| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Kamis, 24 April 2014
Berita Utama

4/23/2014
THE 4TH SUKABUMI EXPO 2014 DIIKUTI 220 KUMKM SE WILAYAH BOGOR
 
4/23/2014
MENTERI SOSIAL RI MENYERAHKAN BANTUAN SEBESAR RP. 3.421.800.000,00
 
4/23/2014
WALIKOTA SUKABUMI MEMBUKA THE 4TH SUKABUMI EXPO TAHUN 2014
 
Untitled Document
 
Minggu, 12 Mei 2013
MASJID AGUNG KOTA SUKABUMI DARI MASA KE MASA HINGGA SAAT INI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., selaku Ketua Umum DKM Masjid Agung Kota Sukabumi mengungkapkan, Masjid Agung Kota Sukabumi, dari masa ke masa, yakni dari mulai masa pemerintahan kolonial Belanda, masa pemerintahan pendudukan Jepang, dan masa kemerdekaan hingga saat ini, banyak mengalami perubahan, terutama dari perubahan arsitektur bangunan, yang sudah mengalami 6 kali pemugaran secara besar-besaran.

Dengan demikian, Masjid Agung Kota Sukabumi ini, yang sebelumnya memiliki arsitektur yang sangat sederhana, yakni berbentuk bangunan Bale Nyungcung dengan atap 2 umpak, menjadi sebuah bangunan dengan arsitektur yang sangat megah, yang mencerminkan nilai-nilai filosofis budaya lokal budaya Sunda.

Diharapkannya, dengan kemegahan bangunan Masjid Agung Kota Sukabumi ini, dapat berbanding lurus dengan tingginya keimanan dan ketaqwaan warga masyarakat Kota Sukabumi, kepada Allah Aza Wa Zalla. Selain itu, juga diharapkan dapat menjadi sebuah simbol yang baik, bahwa warga masyarakat Kota Sukabumi pada khususnya, dan warga masyarakat Jawa Barat pada umumnya, adalah warga masyarakat yang religius dan berparadigma surgawi.

Untuk itu, Walikota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi khususnya umat Islam, agar memanfaatkan Masjid Agung Kota Sukabumi ini secara optimal, dalam berbagai kehidupan umat Islam. Karena sebuah bangunan masjid, merupakan salah satu unsur yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan umat Islam, seperti shalat berjamaah, baik shalat wajib maupun shalat sunat, pengajian, pembagian zakat dan sebagainya.

Dikatakannya, selain untuk kegiatan keagamaan, pada masa perjuangan, banyak pula masjid yang digunakan sebagai pusat perjuangan, atau pusat berkumpulnya warga masyarakat, yang ingin melakukan perlawanan terhadap kaum penjajah bangsa asing. Dikatakan pula, di Indonesia sangat banyak masjid yang sudah berusia tua, khususnya di wilayah bagian Kerajaan Islam, seperti Demak, Cirebon, Banten dan Kerajaan-Kerajaan Islam lainnya. Namun dari beberapa masjid tua tersebut, ada yang tetap mempertahankan arsitektur bangunan sejak awal dibangun berabad-abad, ada pula yang sudah mengalami beberapa perubahan arsitektur, seperti Masjid Agung Kota Sukabumi.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013