| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Senin, 21 April 2014
Berita Utama

4/20/2014
GUBERNUR JABAR MELEPAS BELASAN RIBU PESERTA GERAK JALAN SANTAI
 
4/20/2014
KENDARAAN DAYA MUAT 12 TON DILARANG MELINTAS KOTA SUKABUMI
 
4/20/2014
RAPAT PLENO REKAPITULASI PENGHITUNGAN SUARA SAH PILEG TAHUN 2014
 
Untitled Document
 
Jumat, 22 Juli 2011
PANCASILA LANDASAN IDIIL DALAM KEHIDUPAN BERNEGARA DAN BERMASYARAKAT
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si. mengungkapkan, apabila mencermati opini yang berkembang saat ini di berbagai mass media, baik cetak maupun elektronik, khususnya dalam menjelang dan pasca Peringatan Hari Lahirnya Pancasila, tanggal 1 Juni 2011 yang lalu, ada hal yang sangat menggembirakan semua pihak. Yakni sebagian warga masyarakat dan para pakar berpendapat, akan pentingnya segenap bangsa Indonesia, supaya bersungguh-sungguh menjadikan kembali Pancasila, sebagai landasan idiil dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

Selain itu, menurut Walikota Sukabumi, sebagian warga masyarakat dan para pakar meminta, agar Pendidikan Pancasila yang dalam beberapa waktu telah dihapus dari Kurikulum Sekolah dan Perguruan Tinggi, dimasukan kembali pada Kurikulum Sekolah dan Perguruan Tinggi, dengan metoda pengajaran yang lebih baik dan menarik.

Ditandaskannya, sebagai bangsa Indonesia, tentunya merasa prihatin dengan fenomena yang terjadi saat ini, dimana sebagian dari warga masyarakat, seakan telah kehilangan arah dan jati diri, sebagai bangsa Indonesia. Bahkan sebagian dari warga masyarakat bangsa Indonesia, seperti telah menjadi amnesia, yakni lupa terhadap falsafah dan landasan idiil Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Padahal segenap warga masyarakat dan bangsa Indonesia, semestinya dapat membangkitkan kesadaran, untuk lebih mengamalkan sila-sila Pancasila, dalam kehidupan sehari-hari secara konsekuen.

Untuk itu, Walikota Sukabumi mengharapjkan, agar Pancasila benar-benar dihayati dan dipahami, serta dijadikan sebagai sebuah pilihan, sejak bangsa Indonesia berdiri. Karena Pancasila telah terbukti keampuhannya, khususnya dalam merekat persatuan dan kesatuan bangsa, yang terdiri dari berbagai suku, bahasa dan budaya. Dikatakannya, bangsa Indonesia, saat ini seakan-akan hanya fokus mengejar pertumbuhan ekonomi, serta disibukan dengan urusan korupsi di berbagai strata, termasuk hingar bingarnya perpolitikan, yang membingungkan sebagian besar warga masyarakat dan bangsa Indonesia sendiri.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013