| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Jumat, 25 April 2014
Berita Utama

4/24/2014
 
4/24/2014
KEMAJUAN DAERAH DINILAI DARI TINGKAT KEMAJUAN PEREKONOMIANNYA
 
4/24/2014
KUMKM MEMAINKAN PERANAN YANG SANGAT VITAL
 
Untitled Document
 
Sabtu, 17 September 2011
LAPAS KELAS II B NYOMPLONG SEBAGAI LEMBAGA PEMULIHAN TOTALITAS
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Nyomplong Sukabumi, sebagai lembaga pemulihan totalitas, bagi para Warga Binaan (WB) atau Narapidana (Napi), secara komprehensif fungsional. Maksud dan tujuannya, seperti dikatakan Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas II B Nyomplong Sukabumi, Maulana Luthfianto, supaya para WB dapat kembali kepada masyarakat, dengan sikap mental dan moral yang terintergral, dengan motif dan semangat baru, serta dengan kesiapan dan kemampuan, untuk membangun dirinya sendiri dan keluarganya, serta bersama-sama membangun warga masyarakat.

Dijelaskannya, Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Lapas Kelas II B Nyomplong Sukabumi, yang membina dan membimbing para WB, melalui berbagai program dan Pendidikan Non Formal atau PNF/ diantaranya melalui Pusat Kegiatan Belajar Mandiri (PKBM) AL-Barokah. Dijelaskan pula, PKBM AL-Barokah Lapas Kelas II B Nyomplong Sukabumi, membuka program PNF, yakni program Keaksaraan Fungsional (KF) Paket A, Paket B, dan Paket C, serta kegiatan lainnya, selama para WB berada di Lapas.

Diharapkannya, melalui berbagai upaya pemulihan yang dilakukan oleh Lapas Kelas II Nyomplong Sukabumi ini. dapat membuka diri dan dibuka keberadaannya, supaya gerak dan langkah komunikasi, serta jalinan kemitraan dapat dirintis, melalui kerjasama dengan Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dengan Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, dan dinas-istansi terkait lainnya.

Kepala KPLP Kelas II B Nyomplong Sukabumi menandaskan, PNF merupakan salah satu jalur pendidikan, melalui sistem pendidikan nasional, yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan belajar warga masyarakat, termasuk para WB, yang tidak dapat dijangkau dan dipenuhi oleh jalur pendidkan formal.

Ditandaskan pula, salah satu jalur PNF yang dilaksanakan di Lapas Kelas II Nyomplong Sukabumi, yakni pendidikan kesetaraan non formal, yang mencakup program Paket A setara SD dan MI, Paket B setara SMP dan MTs, serta Paket C serta SMA dan MA.

Seperti dijelaskan Kepala KPLP Kelas II B Nyomplong Sukabumi, seluruh program PNF tersebut, menitik-beratkan pada penguasaan pengetahuan fungsional, serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional para WB.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013