| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Minggu, 20 April 2014
Berita Utama

4/20/2014
 
4/19/2014
 
4/19/2014
PELAKSANAAN APBD KOTA SUKABUMI TAHUN 2013
 
Untitled Document
 
Senin, 3 Maret 2014
KETUA TP PKK BUKA LOMBA KADER POSYANDU TAHUN 2014
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Esih Setiasih Muraz, hari Senin, 3 Maret 2014, di Ruangan Pertemuan Sekretariat TP PKK Kota Sukabumi, secara resmi membuka Lomba Kader Posyandu Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2014. Hadir dalam kesempatan tersebut, unsur Pimpinan BPMPKB Kota Sukabumi, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, para Camat dan Lurah, para Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kota Sukabumi menjelaskan, Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan, khususnya dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, sekaligus untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.

Selain itu juga dijelaskan pengertian Posyandu, yakni sebagai sarana pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan dasar, pendidikan dan ekonomi, yang dikelola dan diselenggarakan oleh, dari dan untuk masyarakat, dengan 5 kegiatan dasar. Antara lain, Kesehatan Ibu dan Anak, Keluarga Berencana, Imunisasi, Gizi, dan Penanggulangan Diare.

Ketua TP PKK Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya Lomba Kader Posyandu ini, dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan para Kader Posyandu, khususnya dalam melaksanakan Posyandu Model, yang didalamnya terdapat pelayanan dan pemeriksaaan kesehatan, yang terintegrasi dengan kegiatan PAUD, BKB dan BKL.

Dalam pada itu, Ketua Pokja IV TP PKK Kota Sukabumi, selaku Ketua Panitia Penyelenggara, dr. Hj. Wiwi Edhi Yulaviani menjelaskan, Lomba Kader Posyandu Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2014 ini, dilaksanakan selama 2 hari, yakni pada tanggal 3 dan 4 Maret 2014, bertempat di Ruangan Pertemuan Sekretariat TP PKK Kota Sukabumi.

Adapun peserta yang mengikuti lomba ini, seluruhnya berjumlah 33 orang, utusan dari 33 kelurahan se Kota Sukabumi. Sementara tema yang diangkat dalam lomba ini, yakni Dengan Lomba Kader Posyandu, Kita Tingkatkan Pembangunan Kesehatan Keluarga, Menuju Pemerintahan Yang Rahmatan Lil Alamin. Sedangkan maksud dan tujuannya, untuk memberikan motivasi kepada para Kader Posyandu, khususnya dalam melaksanakan 5 langkah kegiatan di Posyandu.

 
Kamis, 27 Februari 2014
WAKIL WALIKOTA SUKABUMI TERPILIH JADI KETUA ICMI PERIODE 2014-2019
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., terpilih menjadi Ketua Umum ICMI Orda (Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia Organisasi Daerah) Kota Sukabumi, periode tahun 2014-2019, menggantikan Ketua Umum ICMI Orda Kota Sukabumi periode tahun 2007-2012, Prof. Dr. K.H. Dedi Ismatullah Machdi, S.H., M.Hum., yang saat ini menjadi Ketua Dewan Pakar ICMI Orwil (Organisasi Wilayah) Jawa Barat.

Terpilihnya Wakil Walikota Sukabumi menjadi Ketua Umum ICMI tersebut, berdasarkan hasil Musda (Musyawarah Daerah) ICMI Orda Kota Sukabumi, yang dibuka secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., tepatnya pada hari Rabu, tanggal 26 Februari 2014, di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi.

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. menjelaskan, dengan terpilihnya menjadi Ketua Umum ICMI ini, kendati dengan kesibukannya sebagai Wakil Walikota Sukabumi, pihaknya akan senantiasa berupaya optimal meningkatkan dan mengembangkan roda organisasi. Karena dengan terpilihnya menjadi Ketua Umum ICMI ini, merupakan sebuah kepercayaan dan amanah, yang harus dijalankan dengan baik dan sungguh-sungguh.

