| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Rabu, 16 April 2014
Berita Utama

4/16/2014
WALIKOTA SUKABUMI DAPAT PENGHARGAAN GUBERNUR JAWA BARAT
 
4/16/2014
WALIKOTA SUKABUMI SAMPAIKAN LKPJ TAHUN ANGGARAN 2013
 
4/16/2014
PERINGATAN KE 135 HARI KARTINI TINGKAT KOTA SUKABUMI 2014
 
Untitled Document
 
Senin, 10 Januari 2011
SEKS BEBAS PENYEBAB UTAMA PENYEBARAN HIV-AIDS
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Faktor hubungan seks bebas, saat ini masih menjadi penyebab utama penyebaran virus mematikan HIV-AIDS di Jawa Barat, apabila dibandingkan dengan yang disebabkan oleh pemakaian jarum suntik secara bergantian. Bahkan apabila dipresentasikan, menurut Kepala Biro Pelayanan Sosial Dasar Setda Provinsi Jawa Barat, Riadi, SKM., MPH., sudah mencapai 40 persen. Dijelaskannya, penderita HIV-AIDS di Jawa Barat, saat ini menduduki peringkat kedua di tingkat nasional.

Kepala Biro Pelayanan Sosial Dasar Setda Provinsi Jawa Barat mengatakan, berdasarkan data yang ada, jumlah penderita HIV-AIDS di Jawa Barat, saat ini sudah mencapai 5 ribu 88 orang. Sedangkan kota di Jawa Barat yang paling banyak terjangkit penyebaran virus tersebut, seluruhnya berjumlah 5 kota. Antara lain Kota Bandung, Cirebon, Tasikmalaya, Bogor, dan Kota Sukabumi.

Menyinggung pelayanan kesehatan bagi para penderita HIV-AIDS di Jawa Barat, seperti dijelaskan Kepala Biro Pelayanan Sosial Dasar Setda Provinsi Jawa Barat, pelayanan kesehatan bagi para penderita virus mematikan tersebut, hingga saat ini masih terbatas, yakni hanya dilakukan di 9 rumah sakit, dimana rumah sakit utamanya, yakni Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

Berkaitan dengan hal tersebut, guna membantu kemudahan pelayanan kesehatan bagi para penderita HIV-AIDS, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, saat ini sudah mulai mencoba memberikan pelayanan di Puskesmas. Sementara daerah yang telah melaksanakan pelayanan kesehatan di Puskesmas, bagi para penderita penyakit tersebut, diantaranya Bandung, Depok, dan Subang.

Kepala Biro Pelayanan Sosial Dasar Setda Provinsi Jawa Barat menandaskan, pelayanan kesehatan bagi para penderita HIV-AIDS, idealnya dilakukan di Puskesmas. Namun karena adanya keterbatasan tenaga dokter dan fasilitas perawatan, untuk saat ini, pelayanan kesehatan bagi para penderita penyakit tersebut dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Adapun anggaran yang disediakan untuk menangani penyakit HIV-AIDS di Jawa Barat, dalam per tahunnya sekitar 200 milyar rupiah, terdiri dari obat-obatan dari pusat. Sedangkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, lebih dititik beratkan pada koordinasi. Sementara pelayanan kesehatan, dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, yang besar anggarannya, pada tahun 2010 lebih kurang sebesar 160 juta rupiah.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013