| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Jumat, 18 April 2014
Berita Utama

4/17/2014
PENYAMPAIAN LKPJ HARUS DITUNAIKAN OLEH KEPALA DAERAH
 
4/17/2014
DALAM PROSES POLITIK SEPANJANG MASA
 
4/17/2014
PEMKOT SUKABUMI AKAN LAUNCHING PELAYANAN TERPADU NANG KIS SOS
 
Untitled Document
 
Selasa, 31 Maret 2009
SELEKSI PPDB DI SMP NEGERI 2 KOTA SUKABUMI AKAN DIPERKETAT
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Penerimaan Siswa Baru (PSB), di SMP Ngeri 2 Kota Sukabumi, dalam tahun pelajaran 2009-2010 akan diperketat.

Kepala SMP Negeri 2 Kota Sukabumi, Drs. Mumu, M.Pd. menjelaskan, sistem seleksi PPDB di SMP Negeri 2 Kota Sukabumi ini, berdasarkan Surat Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 169/C3/KP/2009, dan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jwa Barat Nomor 422.1/848-SETDISDIK/2009.

Ditandaskannya, sebagai Rintisan Sekolah Berstandar internasional (RSBI), SMP Negeri 2 Kota Sukabumi, dalam melakukan PPDB menggunakan standar nilai lebih tinggi. Selain itu, juga dilakukan lebih awal. Maksud dan tujuannya, untuk menjaring Calon Peserta Didik Baru (CPDB) yang berkualitas. Adapun persyaratan nilai bagi CPDB, untuk SMP Ngeri 2 Kota Sukabumi, antara lain Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengehuan Alam (MIPA) dalam raport CPDB minimal 70. Selain itu, para CPDB harus mencantumkan Surat Keterangan Duduk di kelas VI dan Surat Keterangan Kelakuan Baik dari SD atau MI masing-masing, Surat Keterangan Sehat Jasmani dari Dokter, serta Surat Pernyataan bersedia Ikut Seleksi CPDB dan Program RSBI, termasuk melampirkan nilai raport dari kelas III sampai dengan kelas VI. Bagi CPDB yang memiliki prestasi akademik dan non akademik, harus melampirkan piagam penghargaan atau sertifikat pendukung lainnya, seperti sertifikat Bahasa Inggris dan lain-lain sebagai bukti.

Dijelaskannya, pendaftaran CPDB tersebut, di SMP Negeri 2 Kota Sukabumi ini, telah dibuka sejak tanggal 12 Maret 2009, dan direncanakan ditutup pada tanggal 4 April 2009 mendatang. Para CPDB yang dinyatakan lulus seleksi administrasi harus mengikuti tes tertulis MIPA dan pengetahuan umum, pada tanggal 13 April 2009, serta ikut tes lainnya, seperti psikotes, kemampuan berbahasa Inggris, wawancara, serta tes minat dan bakat. Sementara hasil seleksi, menurut rencana akan diumumkan pada tanggal 1 Juni 2009 mendatang.

Sedangkan jumlah peserta didik yang akan diterima di SMP Negeri 2 Kota Sukabumi, maksimal 180 peserta didik. Jumlah peserta didik tersebut, akan dibagi kedalam 6 kelas VII, atau setiap kelas antara 24 sampai dengan 30 peserta didik.

Menyinggung biaya pendaftaran, menurut Kepala SMP Negeri 2 Kota Sukabumi, tidak ada biaya pendaftaran alias gratis. Namun biaya untuk tes psikotes, para CPDB harus membayar biaya sebesar 75 ribu rupiah.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013