| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Jumat, 18 April 2014
Berita Utama

4/18/2014
UJIAN DINAS PNS TINGKAT I DAN II UNTUK PERIODE 1 OKTOBER 2014
 
4/18/2014
KEBERHASILAN KELURAHAN KARAMAT MERAIH JUARA LOMBA KELURAHAN 2014
 
4/18/2014
KOMODITI BERAS CIHERANG ALAMI PENURUNAN HARGA 2,2 PERSEN
 
Untitled Document
 
Senin, 11 Maret 2013
TARIF BUS SUKABUMI JAKARTA MENURUT RENCANA AKAN DIUSULKAN NAIK
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Tarif Bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) Jurusan Sukabumi Jakarta, menurut rencana akan diusulkan naik, oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI kepada DPR RI. Diketahuinya rencana akan diusulkannya kenaikan tarif bus tersebut, setelah 4 orang aparat dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kemenhub RI, didampingi Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Bus Sudirman Kota Sukabumi, Yusuf Chery, S.H., M.H., melakukan survey ke beberapa Perusahaan Oto (PO) Bus AKAP Jurusan Sukabumi Jakarta, khususnya yang ada di Kota Sukabumi. Diantaranya ke PO Bus Langgeng Jaya, Lana Jaya, Sugih, Bina Remaja, Rencana Jaya, Setiabudi, dan Pandu Jaya.

Adapun maksud dan tujuan dilakukannya survey tersebut, menurut Kepala UPT Terminal Bus Sudirman Kota Sukabumi, untuk mengetahui secara pasti jumlah biaya operasional, yang dikeluarkan oleh pihak PO Bus dalam setiap harinya. Dikatakannya, survey tersebut dilakukan, sebagai persiapan kenaikan tarif batas atas dan batas bawah, khusus bagi Bus AKAP Jurusan Sukabumi Jakarta, yang dilakukan oleh pihak Kemenhub RI.

Menyinggung rencana kenaikan tarif bus tersebut, seperti dijelaskan Kepala UPT Terminal Bus Sudirman Kota Sukabumi, diperkirakan antara 10 sampai dengan 20 persen. Adapun tarif batas atas bus tersebut yang berlaku saat ini, yakni 16 ribu rupiah, serta tarif batas bawah 12 ribu rupiah, dengan jumlah armada bus yang beroperasi, dalam setiap harinya rata-rata mencapai 100 unit. Dijelaskan pula, akan dilakukannya usulan tersebut, karena tarif bus tersebut yang berlaku saat ini, terbilang sudah cukup lama tidak dinaikan, serta perlu dilakukan penyesuaian dengan daya beli warga masyarakat saat ini.

Sedangkan mengenai waktu kapan mulai diberlakukannya kenaikan tarif bus tersebut, seperti dikatakan Kepala UPT Terminal Bus Sudirman Kota Sukabumi, belum dapat diketahui secara pasti, karena pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut dari pihak Kemenhub RI. Selain itu, rencana kenaikan tarif bus tersebut, saat ini masih dalam tahap evaluasi dan survey di tingkat bawah.

Kepala UPT Terminal Bus Sudirman Kota Sukabumi juga mengatakan, pada saat melakukan survey dengan 4 orang aparat dari Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub RI tersebut, para Pengusaha Oto Bus tersebut mengharapkan kepada pemerintah, agar ada subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM). Maksud dan tujuannya, untuk meringankan beban biaya operasional para Pengusaha Oto Bus tersebut.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013