun eksternal, merupakan langkah yang sangat penting dalam memperhitungkan kekuatan, kelemahan dan peluang, serta tantangan dan kendala yang ada.

Dijelaskannya, analisis terhadap unsur-unsur tersebut sangat penting, serta merupakan dasar bagi perwujudan Visi dan Misi, termasuk Strategi Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Penanggulangan Bencana. Dijelaskan pula, Renstra SKPD ini merupakan salah satu dokumen perencanaan resmi, yang dipersyaratkan untuk mengarahkan pelayanan SKPD dan Pembangunan Daerah, dalam jangka waktu lima tahun kedepan.

Kepala Dinsostek PB Kota Sukabumi juga mengatakan, Renstra SKPD ini dibangun berdasarkan komitmen dan kesepakatan dari semua stake holder, sebagai dokumen perencanaan jangka menengah, untuk dituangkan ke dalam Rencana Tahunan, Renja SKPD, RKA SKPD dan APBD. Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya penyusunan Renstra Dinsostek PB Kota Sukabumi Tahun 2008-2013 ini, sebagai dokumen perencanaan pembangunan, yang memberikan arah kebijakan, program dan sasaran strategis yang ingin dicapai selama lima tahun kedepan. Selain itu, juga untuk menampung aspirasi masyarakat dan membangun consensus antar stake holder, untuk menentukan arah pembangunan yang akan datang, yang penyusunannya mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Sukabumi Tahun 2008-2013.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013