| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Jumat, 25 April 2014
Berita Utama

4/24/2014
 
4/24/2014
KEMAJUAN DAERAH DINILAI DARI TINGKAT KEMAJUAN PEREKONOMIANNYA
 
4/24/2014
KUMKM MEMAINKAN PERANAN YANG SANGAT VITAL
 
Untitled Document
 
Kamis, 16 April 2009
SMP NEGERI 10 HARUS MEMILIKI OBSESI UNTUK MENANG DALAM LOMBA UKS TINGKAT NASIONAL
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, selaku Ketua Harian Pembina UKS Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M. mengharapkan, warga SMP Negeri 10 Kota Sukabumi, harus memiliki obsesi untuk menang dalam Lomba UKS Tingkat Nasional.

Untuk itu, sasaran yang selalu dijadikan obyek penilaian harus secepatnya dibenahi dan diperbaiki. Karena secara fisik bangunan, ada rival yang lebih baik dari SMP Negeri 10. Namun secara SDM, SMP Negeri 10 harus lebih baik dari sekolah lainnya. Sebab dalam tahun 2009, hanya SMP Negeri 10 yang menjadi tumpuan mayarakat dan pemerintah, baik Pemerintah Kota Sukabumi maupun Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dalam lomba tersebut. Guna mewujudkan hal tersebut, diharapkan ada faktor penunjang dari Dinas dan Instansi terkait, untuk memberi dukungan positif kepada sekolah tersebut.

Sementara Kepala Dinas Pengelolaan Persampahan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Sukabumi, selaku Tim Pembina UKS Kota Sukabumi, Insinyur H. Fifi Kusumajaya, M.M. menjelaskan, melalui program Trias UKS, yakni dengan pembelajaran pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan penyuluhan lingkungan sehat di SMP tersebut, menjadi modal untuk meraih prestasi yang dapat membanggakan semua pihak. Kendati SMP tersebut, harus berhadapan dengan pesaing-pesaing yang sangat berat. Untuk itu, Tim Pembina UKS akan ber-upaya optimal, supaya SMP Negeri 10 Kota Sukabumi menjadi yang terbaik di Tingkat Nasional.

Dalam pada itu, Kepala SMP Negeri 10 Kota Sukabumi, Iis Sri Suyeti, M.M.Pd. menjelaskan, pihak sekolah dan warga sekolah beserta segenap lapisan masyarakat di sekitarnya, akan bekerja keras dan ber-upaya optimal, supaya SMP Negeri 10 Kota Sukabumi berhasil meraih gelar juara pada Lomba UKS Tingkat Nasional. Untuk mewujudkan harapan tersebut, saat ini pihaknya sedang melakukan penataan dan perbaikan fisik bangunan dan adimistrasi. Guna menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam melakukan penataan dan perbaikan, pihaknya belum lama ini mendapat bantuan dari APBD Kota Sukabumi, sebesar 30 juta rupiah. Bantuan tersebut diserahkan Wakil Walikota Sukabumi, Drs. H. Mulyono, M.M.

Ditandaskannya, UKS merupakan media pembelajaran yang tepat, khususnya dalam mengenal dan membiasakan hidup sehat dan bersih kepada para siswa sejak dini. Selain itu, juga dapat mengembangkan pola kebersamaan antara pihak sekolah dengan para siswa, khususnya dalam meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya. Ditandaskan pula, banyak hal yang bisa diunggulkan di SMP Negeri 10 Kota Sukabumi. Diantaranya Kantin Kejujuran, Outbond Pendidikan Kesehatan Sekolah (PKHS), 33 Life Skill dalam mengolah Makanan dan Minuman (Mamin), dan Sekolah Adhiwiyata.

Diharapkannya, dengan keunggulan tersebut, dapat menunjang terhadap kelancaran dan keberhasilan sekolah, untuk meraih prestasi yang dapat membanggakan semua pihak, khususnya dalam Lomba UKS Tingkat Nasional. Selain itu, pihaknya juga mendapat dukungan positif dari instansi terkait. Diantaranya dari Dinas Pendidikan, Dinas Pengelolaan Persampahan, Pertamanan dan Pemakaman, serta dari Kantor Lingkungan Hidup Kota Sukabumi.

