| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Rabu, 16 April 2014
Berita Utama

4/16/2014
WALIKOTA SUKABUMI DAPAT PENGHARGAAN GUBERNUR JAWA BARAT
 
4/16/2014
WALIKOTA SUKABUMI SAMPAIKAN LKPJ TAHUN ANGGARAN 2013
 
4/16/2014
PERINGATAN KE 135 HARI KARTINI TINGKAT KOTA SUKABUMI 2014
 
Untitled Document
 
Senin, 10 Desember 2012
LAHAN PERTANIAN DI KOTA SUKABUMI SEMAKIN BERKURANG
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Dengan semakin meningkat dan berkembangnya berbagai bidang pembangunan, mengakibatkan lahan pertanian di Kota Sukabumi semakin berkurang. Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Cabang Pimpinan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPC HKTI) Kota Sukabumi, Drs.H. Muhamad Kusoy, pada kesempatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPC HKTI Kota Sukabumi Tahun 2012, bertempat di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi.

Rakerda yang menghadirkan nara sumber dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Sukabumi, serta dari unsur akademisi, Doktor Fajar Laksana, S.E., CQM., M.M. ini, diikuti oleh puluhan petani, perwakilan dari 7 wilayah kecamatan dan 33 kelurahan se Kota Sukabumi.

Ketua DPC HKTI Kota Sukabumi mengatakan, dengan semakin berkurangnya lahan pertanian ini, selain berdampak pada berkurangnya produk pertanian, juga dapat berdampak pada Visi Pembangunan Kota Sukabumi, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi, Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa; serta Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, yakni Dengan Iman dan Taqwa, Mewujudkan Pemerintahan yang Amanah Berparadigma Surgawi, Menuju Kota Sukabumi yang Cerdas, Sehat dan Sejahtera, baik lahir maupun batin, dilandasi nilai-nilai fhilosofis, Sidiq, Tabligh, Amanah, Fathonah.

Untuk itu, dengan semakin berkurangnya lahan pertanian ini, para petani di Kota Sukabumi harus berperan aktif, khususnya dalam merubah pola fikir, perilaku dan penyesuaian program, sesuai dengan kondisi dan potensi yang dimiliki, terutama dalam memanfaatkan lahan pertanian yang ada, guna meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan para petani.

Dikatakan pula, sesuai dengan maksud dan tujuan dilaksanakannya Rakerda DPC HKTI Kota Sukabumi Tahun 2012 ini, pihaknya akan senantiasa berupaya optimal mengembangkan wilayah pertanian, khususnya di wilayah Kecamatan Baros, Cobeureum dan Lembursitu atau Bacile, untuk menjadi pusat pembibitan padi unggul persawahan dan holtikultura. Demikian pula di wilayah Kecamaan Cikole, Citamiang, Gunungpuyuh dan Warudoyong atau Ciciguwa, akan dijadiklan pusat pengembangan perikanan dan peternakan. Selain itu, pihaknya juga akan mengembangkan Visi Kota Sukabumi yang berbasis petani, di seluruh wilayah kecamatan yang ada di Kota Sukabumi.

Dalam pada itu, unsur akademisi, Doktor Fajar Laksana, S.E., CQM., M.M. menjelaskan, para petani di Kota Sukabumi harus bisa merubah minsed, disesuaikan dengan kondisi dan potensi lahan pertanian yang dimiliki. Dengan demikian, se kecil apapun lahan pertanian yang dimiliki, dapat dimanfaatkan dengan baik dan optimal, sehingga dapat berdayaguna dan berhasilguna, khususya dalam meningkatkan dan mengembangkan produk pertanian, yang dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan para petani beserta seluruh anggota keluarganya.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013