| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Jumat, 25 April 2014
Berita Utama

4/24/2014
 
4/24/2014
KEMAJUAN DAERAH DINILAI DARI TINGKAT KEMAJUAN PEREKONOMIANNYA
 
4/24/2014
KUMKM MEMAINKAN PERANAN YANG SANGAT VITAL
 
Untitled Document
 
Sabtu, 27 April 2013
LKPJ AMJ WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA SUKABUMI TAHUN 2008-2013
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., beberapa waktu yang lalu sudah menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Akhir Masa Jabatan (LKPJ AMJ) Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Periode Tahun 2008-2013, kepada DPRD Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, untuk memenuhi amanat Pasal 27 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004, Tentang Pemerintahan Daerah, dan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007, Tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) kepada Pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah kepada DPRD, dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (ILPP) kepada masyarakat.

Ditandaskannya, LPPD bukan hanya mencerminkan kinerja dari Kepala Daerah semata, melainkan cerminan kinerja seluruh jajaran birokrasi, DPRD dan berbagai komponen warga masyarakat. Hal ini didasarkan pada paradigma yang dianut di Indonesia, bahwa tata pemerintahan yang baik ditopang oleh tiga pilar. Antara lain, pemerintahan, sektor swasta dan masyarakat.

Menyinggung beberapa indikator makro pembangunan di Kota Sukabumi selama periode tahun 2008-2013, menurut Walikota Sukabumi, harus diakui oleh semua pihak, sudah mengalami peningkatan yang sangat berarti. Antara lain, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Perkapita dan Daya Beli Masyarakat (DBM), mengalami peningkatan yang cukup sinifikan.

Demikian pula dalam bidang kesejahteraan sosial, pendidikan dan kesehatan, kendati ada perubahan sistem dalam penghitungannya, namun secara faktual mengalami trend peningkatan yang lebih baik. Seperti pada Angka Melek Huruf (AMH), Rata-Rata Lama Sekolah (RLS), Angka Harapan Hidup (AHH), Angka Kematian Bayi (AKB), Prosentase Penduduk Miskin (PPM), dan Angka Partisipasi Angkatan Kerja (APAK).

Selain itu, juga pencapaian kinerja dalam bidang keuangan daerah, khususnya Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan besaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) selama kurun waktu tahun 2008-2013, sudah mengalami peningkatan yang cukup menggembirakan. Namun demikian, Walikota Sukabumi berharap, agar APBD Kota Sukabumi dapat segera mencapai limit minimal 1 trilyun rupiah. Untuk itu, ada hal yang harus menjadi catatan penting oleh semua pihak, yakni bagaimana agar daya serap APBD Kota Sukabumi, bisa lebih optimal dan efektif. Karena APBD, bisa menjadi motor penggerak perekonomian masyarakat.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013