Selain itu, pihaknya juga akan senantiasa berupaya optimal menjalin hubungan dan bekerjasama secara sinergis dengan pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya, khususnya dalam mendukung sekaligus merealisasikan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah daerah, terutama dalam meningkatkan dan mengembangkan kualitas umat dalam berbagai bidang. Karena maksud dan tujuan dibentuknya organisasi ICMI ini, untuk menjadi pelopor dalam meningkatkan dan mengembangkan kemajuan bangsa di berbagai bidang, termasuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan keagamaan, keimanan dan ketaqwaan, serta moral dan akhlakul karimah, khususnya di kalangan generasi muda, sebagai penerus dan pejuang bangsa.

Untuk itu, pihaknya akan berupaya optimal melakukan pembinaan kepada generasi muda, khususnya pelajar SLTA, terutama yang berkaitan dengan pengetahuan dan wawasan keagamaan, keimanan dan ketaqwaan, serta moral dan akhlakul karimah. Maksud dan tujuannya, supaya pelajar tersebut menjadi generasi penerus dan pejuang bangsa yang baik, serta tidak terjerumus pada kegiatan dan perbuatan yang negatif, seperti kenakalan, pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya.

 
Kamis, 27 Februari 2014
KETUA TP PKK BUKA SOSIALISASI REVITALISASI POSYANDU SE WARUDOYONG
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Esih Setiasih Muraz, hari Kamis, 27 Februari 2014, di Ruangan Pertemuan Kantor Kelurahan Warudoyong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, secara resmi membuka Sosialisasi Revitalisasi Posyandu se Kecamatan Warudoyong. Hadir dalam kesempatan tersebut, sekaligus sebagai pemateri, Camat Warudoyong, Yadi Mulyadi, S.STP., M.Si., Sekretaris Kecamatan Warudoyong, Dodi Supriadi, S.Ag., M.M., Ketua Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) Posyandu, Ketua TP PKK Kecamatan Warudoyong, Cenita, S.E., dari Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, H. Suprapto, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kota Sukabumi menjelaskan, peran dan fungsi Kader Posyandu, selain melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, juga harus memahami peran dan fungsi Koperasi dan PKK, khususnya dalam bidang sandang, pangan dan papan, termasuk bela negara dan bangsa. Maksud dan tujuannya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai bidang. Dijelaskan pula, pengertian Posyandu adalah sistem pelayanan yang dipadukan antara satu program dengan program lainnya, sekaligus sebagai forum komunikasi pelayanan terpadu dan dinamis, seperti halnya dalam bidang program KB dengan kesehatan, atau berbagai program lainnya yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat. Selain itu juga dijelaskan, pelayanan yang diberikan di Posyandu bersifat terpadu. Maksud dan tujuannya, untuk memberikan kemudahan dan keuntungan bagi masyarakat, karena di Posyandu, masyarakat mendapat pelayanan secara lengkap, pada waktu dan tempat yang sama.

Berkaitan denga hal tersebut, Posyandu dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat, namun keberadaannya di masyarakat kurang berjalan dengan baik. Oleh karenanya, pemerintah dan TP PKK, melaksanakan Revitalisasi Posyandu, sebagai salah satu upaya pemberdayaan Posyandu, untuk mengurangi dampak dari krisis ekonomi, terhadap penurunan status gizi serta kesehatan ibu dan anak. Selain itu, juga untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam menunjang upaya mempertahankan dan meningkatkan status gizi serta kesehatan ibu dan anak, melalui peningkatan kemampuan para kader, manajemen dan fungsi Posyandu, kearah yang lebih baik lagi.

Ditandaskannya, pelaksanaan Revitalisasi Posyandu ini, pada dasarnya meliputi seluruh Posyandu, khususnya terhadap Posyandu yang sudah tidak aktif atau rendah stratanya. Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan kegiatan serta kesinambungan Posyandu, diperlukan adanya dukungan dari berbagai lapisan masyarakat. Ditandaskan pula, kontribusi Posyandu dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak sangat besar. Untuk itu, kualitas pelayanan termasuk kader dan sarana Posyandu, harus senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan, karena hal tersebut merupakan salah satu modal utama, khususnya dalam meningkatkan dan mengembangkan serta keberlangsungan Posyandu. Selain itu, keberadaan Posyandu harus senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan, sesuai dengan jenis atau klasifikasi Posyandu, yakni Posyandu Pratama, Madya, Purnama, dan Mandiri.