 
Rabu, 15 April 2009
SMP NEGERI 10 KOTA SUKABUMI DUTA PROPINSI JAWA BARAT DALAM LOMBA UKS TINGKAT NASIONAL
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

SMP Negeri 10 Kota Sukabumi, menjadi duta Provinsi Jawa Barat, dalam Lomba UKS Tingkat Nasional Tahun 2009, setelah SMP tersebut berhasil meraih gelar juara pertama lomba UKS Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Berkaitan dengan hal tersebut, SMP tersebut saat ini sedang melakukan persiapan dan penataan dalam berbagai bidang, supaya dalam Lomba UKS Tingkat Nasional yang dijadualkan berlangsung pada bulan Mei 2009 mendatang, dapat tampil dengan baik dan maksimal, serta mampu meraih prestasi yang cukup membanggakan semua pihak.

Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan sekaligus memenuhi berbagai kebutuhan di SMP Negeri 10, Wakil Walikota Sukabumi, Drs. H. Mulyono, M.M., saat melakukan peninjauan hari Senin, 13 April 2009, memberi bantuan kepada Kepala SMP Negeri 10, Iis Sri Suyeti, M.M.Pd., sebesar 30 juta rupiah dari APBD Kota Sukabumi.

Wakil Walikota Sukabumi mengharapkan, bantuan tersebut dapat digunakan secara optimal, untuk memperbaiki fasilitas Gedung SMP Negeri 10, yang dianggap masih kurang atau perlu dipebaiki.

Ditandaskannya, SMP Negeri 10 Kota Sukabumi, saat ini merupakan salah satu sekolah terbaik di Provinsi Jawa Barat. Untuk itu diharapkan, SMP tersebut bisa menjadi yang terbaik di Tingkat Nasional, guna membawa nama harum Kota Sukabumi dan Jawa Barat di Tingkat Nasional.

Guna mewujudkan harapan tersebut, semua pihak khususnya warga sekolah tersebut, harus memiliki analisa tuntutan kecerdasan, supaya dapat ber-inovasi atau mencari nilai plus dari sekolah lain yang menjadi rival SMP tersebut.

Wakil Walikota Sukabumi juga mengharapkan, pihak SMP Negeri 10 Kota Sukabumi, harus memiliki komitmen untuk merubah perilaku hidup sehat dan bersih, kepada warga sekolah dan masyarakat di sekitarnya.

 
Senin, 31 Juli 2006
LOMBA UKS TINGKAT NASIONAL
Reporter : Deden Dendayasa
 

Taman kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Kecamatan Baros dan SDN Gunung Puyuh Cipta Bina Mandiri (CBM) Kota Sukabumi, merupakan dua sekolah yang menjadi duta provinsi Jawa Barat, dalam lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) ditingkat nasional, setelah beberapa bulan yang lalu tampil sebagai juara pertama di tingkat provinsi Jawa Barat.

Sebenarnya bagi kota Sukabumi, juara bukan merupakan suatu harapan, karena masalah pendidikan dan kesehatan sudah menjadi kewajiban sekaligus komitmen kuat, seiring dengan visi dan misi yang diembannya, sehingga tidak heran apabila masalah dunia pendidikan dan kesehatan, dengan tidak mengenyampingkan pembangunan fasilitas umum lainnya, dibenahi secara optimal, dari mulai sistem dan kondisi dilapangan mencerminkan kualitas faktual.

Faktor utama yang menjadi kebanggan bagi pemerintah dan segenap lapisan masyarakat kota Sukabumi, menurut Ketua Tim penilai lomba UKS tingkat nasional, Purnomo, tertatanya nuansa keterpaduan dan kebersamaan, karena memiliki sistem yang cukup jelas, baik ditingkat kota maupun secara miniatur di tingkat kecamatan, satu sama lain saling mengisi, saling memberikan arti dan saling melengkapi.

Mungkin Kota Sukabumi patut dijadikan contoh atau model bagi daerah kota/kabupaten diseluruh pelosok tanah air, sarana prasarana pendidikan, kesehatan dan fasilitas umum lainnya di kota ini dibangun optimal dengan mengutamakan segi kualitas disamping kuantitas, sebagai fakta kongkrit diseluruh kecamatan dibangun sekolah-sekolah unggulan standar nasional yang dikenal dengan SDN Cipta Bina Mandiri dan di setiap kecamatan dibangun pula sebuah lapangan publik, upaya mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga.

