| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Rabu, 16 April 2014
Berita Utama

4/16/2014
WALIKOTA SUKABUMI DAPAT PENGHARGAAN GUBERNUR JAWA BARAT
 
4/16/2014
WALIKOTA SUKABUMI SAMPAIKAN LKPJ TAHUN ANGGARAN 2013
 
4/16/2014
PERINGATAN KE 135 HARI KARTINI TINGKAT KOTA SUKABUMI 2014
 
Untitled Document
 
Senin, 23 Mei 2011
PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KOTA SUKABUMI SETIAP TAHUN ALAMI PENINGKATAN
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Penyerapan tenaga kerja, di Kota Sukabumi dalam setiap tahun senantiasa mengalami peningkatan. Hal tersebut, seperti dikatakan Wakil Walikota Sukabumi, Doktor H. Mulyono, M.M., bisa dilihat dari data penyerapan tenaga kerja, yang dilakukan oleh Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Penanggulangan Bencana (Dinsostek PB) Kota Sukabumi.

Ditandaskannya, keberhasilan dalam meningkatkan penyerapan tenaga kerja tersebut, diantaranya ditempuh melalui upaya Antar Kerja Antar Daerah (AKAD), Antar Kerja Antar Lokal (AKAL), dan Antar Kerja Antar Negara (AKAN). Upaya tersebut senantiasa dilakukan dan ditingkatkan, melalui kerja sama dengan berbagai dinas dan instansi, baik di tingkat daerah dan provinsi, maupun di tingkat pusat.

Wakil Walikota Sukabumi menjelaskan, sebagai gambaran, penyerapan tenaga kerja dari Kota Sukabumi, yang telah ditempatkan dan bekerja di berbagai perusahaan dan berbagai daerah, antara lain pada tahun 2008 mencapai 1 ribu 289 orang, pada tahun 2009 mencapai 1 ribu 593 orang, dan pada tahun 2010 mencapai 2 ribu 14 orang.

Menyinggung upaya-upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kesejahteraan sosial, menurut Wakil Walikota Sukabumi, upaya tersebut bukan tanggung jawab pemerintah semata, akan tetapi juga memerlukan peran serta dari segenap lapisan warga masyarakat, terutama dalam pelaksanaannya.

Adapun salah satu bentuk dalam merealisasikan peningkatan kesejahteraan tersebut, yakni dengan bertambahnya pendirian panti-panti sosial, baik Panti Sosial Asuhan Anak atau PSAA, maupun Panti Jompo dan Panti Penyandang Cacat. Dikatakannya, jumlah Panti Sosial tersebut, mengalami penambahan sebanyak 7 panti, yakni dari yang semula 11 panti menjadi 18 panti. Dengan demikian, masalah keterlantaran dapat dikurangi.

Sementara upaya-upaya yang senantiasa dilakukan oleh Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan tersebut, diantaranya memfasilitasi bantuan subsidi panti, dari Kementerian Sosial kepada 17 panti, berupa pemenuhan kebutuhan dasar, yakni pangan, pendidikan dan kesehatan.

Selanjutnya pemberian bantuan modal usaha kepada 15 orang penyandang cacat, pelatihan keterampilan tata rias, pelatihan keterampilan mesin garmen bagi penyandang cacat, dan bantuan operasional untuk 25 yayasan, melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Sukabumi. Sedangkan angka pertumbuhan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial, atau PMKS di Kota Sukabumi, pada tahun 2010 mengalami penurunan dari tahun 2009, yakni dari 17 ribu 255 orang PMKS menjadi 16 ribu 694 orang PMKS.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013