 
Rabu, 26 Februari 2014
KETUA UMUM ICMI JABAR UCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA WALIKOTA SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Umum ICMI Orwil Jabar (Jawa Barat), Prof. Dr. Mohammad Najib, M.Ag., mengucapkan terima kasih kepada Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., dan Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., yang telah memperhatikan dan mempedulikan ICMI Orda Kota Sukabumi. Ucapan terima kasih tersebut, disampaikan saat memberi sambutan, pada acara pembukaan Musda ICMI Orda Kota Sukabumi Tahun 2014, bertempat di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi, hari Rabu, 26 Februari 2014.

Selain kepada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, juga mengucapkan terima kasih kepada mantan Ketua Umum ICMI Orda Kota Sukabumi, Prof. Dr. K.H. Dedi Ismatullah Machdi, S.H., M.Hum., yang saat ini menjabat Ketua Dewan Pakar ICMI Orwil Jawa Barat, atas berbagai pengabdian dan pengorbannya, khususnya dalam memajukan sekaligus meningkatkan dan mengembangkan ICMI Orda Kota Sukabumi, terutama dalam mewujudkan salah satu program ICMI, yakni menciptakan masyarakat madani.

Demikian pula mantan Ketua Umum ICMI Orda Kota Sukabumi, Prof. Dr. K.H. Dedi Ismatullah Machdi, S.H., M.Hum., juga mengucapkan terima kasih kepada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, atas perhatian dan kerjasamanya yang baik dan sinergis dengan berbagai pihak, termasuk dengan ICMI Orda Kota Sukabumi, khususnya dalam merealisasikan berbagai program dan kegiatan yang diinginkan oleh warga masyarakat Kota Sukabumi. Diantaranya dalam menerbitkan Perda (Peraturan Daerah) Kota Sukabumi Tentang Larangan Mihol (Minuman Beralkohol), yang tetap memberlakukan 0 persen Mihol di Kota Sukabumi. Selanjutnya, juga dalam meningkatkan dan mengembangkan peran dan fungsi dai di Kota Sukabumi, terutama dalam memberikan pembelajaran dan pencerahan keagamaan, termasuk dalam bidang Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), serta Wasbang (Wawasan Kebangsaan) kepada warga masyarakat.

Selain itu, juga dalam merealisasikan dan melaksanakan Gerakan Wakaf AL-Quran Kota Sukabumi Tahun 2014, dalam rangka memperingati 1 Abad atau 100 Tahun Hari Jadi Kota Sukabumi, tepatnya yang jatuh pada tanggal 1 April 2014 mendatang, dengan target dan sasaran, yakni setiap Kepala Keluarga umat Islam di Kota Sukabumi, minimal mendapat 1 mushap AL-Quran secara gratis. Ditandaskannya, berbagai program dan kegiatan tersebut, sejalan dengan Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2013-2018, yakni Dengan Iman dan Taqwa, Mewujudkan Pemerintahan Yang Rahmatan Lil Alamin.

Disamping itu, mantan Ketua Umum ICMI Orda Kota Sukabumi tersebut, juga menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya, atas berbagai kekurangan dan kehilafan, terutama selama melaksanakan tugas sebagai Ketua Umum ICMI Orda Kota Sukabumi, baik kepada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi beserta jajarannya, maupun kepada seluruh jajaran pengurus dan anggota ICMI Orda Kota Sukabumi, termasuk kepada seluruh jajaran pengurus dan anggota ICMI Orsat Kecamatan se Kota Sukabumi.

 
Jumat, 14 Februari 2014
SEBANYAK 58 KETUA RW IKUT SOSIALISASI RASKIN TAHUN 2014
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Sebanyak 58 Ketua RW dari 5 kelurahan se Kecamatan Warudoyong, mengikuti sosialisasi Beras Untuk Masyarakat Miskin (Raskin) Tahun 2014, tepatnya pada tanggal 13 Februari 2014, di Ruangan Pertemuan Kantor Kecamatan Warudoyong. Hadir dalam sosialisasi tersebut, Camat Warudoyong, Sekretaris Kecamatan Warudoyong, para Lurah se Kecamatan Warudoyong, serta dari Bagian Administrasi Perekonomian Setda Kota Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Warudoyong, Yadi Mulyadi, S.STP., M.Si. mengungkapkan, Pagu Raskin untuk Kecamatan Warudoyong Tahun 2014, berdasarkan Surat Keputusan Walikota Sukabumi Nomor 50/ 23/ Adm Perekonomian, antara lain Kelurahan Dayeuhluhur dengan Rumah Tangga Sasaran (RTS) sebanyak 1.104 Kepala Keluarga (KK), Kelurahan Sukakarya dengan RTS 1.097 KK, Kelurahan Benteng dengan RTS 587 KK, Kelurahan Warudoyong dengan RTS 285 KK, dan Kelurahan Nyomplong dengan RTS 188 KK.

