| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Kamis, 24 April 2014
Berita Utama

4/24/2014
KEMAJUAN DAERAH DINILAI DARI TINGKAT KEMAJUAN PEREKONOMIANNYA
 
4/24/2014
KUMKM MEMAINKAN PERANAN YANG SANGAT VITAL
 
4/24/2014
DWP KOTA SUKABUMI IKUT SOSIALISASI BAHAN PANGAN ASAL HEWAN
 
Untitled Document
 
Minggu, 28 April 2013
PELAKSANAAN SENSUS PERTANIAN TAHUN 2013 DI KOTA SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sukabumi, Insinyur Dudung Supriyadi mengungkapkan, pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2013, di Kota Sukabumi menggunakan data hasil Sensus Penduduk Tahun 2010, yang sudah dirancang sebagai bagian integral dalam perencanaan statistik nasional. Maksud dan tujuannya, untuk menghasilkan data dengan biaya yang efektif, serta sesuai dengan desain dalam Sistem Statistik Nasional.

Untuk itu, baik data maupun nama dan alamat rumah tangga usaha pertanian hasil Sensus Penduduk Tahun 2010 tersebut, akan digunakan sebagai dasar kunjungan petugas, untuk menghasilkan data rumah tangga pertanian yang mutakhir. Dikatakannya, rumah tangga pertanian yang mutakhir ini, diwawancara oleh petugas, untuk menghasilkan data pokok usaha pertanian, yang hasilnya disamping untuk dipublikasikan, juga untuk dasar penyusunan kerangka sampel survey-survey pertanian di Kota Sukabumi.

Dikatakan pula, untuk mendapatkan data struktural yang rinci, dalam pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2013, di Kota Sukabumi akan dilakukan sejumlah survey. Antara lain survey pendapatan rumah tangga pertanian, survey struktur ongkos komoditas strategis di setiap subsektor pertanian, dan survey sosial ekonomi rumah tangga di kawasan hutan.

Kepala BPS Kota Sukabumi menandaskan, survey-survey tersebut akan dilakukan secara bertahap, sesuai dengan agenda yang dicantumkan dalam network planning Sensus Pertanian Tahun 2013. Ditandaskan pula, dalam Buku Ringkasan Eksekutif Sensus Pertanian Tahun 2013, diuraikan tentang dasar hukum BPS menyelenggarakan Sensus Pertanian, manfaat hasil Sensus Pertanian, metodologi, jadual kegiatan, data struktural yang hendak dihasilkan, analisis dan desiminasi data.

Ditandaskan pula, sesuai dengan berbagai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, bahwa BPS diamanatkan untuk melaksanakan Sensus Penduduk, Sensus Pertanian, dan Sensus Ekonomi. Ketiga jenis sensus tersebut, dilaksanakan secara periodik, yakni setiap 10 tahun sekali. Antara lain, untuk Sensus Penduduk dilaksanakan pada tahun yang berakhiran angka 0, Sensus Pertanian dilaksanakan pada tahun yang berakhiran angka 3, dan Sensus Ekonomi dilaksanakan pada tahun yang berakhiran angka 6.

Sedangkan dalam agenda kegiatan internasional, Sensus Pertanian ini diagendakan dapat dilaksanakan dalam periode tahun 2006 dan 2015, oleh suatu negara yang memiliki potensi sektor pertanian. Diungkapkannya, periode ini merupakan periode ke-9, dalam program sepanjang 10 tahun dari Sensus Pertanian, yang dimulai pada tahun 1930, dan direkomendasikan oleh Food and Agriculture Organization (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013