| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Jumat, 25 April 2014
Berita Utama

4/24/2014
 
4/24/2014
KEMAJUAN DAERAH DINILAI DARI TINGKAT KEMAJUAN PEREKONOMIANNYA
 
4/24/2014
KUMKM MEMAINKAN PERANAN YANG SANGAT VITAL
 
Untitled Document
 
Kamis, 18 Oktober 2012
SATPOL PP KOTA SUKABUMI BERUPAYA OPTIMAL TINGKATKAN K-3
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal menciptakan dan meningkatkan ketertiban, kebersihan dan keindahan (K-3), khususnya di wilayah Kota Sukabumi. Kepala Satpol PP Kota Sukabumi, Agus Wawan Gunawan, S.IP. menjelaskan, penertiban tersebut senantiasa dilaksanakan secara rutin, sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Satpol PP Kota Sukabumi, serta peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun penertiban yang telah dilakukan baru-baru ini, yakni penertiban terhadap spanduk dan baligo politik, tepatnya pada hari Rabu, tanggal 17 Oktober 2012. Dikatakannya, dalam penertiban tersebut, pihaknya melibatkan puluhan aparat Satpol PP Kota Sukabumi. Hasilnya cukup memuaskan dan membanggakan bagi semua pihak, baik bagi warga masyarakat maupun bagi Pemerintah Kota Sukabumi. Karena puluhan aparat Satpol PP tersebut, berhasil menertibkan ratusan spanduk dan baligo politik, yang dipasang di sejumlah ruas jalan di Kota Sukabumi. Diantaranya Jalan Siliwangi, Jalan Suryakencana, Jalan R.E. Martadinata, Jalan Pelabuhan II, dan Jalan Lingkar Selatan.

Dikatakan pula, pihaknya terpaksa menertibkan ratusan spanduk dan baligo politik tersebut, karena selain keadaannya sudah kadaluarsa, atau batas waktu ijin pemasangannya sudah habis, juga ada yang dipasang di tempat-tempat terlarang, yang bertentangan dengan Peraturan Daerah atau Perda Nomor 2 Tahun 2004, Tentang Ketertiban Umum, terutama pada Pasal D, yang mengatur pelarangan pemasangan bentuk reklame apapun di pohon, serta Perda Nomor 4 Tahun 2008, Tentang Penyelenggaraan Reklame.

Kepala Satpol PP Kota Sukabumi menandaskan, apabila ratusan spanduk dan baligo tersebut tidak segera ditertibkan, akan berdampak negatif terhadap suasana wilayah Kota Sukabumi, yakni merusak pemandangan dan keindahan Kota Sukabumi. Ditandaskan pula, ratusan spanduk dan baligho tersebut, saat ini diamankan di Markas Komando atau Mako Satpol PP Kota Sukabumi.

Kepala Satpol PP Kota Sukabumi mengatakan, untuk ke depannya perlu ada Perda, yang mengatur secara khusus tentang penempatan pemasangan spanduk dan baligho politik, sehingga tidak terkesan semrawut. Selain itu, pihaknya juga telah mengajukan penambahan kendaraan operasional kepada Pemerintah Kota Sukabumi, yakni satu buah kendaraan pick up dan satu buah truk bak terbuka, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan tugas penertiban di lapangan. Karena hingga saat ini, dalam setiap melaksanakan tugas penertiban, pihaknya beserta jajarannya senantiasa menggunakan Kendaraan Pasukan Anti Huru-Hara atau PHH. Dijelaskannya, pengajuan penambahan kendaraan operasional tersebut, menurut informasi dari pihak instansi terkait, akan direalisasikan pada tahun 2013 mendatang.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013