Seiring dengan Pepatah Yunani kuno “Mensana in Corpore Sano “, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, mungkin pepatah itulah yang mendorong pemerintah dan segenap lapisan masyarakat kota Sukabumi, disamping membangun dunia pendidikan dan kesehatan dilengkapi dengan pembangunan olah raga.

Ketika Tim penilai lomba UKS tingkat nasional, Purnomo bersama jajarannya melakukan recheking secara diam-diam tanggal 29 Juli 2006 ke TK Negeri Pembina Kecamatan Baros dan SDN Gunung Puyuh Kota Sukabumi. Pihaknya setelah diterima Sekretaris Daerah, H. Moh. Muraz, S.H., M.M., Kepala Kantor Infokom, Drs. H. A. Hamdan, M.M., Kadis P dan K, Drs. Mulyono, M.M. beserta jajaran dinas instansi terkait lainnya, langsung melakukan pemantauan, untuk menyaksikan dari dekat mengenai kondisi riil kedua sekolah tersebut.

Sarana prasarana yang menjadi sasaran utama atau catatan tim penilai meliputi kondisi ruangan kepala sekolah, tata usaha, ruang belajar, ruang GTA, perpustakaan, life skill, ruangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), kantin sekolah, ruang pendidikan keterampilan hidup sehat (PKHS), tempat gosok gigi, WC guru dan WC peserta didik, Taman obat keluarga (Toga), taman sekolah, lapangan parkir, lapangan upacara, tempat mengambil air wudhu, mesjid sekolah, termasuk tempat pembuangan sampah dan Pos Satpam serta tempat ruang tunggu bagi orang tua murid.

Tingkat keseriusan pemerintah dan masyarakat kota Sukabumi, terhadap UKS dan kegiatan-kegiatan lainnya, maka pihak pemerintah pusat, sesuai dengan hasil Munas di Jakarta, telah menetapkan bahwa untuk kegiatan lokakarya UKS tingkat nasional akan dilangsungkan di kota Sukabumi, dan menurut rencana akan dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 21 s.d. 23 Nopember 2006.

Menyikapi kondisi demikian, Sekretaris Daerah atas nama Walikota, melalui rapat dengan para unsur kepala bagian,dinas instansi, jawatan, para camat dan lurah, membentuk tim panitia lokal, sebagai antisipasi menghadapi rapat kedua ditingkat regional dan rapat ketiga ditingkat nasional.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah mengharapkan kepada segenap SKPD ataupun dinas instansi terkait, agar segera sejak dini mampu menginventarisir potensi yang ada, bagi kepentingan, kelancaran dan suksesnya acara tersebut, demi menjunjung nama baik kota Sukabumi.

Lebih lanjut Sekretaris Daerah mengharapkan kepada jajaran pengurus Dharma Wanita Persatuan dan TP. PKK, agar sesegera mungkin untuk dapat melakukan antisipasi, melalui langkah koordinasi dengan dinas instansi terkait, sebagai peran bantu dalam menghiasi kegiatan lokakarya melalui penyelenggaraan pameran atau Bazar, dengan menampilkan hasil kerajinan tangan home industri kecil dan menengah warga kota, sebagai media pengenalan sekaligus membantu pemasarannya kepada para peserta yang datang dari seluruh pelosok tanah air.

Lokakarya UKS tingkat nasional di kota Sukabumi, akan diikuti sebanyak 250 peserta dari 33 propinsi, dan masing-masing propinsi mengirimkan utusan sebanyak 5 peserta, dengan harapan hal ini menjadikan sebuah peluang bagi pemerintah dan kalangan pengusaha restoran, perhotelan, dan pusat perbelanjaan, pertokoan dan swalayan yang ada di kota/ kabupaten Sukabumi, untuk dapat mengantisipasinya sejak dini, agar pada saatnya nanti mampu memperoleh keuntungan yang cukup besar dibandingkan hari-hari biasanya.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013