| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Kamis, 17 April 2014
Berita Utama

4/16/2014
WALIKOTA SUKABUMI DAPAT PENGHARGAAN GUBERNUR JAWA BARAT
 
4/16/2014
WALIKOTA SUKABUMI SAMPAIKAN LKPJ TAHUN ANGGARAN 2013
 
4/16/2014
PERINGATAN KE 135 HARI KARTINI TINGKAT KOTA SUKABUMI 2014
 
Untitled Document
 
Senin, 1 November 2010
TERJADI PERGESERAN PARADIGMA PENGAWASAN
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Dengan adanya transformasi dalam bidang pengawasan, mengakibatkan terjadinya pergeseran paradigma pengawasan, yakni dari Watch Dog menjadi Concelling Partner. Untuk itu, menurut Wakil Walikota Sukabumi, Doktor H. Mulyono, M.M., Inspektorat Daerah harus mampu melakukan reposisi peran, dengan meng-akomodasi dan meng-antisipasi implikasi perubahan tersebut, yang didukung dengan ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) Pengawasan yang professional. Dengan demikian, kualitas lembaga pengawasan fungsional internal di lingkungan pemerintahan daerah, dapat sejajar dengan lembaga pengawasan eksternal pemerintahan, khususnya dalam melakukan proses dan opini auditing.

Ditandaskannya, BPKB selaku instansi pembina jabatan fungsional auditor di lingkungan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP), merupakan sebuah amanah strategik untuk membangun dan mengembangkan auditor APIP yang tidak tumpang tindih. Guna mendukung hasil pengawasan APIP yang handal dan memenuhi kebutuhan pemerintah secara utuh, pembinaan BPKB diarahkan untuk mewujudkan auditor intern yang kompeten dan profesional di lingkungan APIP. Antara lain melalui peningkatan pengetahuan, keakhlian dan sikap perilaku, supaya dapat menyediakan jasa pemberian jaminan atau assurance dan konsultasi, dalam rangka meng-evaluasi dan meningkatkan evektifitas proses, tata kelola, pengendalian dan manjemen, sesuai dengan kebutuhan organisasi pemerintah pusat dan daerah.

Ditandaskan pula, dengan adanya kebijakan penerapan Jabatan Fungsional Auditor atau JFA, hal tersebut merupakan salah satu langkah awal, untuk memberikan jaminan secara konseptual, konsisten dan berkesinambungan, dalam rangka upaya mewujudkan auditor inspektorat daerah yang kompeten dan professional.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013