| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Jumat, 25 April 2014
Berita Utama

4/24/2014
 
4/24/2014
KEMAJUAN DAERAH DINILAI DARI TINGKAT KEMAJUAN PEREKONOMIANNYA
 
4/24/2014
KUMKM MEMAINKAN PERANAN YANG SANGAT VITAL
 
Untitled Document
 
Senin, 8 Februari 2010
RENSTRA DPPKAD KOTA SUKABUMI SEBAGAI DOKUMEN PERENCANAAN PENDAPATAN
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Maksud dilaksanakannya penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Sukabumi Tahun 2008-2013, sebagai dokumen perencanaan pendapatan. Diantaranya dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Perimbangan, dan Pendapatan lain-lain yang syah, dengan perencanaan pengelolaan belanja langsung ataupun belanja tidak langsung, selama kurun waktu 5 tahun ke depan.

Dengan demikian, menurut Kepala DPPKAD Kota Sukabumi, Drs. H. Kostaman, M.M., Renstra DPPKAD merupakan guiden line dalam membuat priorintas pembangunan, yang akan dibiayai APBD Kota Sukabumi, dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2013.

Adapun tujuan dilaksanakannya penyusunan Renstra DPPKAD Kota Sukabumi Tahun 2008-2013, yakni untuk memberikan arah yang jelas, dalam menentukan PPAS dan PPA, guna menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan program yang ditetapkan dalam KUA, RKPD, dan RENJA Kota Sukabumi, selama kurun waktu 5 tahun, sesuai dengan potensi yang tersedia.

Sedangkan kedudukan dan peranan Renstra DPPKAD dalam Perencanaan Daerah Kota Sukabumi, merupakan salah satu bagian yang utuh dalam pengelolaan keuangan daerah Kota Sukabumi, yang terdiri dari penerimaan dan pemungutan pendapatan daerah, serta belanja dan pengelolaan aset daerah, untuk mensinergiskan seluruh program pembangunan, sebagaimana yang telah dituangkan dalam RPJP, RPJMD, RTRW, dan Renstra 36 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Sukabumi Nomor 6 Tahun 2008, Tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kota Sukabumi.

Sementara Peranan Renstra DPPKAD Kota Sukabumi dalam perencanaan daerah sebagai guiden line, khususnya dalam menyusun dan kebijakan pengelolaan Anggaran Pendapatan Belajan Daerah (APBD), Rancangan APBD dan Rancangan Perubahan APBD Kota Sukabumi, yakni melaksanakan pemungutan pendapatan daerah yang telah ditetapkan dalam Perda, melaksanakan fungsi bendahara umum daerah dan pengelolaan aset daerah, serta menyusun laporan keuangan sebagai pertanggung-jawaban pelaksanaan APBD Kota Sukabumi.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013