| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Kamis, 24 April 2014
Berita Utama

4/24/2014
 
4/24/2014
KEMAJUAN DAERAH DINILAI DARI TINGKAT KEMAJUAN PEREKONOMIANNYA
 
4/24/2014
KUMKM MEMAINKAN PERANAN YANG SANGAT VITAL
 
Untitled Document
 
Senin, 3 Oktober 2011
PKBM AL-BAROKAH AKAN KEMBANGKAN KETERAMPILAN
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Pusat Kegiatan Belajar Mandiri (PKBM) AL-Barokah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Nyomplong Sukabumi, akan mengembangkan pendidikan keterampilan, yakni membuat Pelet Pakan Ikan, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pembinaan, pendidikan dan keterampilan, serta kemanusiaan terhadap para narapidana, untuk bekal dalam melanjutkan kehidupan, dengan berusaha sendiri, setelah selesai menjalani masa pidananya.

Dengan demikian, menurut Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas II B Nyomplong Sukabumi, Maulana Luthfianto, para narapidana tersebut, tidak akan tersesat kembali melakukan perbuatan yang melawan hukum, setelah kembali lagi ke lingkungan masyarakat, karena memiliki ketarmpilan dan berusaha sendiri.

Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan program yang akan dilaksanakan oleh PKBM AL-Barokah tersebut, pemerintah daerah, dinas-instansi, dan perusahaan, baik milik pemerintah maupun swasta, agar pro-aktif mermberi dukungan dan bantuan secara positif, baik berupa moril maupun materil. Dengan demikian, program yang akan dilaksanakan oleh PKBM AL-Barokah tersebut, dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai harapan semua pihak.

Adapun sasaran yang hendak dicapai melalui program tersebut, agar seluruh narapidana sebagai warga belajar PKBM AL-Barokah, terampil dalam membuat Pelet Pakan Ikan atau Pakan Ternak lainnya, serta dapat mengelola usaha produksi.

Sedangkan hasil yang diharapkan di pelaksanaan program tersebut, yakni memberikan keterampilan kepada para narapidana, supaya memiliki kompetensi dasar dalam proses pembuatan Pelet Pakan Ikan, serta memberikan pembekalan keterampilan pembuatan Pelet Pakan Ikan, supaya mampu menciptakan usaha home industri, demi kelangsungan hidup para narapidana.

Selanjutnya memberikan pengetahuan dasar managemen usaha, dari mulai persiapan penyediaan bahan baku, hingga proses produksi dan pemasaran, memberikan pendapatan berupa insentif uang pendapatan melalui tabungan, supaya para narapidana memiliki bekal setelah selesai melaksanakan masa pidananya, serta meningkatkan kemampuan pelajaran administratif, sarana dan prasarana PKBM AL-Barokah Lapas Kelas II B Nyomplong Sukabumi, yang didapatkan dari keuntungaan hasil usaha.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013