Dijelaskannya, Kecamatan Warudoyong merupakan kecamatan yang paling banyak mendapat jatah Raskin, dari 7 kecamatan se Kota Sukabumi. Untuk itu, Camat Warudoyong menghimbau kepada seluruh aparat kecamatan, para Lurah dan staf kelurahan, serta para kepala dan aparat instansi lainnya yang ada di wilayah Kecamatan Warudoyong, agar membantu mengentaskan kemiskinan di wilayah Kecamatan Warudoyong, baik miskin harta maupun miskin ilmu pengetahuan. Maksud dan tujuannya, supaya masalah kemiskinan di wilayah Kecamatan Warudoyong ini dapat secepatnya dientaskan, minimal dapat ditekan dan dikurangi.

Hal tersebut sesuai dengan Moto Kecamatan Warudoyong, yakni BMW LARI PRIMA. Antara lain, BMW singkatan dari Bersama Membangun Warudoyong, dengan sinergitas dari sisi manajemen pemerintahan, yakni pemerintah atau government, masyarakat atau cipil society, dan sektor swasta atau private sector, serta dari sisi manajemen spiritual, yakni sinergitas ulama, umaro, agniya dan dhuafa. Selanjutnya LARI singkatan dari Loyal dan taat, Aktif dan Respek serta saling menghormati, Inisiatif dan berpartisipasi aktif. Sedangkan PRIMA singkatan dari pelayanan yang Profesional, Responsip, Intensif, Mudah dan Akuntabel.

 
Selasa, 17 Desember 2013
KETUA DEKRANASDA AKAN OPTIMAL MELAKSANAKAN TUGAS
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Sukabumi, Hj. Esih Setiasih Muraz menjelaskan, bahwa kepengurusan Dekranasda Kota Sukabumi periode tahun 2013-2018, baru dikukuhkan beberapa bulan yang lalu. Namun demikian, Ketua Dekranasda Kota Sukabumi beserta jajarannya, akan senantiasa berupaya optimal melaksanakan tugas, sesuai dengan peran dan fungsi yang diembannya.

Berkaitan dengan hal tersebut, untuk mengaktualisasikan peran dan fungsi serta program kerja, termasuk keputusan dan kebijakan yang akan dilaksanakan selama kurun waktu 5 tahun ke depan, tepatnya dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2018 mendatang, pihaknya beserta jajarannya, termasuk dengan para pengrajin dan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Sukabumi, melaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda), tepatnya pada tanggal 16 Desember 2013, di Ruangan Pertemuan Kantor Sekretariat TP PKK Kota Sukabumi.

Adapun peran dan fungsi Dekranasda ini, diantaranya membina dan mengembangkan para pengrajin berbagai produk kerajinan yang ada di Kota Sukabumi, sebagai wadah peran serta dalam usaha menyukseskan pembangunan daerah, sebagai sarana penyaluran aspirasi serta komunikasi anggota dan antar anggota, dengan pemerintah, para pengrajin dan organisasi kekuatan sosial lainnya, serta sebagai sarana untuk menghimpun seluruh potensi, baik dari swasta dan profesional maupun dari masyarakat, untuk pengembangan kerajinan, serta seni dan budaya lokal Kota Sukabumi.

Oleh karenanya, Ketua Dekranasda Kota Sukabumi mengajak kepada semua pihak, khususnya kepada seluruh jajaran pengurus periode tahun 2013-2018, termasuk kepada para pengrajin dan para pelaku UMKM, untuk bersama-sama memberdayakan Dekranasda Kota Sukabumi, terutama dalam melaksanakan keputusan dan kebijakan organisasi, serta program kerja dan tugas-tugas lainnya, sesuai dengan peran dan fungsi serta kewajiban Dekranasda Kota Sukabumi.

