| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Minggu, 20 April 2014
Berita Utama

4/20/2014
GUBERNUR JABAR MELEPAS BELASAN RIBU PESERTA GERAK JALAN SANTAI
 
4/20/2014
KENDARAAN DAYA MUAT 12 TON DILARANG MELINTAS KOTA SUKABUMI
 
4/20/2014
RAPAT PLENO REKAPITULASI PENGHITUNGAN SUARA SAH PILEG TAHUN 2014
 
Untitled Document
 
Jumat, 1 Oktober 2010
OLAHRAGA SEBAGAI MEDIA PERJUANGAN DAN PEMERSATU BANGSA
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Doktor Andi A. Malaranggeng menandaskan, sejarah perjalanan bangsa Indonesia membuktikan, bahwa olahraga bukan sebagai sarana peningkatan pola hidup sehat dan prestasi saja, akan tetapi olahraga juga sebagai media perjuangan dan pemersatu bangsa.

Penandasan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga tersebut, disampaikan Wakil Walikota Sukabumi, Doktor H. Mulyono, M.M., saat memberi sambutan pada Upacara Peringatan Ke-17 Hari Olah Raga Nasional (Haornas) Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2010, yang dilaksanakan baru-baru ini, bertempat di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, sekaligus mencanangkan Senam Jumat Bersih Sehat (Jumsihat), bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Diungkapkannya, penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke-1, yang dilaksanakan di Stadion Sriwedari Kota Solo atau Kota Surakarta Jawa Tengah, tepatnya pada Tanggal 9 September 1948 yang silam, membuktikan bahwa olahraga adalah media perjuangan, untuk menunjukan kepada dunia, tentang eksistensi bangsa Indonesia, sebagai sebuah negara yang berdaulat.

Diungkapkan pula, pada tahun 1962, bangsa Indonesia menyelenggarakan event yang lebih besar, yakni Asean Games ke-4 di Gelanggang Olahraga (Gelora) Senayan Jakarta, dengan menempatkan posisi Indonesia Nomor 2 di Asia. Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 1963, Indonesia kembali berhasil menyelenggarakan Games of the New Emerging Force (Ganefo) di Jakarta.

Menteri Negara Pemuda dan Olahraga mengatakan, bangsa Indonesia patut bersyukur, karena telah banyak mengalami kemajuan yang dicapai dalam berbagai bidang, tepatnya sejak diproklamasikannya Kemerdekaan RI, tanggal 17 Agustus 1945. Dikatakan pula, Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Selain itu, Indonesia juga merupakan salah satu negara Anggota G-20, yakni 20 negara yang menentukan ekonomi dunia.

Dijelaskan pula, pada tahun 2011 mendatang, Indonesia menjadi tuan rumah Sea Games. Bersamaan dengan kegiatan tersebut, Indonesia menjadi Ketua Asean. Untuk itu, menurut Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, sudah saatnya prestasi olahraga Indonesia mampu mengikuti kemajuan bangsa Indonesia dalam bidang-bidang lainnya, yakni menjadi yang terbaik di Asia Tenggara, menjadi Macan Asia, dan diperhitungkan di tingkat dunia.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013