| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Kamis, 24 April 2014
Berita Utama

4/23/2014
THE 4TH SUKABUMI EXPO 2014 DIIKUTI 220 KUMKM SE WILAYAH BOGOR
 
4/23/2014
MENTERI SOSIAL RI MENYERAHKAN BANTUAN SEBESAR RP. 3.421.800.000,00
 
4/23/2014
WALIKOTA SUKABUMI MEMBUKA THE 4TH SUKABUMI EXPO TAHUN 2014
 
Untitled Document
 
Minggu, 3 Februari 2013
KPU KOTA SUKABUMI SUDAH MENYIAPKAN 1.152 TEMPLATE BRAILLE
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Dalam rangka upaya menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada), baik Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Periode Tahun 2013-2018, maupun Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi, sudah menyiapkan sebanyak 1.152 alat peraga kertas surat suara, khusus bagi para penyandang tuna netra, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Template Braille.

Adapun ke-1.152 Template Braille tersebut, menurut Kepala Bagian Logistik KPU Kota Sukabumi, Basuki, S.H., akan disebarkan ke 576 Tempat Pemungutan Suara (TPS) se Kota Sukabumi, tepatnya pada hari H pelaksanaan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, serta Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, yakni pada hari Minggu, tanggal 24 Februari 2013 mendatang, atau di setiap TPS masing-masing sebanyak 2 lembar.

Kepala Bagian Logistik KPU Kota Sukabumi mengharapkan, dengan disediakannya Template Braille di setiap TPS tersebut, dapat memudahkan para penyandang tuna netra di Kota Sukabumi, dalam menyalurkan aspirasi dan hak pilihnya, pada pelaksanakan Pemilukada tersebut. Karena Template Braille tersebut, sangat mudah digunakan oleh para penyandang tuna netra. Sebab dalam Template Braille tersebut, ada Angka Batangan Nomor Urut Pasangan Calon, yang dapat diraba oleh para penyandang tuna netra. Namun demikian, apabila dalam pelaksanaan Pemilukada nanti, para penyandang tuna netra tersebut meminta bantuan, akan dibantu oleh para petugas di TPS.

Sementara Ketua Divisi Sosialisasi KPU Kota Sukabumi, Hamzah menjelaskan, dalam rangka upaya menyukseskan pelaksanaan Pemilukada tersebut, pihaknya senantiasa berupaya optimal melakukan sosialisasi pelaksanaan Pemilukada tersebut, kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya yang telah memiliki hak pilih. Selain itu, pihaknya juga senantiasa berupaya optimal memaksimalkan potensi para pemilih, supaya menyalurkan aspirasi dan hak pilihnya, pada Pemilukada tersebut, termasuk kepada para pemilih yang berkebutuhan khusus, seperti para penyandang tuna netra.

Diungkapkannya, para pemilih dari kalangan tuna netra, sangat rawan menjadi korban kecurangan, dalam pelaksanaan Pemilukada. Untuk itu, dengan adanya Template Braille tersebut, diharapkan dapat mengantispasi terjadinya kecurangan tersebut. Diungkapkan pula, Template Braille tersebut berbentuk surat suara, yang dalam permukaannya dipasang Angka Batangan Nomor Urut Pasangan Calon. Selain itu, juga terdapat empat lubang segi empat, untuk Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, serta lima lubang segi empat, untuk Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, yang dalam setiap lubangnya dipasang foto Pasangan Calon.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013