Selain itu, Ketua Dekranasda Kota Sukabumi juga menjelaskan, pihaknya beserta jajarannya, akan berupaya optimal untuk senantiasa berperan aktif, khususnya dalam upaya pengembangan potensi industri kerajinan yang ada di Kota Sukabumi, serta membina seluruh pengrajin dalam berbagai bidang dan produk kerajinan. Maksud dan tujuannya, supaya menjadi pengrajin yang produktif, kreatif dan berinovasi, khususnya dalam meningkatkan dan mengembangkan kualitas dan kuantitas produk kerajinannya.

 
Kamis, 12 Desember 2013
RAFDI, S.SOS. TERPILIH KEMBALI JADI KETUA PPAKD PERIODE 2013-2016
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Sekretaris Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Buana Pratama, selaku Penyelenggara Perguruan Tinggi Citra Buana Indonesia (PT CBI), yang terdiri dari Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) CBI, Akademi Pariwisata (Akpar) CBI, serta Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) CBI, Rafdi, S.Sos., untuk kedua kalinya terpilih kembali jadi Ketua Persatuan Panti Asuhan dan Kaum Dhuafa (PPAKD) Kota Sukabumi, Periode Tahun 2013-2016.

Terpilihnya kembali sosok dari kalangan akademisi, yang aktif dalam bidang sosial kemasyarakatan dan pembangunan politik ini, bedasarkan hasil Musyawarah Besar (Mubes) Ke-2 PPAKD Kota Sukabumi Tahun 2013, yang dibuka secara resmi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Ipin Syaripin, M.Si., bertempat di Ruangan Pertemuan Setda Kota Sukabumi, hari Rabu, 11 Desember 2013, dengan meraih suara yang benar-benar spektakuler, yakni mencapai 90 persen dari total pemilih 74 orang.

Ketua Panitia Penyelenggara, Timan Sutiman, S.P. menjelaskan, dalam Mubes Ke-2 PPAKD Kota Sukabumi ini, selain memilih jajaran pengurus, juga merumuskan sekaligus mengesahkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART), serta program kerja dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada Periode Tahun 2013-2016.

Sementara Ketua PPAKD Kota Sukabumi terpilih, Rafdi, S.Sos. menandaskan, pihaknya beserta jajarannya, akan senantiasa berupaya optimal melaksanakan amanat AD ART, serta program kerja dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada Periode Tahun 2013-2016, diantaranya meningkatkan dan mengembangkan kualitas kehidupan dan pendidikan para anak yatim dan kaum dhuafa di Kota Sukabumi secara bertahap, sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi, Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa; serta Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2013-2018, yakni Dengan Iman dan Taqwa/ Mewujudkan Pemerintahan Yang Rahmatan Lil Alamin, serta sesuai dengan AL-Quran Surat AL-Maun, yang mengandung arti sangat indah dan bermakna perbuatan cinta kasih, sebagai penegas tujuan diturunkannya agama Islam, yakni sebagai Rahmatan Lil Alamin atau pembawa cinta. Selain itu, juga membawa pesan, bahwa ummat Islam yang benar agamanya (bukan pendusta agama), akan senantiasa peduli terhadap perbaikan nasib sesama, dengan memberikan pertolongan pada anak yatim, kaum dhuafa dan kaum tertindas, menjadi masyarakat yang tidak sombong dan tidak riya.

Oleh karenanya, para anak yatim dan kaum dhuafa ini, sebagai bagian dari warga masyarakat Kota Sukabumi, eksistensinya terutama kehidupan dan pendidikannya harus senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan, supaya mampu berperan serta secara aktif, khususnya dalam mengisi dan mewarnai derap langkah pembangunan di Kota Sukabumi.

 
Senin, 30 September 2013
LURAH BENTENG MELANTIK KETUA RW 8 KELURAHAN BENTENG
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Lurah Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Dadang Aludin, S.Sos., melantik Ketua RW 8 dan Ketua RT se wilayah RW 8 Kelurahan Benteng, periode tahun 2013-2018, tepatnya pada tanggal 29 September 2013, di Madrasah Diniyah (MD) Jamiatul Mutaalimin RW 8 Kelurahan Benteng. Antara lain, Ketua RW 8, Supardi, Ketua RT 1 RW 8, Nasrudin, Ketua RT 2 RW 8, Ayi Romlah, Ketua RT 3 RW 8, Ineu Herlina, Ketua RT 4 RW 8, Edi Sutikno, Ketua RT 5 RW 8, Dadang Mulyadi, dan Ketua RT 6 RW 8, Debi Wijaya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Kelurahan Benteng, Asep Rahmat, Kasi Pemerintahan Kelurahan Benteng, Kamaludin, para Sesepuh, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Tokoh Wanita dan Pemuda, serta undangan lainnya.

