| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Kamis, 17 April 2014
Berita Utama

4/17/2014
PENYAMPAIAN LKPJ HARUS DITUNAIKAN OLEH KEPALA DAERAH
 
4/17/2014
DALAM PROSES POLITIK SEPANJANG MASA
 
4/17/2014
PEMKOT SUKABUMI AKAN LAUNCHING PELAYANAN TERPADU NANG KIS SOS
 
Untitled Document
 
Jumat, 22 Oktober 2010
Sosialisasi Peraturan Bersama Menteri Agama Dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan 8 Tahun 2006
Reporter : Syifa
 

Berdasarkan arahan dari Walikota Sukabumi tertanggal 14 September 2010 bertempat di Ruang Utama Walikota Sukabumi dan Radiogram Menteri Dalam Negeri No. 450/398/SC tentang Implementasi Peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama No. 9 dan No. 8 Tahun 2006 tertanggal 30 September 2010 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah dalam Memelihara Kerukunan Umat Beragama serta Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Rumah Ibadah dan Instruksi kepada Gubernur, Bupati, Walikota se Indonesia untuk melaksanakan Sosialisasi Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006 kepada seluruh Aparat Terkait.

Bapak Hardi Harpan, Sm. Hk selaku Kepala Kantor Kesbang, Politik dan Linmas Kota Sukabumi dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari Peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama No. 9 dan No. 8 Tahun 2006 adalah meningkatkan pemahaman, mempedomani dan melaksanakan Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006 dalam memelihara kerukunan umat beragama dan pendirian rumah ibadah serta meningkatkan kinerja Forum Kerukunan Umat beragama, serta menjelaskan kewajiban camat dan lurah dalam memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat termasuk memfasilitasi terwujudnya kerukunan umat beragama di wilayah kecamatan dan kelurahan serta menumbuh kembangkan keharmonisan, saling pengertian, saling menghormati dan saling percaya diantara umat beragama, membina dan mengkoordinasikan dalam pemyelenggaraan pemerintahan Daerah dibidang ketentraman dan ketertiban masyarakat dalam kehidupan beragama.

Dalam sambutan dan arahannya Walikota Sukabumi H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si, menyampaikan bahwa kewajiban Pemerintah Daerah Kota Sukabumi adalah melakukan koordinasi pengawasan dan penjagaan serta mencari solusi apabila terjadi ancaman tantangan, hambatan dan gangguan serta menyamakan persepsi siapa berbuat apa apabila terjadi permasalahan-permasalahan yang menyangkut kerukunan umat beragama, sehingga tercipta keharmonisan antar Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan di Wilayah Kota Sukabumi.

Peserta dari Sosialisasi yang berlangsung pada hari Kamis tanggal 21 Oktober 2010 bertempat di OPROOM SETDA kota Sukabumi sebanyak 65 orang terdiri dari SKPD dan Instansi terkait, Camat, Danramil, Kapolsek, Lurah Se-Kota Sukabumi. Materi Sosialisasi berupa Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama No. 9 dan No. 8 Tahun 2006, Tugas dan Fungsi FKUB, Situasi dan Kondisi Kota Sukabumi yang berkembang pada saat ini dan sebagai Nara Sumber adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi, Ketua FKUB Kota Sukabumi, Kepala Kantor Kesbang, Politik dan Linmas Kota Sukabumi.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013