| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Kamis, 24 April 2014
Berita Utama

4/23/2014
THE 4TH SUKABUMI EXPO 2014 DIIKUTI 220 KUMKM SE WILAYAH BOGOR
 
4/23/2014
MENTERI SOSIAL RI MENYERAHKAN BANTUAN SEBESAR RP. 3.421.800.000,00
 
4/23/2014
WALIKOTA SUKABUMI MEMBUKA THE 4TH SUKABUMI EXPO TAHUN 2014
 
Untitled Document
 
Minggu, 21 November 2010
PEMBUDAYAAN NILAI-NILAI KEJUANGAN SANGAT PENTING DILAKUKAN
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., selaku Ketua Pengurus Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan (DPC BPK) 45 Kota Sukabumi mengatakan, berbagai dimensi untuk membudayakan nilai-nilai kejuangan kepada generasi sekarang dan mendatang, sangat penting dilakukan. Maksud dan tujuannya, supaya negara dan bangsa tetap dicintai, serta tetap kokoh berdiri. Untuk itu, DPC BPK 45 Kota Sukabumi, akan senantiasa ber-upaya optimal menanamkan rasa cinta terhadap tanah air, kepada seluruh lapisan warga masyarakat, khususnya di Kota Sukabumi.

Ditandaskannya, nilai-nilai kejuangan 45 yang diwariskan oleh para pendiri bangsa, hendaknya tetap dipelihara dan menjadi spirit bagi generasi saat ini dan generasi berikutnya, khususnya dalam melaksanakan berbagai bidang pembangunan, supaya cita-cita nasional bangsa Indonesia, sebagaimana yang diamanatkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dapat terwujud. Ditandaskan pula, bangsa Indonesia harus memiliki jati diri, sebagai bangsa pejuang yang bersatu padu dalam kebhinekaan, serta bahu-membahu mewujudkan cita-cita nasional.

Walikota Sukabumi menjelaskan, apabila dicermati secara seksama, penghormatan dan upaya dalam menggali nilai-nilai kejuangan para pendiri bangsa, saat ini cenderung mulai dilupakan, ter-utama di tengah-tengah hiruk-pikuknya kehidupan yang serba materialistis dan hedo-isme. Hal tersebut tidak boleh dibiarkan, sebelum generasi muda mengalami amnesia terhadap sejarah dan nilai-nilai luhur bangsa. Dijelaskan pula, sebagaimana adagium terkenal dari Bung Karno, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati sejarah bangsanya sendiri. Kegigihan, sikap pantang menyerah, kesatuan gerak dan pengutamaan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan, hendaknya ter-internalisasi pada seluruh bangsa Indonesia, sehingga berbagai permasalahan bangsa yang tidak kunjung selesai dapat ter-atasi.

Demikian pula penanaman wawasan kebangsaan, sangat penting ditanamkan sejak dini, guna memelihara kesinambungan perjalanan kehidupan bangsa, serta terpeliharanya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena harus disadari, bangsa Indonesia sangat heterogen, yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan adat istiadat, sehingga sangat penting dibangun kesadaran dan komitmen, untuk senantiasa merasa satu tanah air, satu bahasa, satu bangsa dan satu cita-cita. Selanjutnya, pemahaman makna demokrasi juga sangat penting ditanamkan sejak dini, supaya tidak salah persepsi dalam pelaksanaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, seluruh komponen bangsa Indonesia, juga harus senantiasa ber-upaya optimal menyingkirkan jauh-jauh, baik sikap maupun ucapan dan perilaku, khususnya yang bersifat ekslusif dan penonjolan diri atas dasar kesukuan, keturunan, agama dan perbedaan warna kulit. Hal yang tidak kalah penting, seluruh komponen bangsa Indonesia, harus senantiasa ber-upaya optimal memupuk dan menumbuh-kembangkan rasa kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan, sebagai satu bangsa, yakni bangsa Indonesia.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013