| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Sabtu, 19 April 2014
Berita Utama

4/18/2014
UJIAN DINAS PNS TINGKAT I DAN II UNTUK PERIODE 1 OKTOBER 2014
 
4/18/2014
KEBERHASILAN KELURAHAN KARAMAT MERAIH JUARA LOMBA KELURAHAN 2014
 
4/18/2014
KOMODITI BERAS CIHERANG ALAMI PENURUNAN HARGA 2,2 PERSEN
 
Untitled Document
 
Minggu, 25 November 2012
KPU SEDANG MELAKUKAN COKLIT DATA PEMILIH DI KOTA SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi, saat ini sedang melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih di Kota Sukabumi, yang tersebar di 33 kelurahan se Kota Sukabumi. Adapun maksud dan tujuannya, seperti dijelaskan Ketua Divisi Sosialisasi KPU Kota Sukabumi, Hamzah, sebagai persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada), baik Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi periode tahun 2013-2018, maupun Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode tahun 2013-2018, yang penyelenggaraan pemilihannya akan dilaksanakan berbarengan, yakni pada hari Minggu, tanggal 24 Februari 2013 mendatang.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ketua Divisi Sosialisasi KPU Kota Sukabumi, menghimbau segenap lapisan warga masyarakat dan Partai Politik (Parpol) di Kota Sukabumi, agar berperan secara aktif, dalam proses dan pelaksanaan coklit di Kota Sukabumi. Dikatakannya, dalam melakukan proses coklit tersebut, KPU Kota Sukabumi lebih mengutamakan kinerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), yang tersebar di 33 kelurahan se Kota Sukabumi. Dikatakan pula, pelaksanaan proses coklit ini, dijadualkan berlangsung selama satu bulan, yakni sampai dengan tanggal 4 Desember 2012 mendatang.

Selain itu, Ketua Divisi Sosialisasi KPU Kota Sukabumi, juga meminta kepada segenap lapisan warga masyarakat, agar membantu proses pelaksanaan pemutakhiran data pemilih tersebut, dengan menyampaikan data secara jelas dan benar, kepada petugas PPDP atau kepada Ketua RT-nya masing-masing, apabila belum terdata oleh PPDP. Dijelaskannya, untuk mengetahui secara pasti, apakah nama dan anggota keluarganya sudah terdaftar atau belum, segenap lapisan warga masyarakat dapat melihatnya dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS), pada tanggal 5 Desember 2012 mendatang.

Dijelaskan pula, proses pemutakhiran data pemilih tersebut, akan menjadi bagian penting, khususnya dalam penyelenggaraan Pemilukada, baik Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, maupun Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Disamping itu, selama proses pemutakhiran data pemilih tersebut berlangsung, merupakan momen dan waktu yang tepat bagi warga masyarakat, untuk melakukan protes, apabila nama dan anggota keluarganya tidak atau belum terdaftar. Dengan demikian, pada saat data pemilih tersebut ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT), tidak ada lagi protes dari warga masyarakat.

Ketua Divisi Sosialisasi KPU Kota Sukabumi mengatakan, PPDP yang tersebar di 33 kelurahan se Kota Sukabumi tersebut, akan melakukan pendataan secara langsung ke setiap rumah warga masyarakat, untuk mencocokan Data Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP-4) secara faktual, khususnya warga masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk pemilih, sekaligus menyerahkan formulir tanda bukti terdaftar, serta menempelkan stiker coklit di setiap rumah warga masyarakat.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013