| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Minggu, 20 April 2014
Berita Utama

4/20/2014
 
4/19/2014
 
4/19/2014
PELAKSANAAN APBD KOTA SUKABUMI TAHUN 2013
 
Untitled Document
 
Rabu, 4 Maret 2009
SEBANYAK 72 KENDARAAN DINAS OPERASIONAL AKAN SEGERA DILELANG ATAU DIDUM
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Sebanyak 72 kendaraan dinas operasional milik Pemerintah Kota Sukabumi, yang terdiri dari 70 kendaraan roda dua dan 2 kendaraan roda empat berupa mobil ambulan, akan segera dihapus dari daftar inventaris barang milik daerah, yakni dilelang atau didum.

Kepala Bidang Pengelolaan Aset Daerah Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Sukabumi, Dra. Iyan Damayanti, M.Si. menjelaskan, ke-72 kendaraan tersebut saat ini sedang diproses, yakni dilakukan penelitian oleh Panitia Penghapusan, untuk dibuatkan Surat Keputusan (SK) tentang penghapusan kendaraan dinas operasional, oleh Kepala Daerah dan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi. Setelah selesai dibuatkan SK penghapusan, baru diajukan untuk dibuatkan SK pelelangan atau dum. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 17 Tahun 2007, yakni sebelum Kepala Daerah mengeluarkan SK penghapusan, harus dilakukan penelitian oleh Panitia Penghapusan Kendaraan Dinas Operasional, atas kendaraan yang diajukan untuk dihapus.

Dijelaskan pula, proses tersebut dilakukan, selain berdasarkan Permendagri, juga sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 6 Tahun 2006, dimana Pemerintah Daerah harus membentuk Panitia Penghapusan, untuk melakukan penelitian, baik dari administrasi atau kepemilikan kendaraan, maupun keadaan fisik kendaraan, yang memungkinkan mengganggu kelancaran tugas dinas, efisiensi penggunaan, biaya operasional, nilai jual kendaraan, dan sebagainya yang dipandang perlu.

Diharapkannya, proses penelitian, penghapusan dan pelelangan kendaraan dinas operasional tersebut, dalam jangka waktu dua atau tiga bulan bisa selesai.

Adapun persyaratan pengajuan lelang atau dum kendaraan dinas operasional roda dua, antara lain: kendaraan operasional tersebut telah ber-umur lebih dari 5 tahun. Namun demikian, kendati batasan umurnya telah ditetapkan, tapi tetap harus memperhatikan kelancaran pelaksanaan tugas, atau sudah ada penggantinya. Selanjutnya pegawai atau pejabat yang mengajukan lelang atau dum, telah memiliki masa kerja 10 tahun, dan diprioritaskan bagi pegawai yang akan memasuki masa pensiun, atau Ketua dan Wakil Ketua DPRD yang telah memiliki masa bhakti 5 tahun.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat, yakni 2 ambulan yang merupakan kendaraan dinas operasional khusus lapangan, penjualannya harus melalui proses pelelangan umum atau pelelangan terbatas. Hasil penjualan atau pelelangan dari kedua kendaraan roda empat tersebut, harus disetorkan ke kas daerah.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013