Usai melantik Ketua RW dan Ketua RT tersebut, Lurah Benteng, Dadang Aludin, S.Sos., mengharapkan kepada Ketua RW dan Ketua RT tersebut, dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada segenap lapisan warga masyarakat dalam berbagai bidang, baik dalam bidang pemerintahan maupun dalam bidang pembangunan dan kemasyarakatan. Yang tidak kalah penting, juga agar senantiasa berupaya optimal meningkatkan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, serta kebersihan, keindahan dan kesehatan lingkungan.

Hal tersebut, menurut Lurah Benteng sangat penting dilakukan oleh Ketua RW dan RT, guna menunjang kelancaran dan keberhasilan, khususnya dalam mencapai Visi Pembangunan Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, dan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi, Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa; serta Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2013-2018, yakni Dengan Iman dan Taqwa, Mewujudkan Pemerintahan Yang Rahmatan Lil Alamin.

Selain itu, juga untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam mencapai Misi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2013-2018, yakni Mewujudkan Reformasi Birokrasi, Menuju Sumber Daya Manusia (SDM) yang Beriman, Bertaqwa dan Berilmu; Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Bersih, Berwibawa, Jujur, Adil, dan Profesional; Mendengar dan Melayani Masyarakat dengan Ikhlas; Mewujudkan Pelayanan Dasar yang Lebih Baik dan Berkualitas; Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Daya Saing Daerah; serta Meningkatkan Keamanan, Ketertiban, Keindahan dan Kebersihan Kota.

 
Senin, 23 September 2013
KETUA RW SE KECAMATAN WARUDOYONG IKUT SOSIALISASI ADMINITRASI PERTANAHAN
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua RW se Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, mengikuti Sosialisasi Adminitrasi Pertanahan, tepatnya pada tanggal 20 September 2013, bertempat di Ruangan Pertemuan Kantor Kelurahan Warudoyong Kecamatan Warudoyong. Adapun yang bertindak sebagai nara sumber dalam sosialisasi tersebut, antara lain Koordinator Pengukuran Tanah BPN Kota Sukabumi, Agus Suyatna, Kepala UPT PBB P2 dan BPHTB, Muhammad Sini, S.IP., dan Camat Warudoyong, Yadi Mulyadi, S.STP., M.Si. Sedangkan yang bertindak selaku moderator, Sekretaris Kecamatan Warudoyong, Dodi Supriadi, S.Ag., M.M.

Koordinator Pengukuran Tanah BPN Kota Sukabumi, Agus Suyatna, dalam kesempatan tersebut menjelaskan tentang syarat-syarat sebidang tanah yang akan disertifikatkan, yakni harus ada akta tanah yang ditandatangani oleh pihak penjual dan pembeli, serta ditandatangani oleh para akhli waris yang diketahui oleh pihak pemerintah, sebagai pertanggungjawaban secara yuridis. Oleh karenanya, hal tersebut harus ada kesepahaman dari semua pihak.

Dalam pada itu, Kepala UPT PBB P2 dan BPHTB, Muhammad Sini, S.IP., menjelaskan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1989, Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Derah, yakni setiap pemilik tanah sekecil dan sebesar serta seluas apapun, tentang kepemilikannya diwajibkan membayar PBB. Maksud dan tujuannya, agar kesinambungan pembangunan dapat dirasakan oleh warga masyarakat secara keseluruhan. Selain itu, juga dijelaskan tentang BPHTB, terutama yang berkaitan dengan transaksi bagi penjual dan pembeli tanah.

Sementara Camat Warudoyong, Yadi Mulyadi, S.STP., M.Si., meminta kepada para Ketua RW se Kecamatan Warudoyong, agar senantiasa menghimbau para wajib pajak yang ada di wilayahnya masing-masing, supaya senantiasa tepat waktu dalam membayar PBB. Dengan demikian, Camat sebagai PPATS, dapat bekerja sama secara baik dan optimal, dengan seluruh pihak instansi terkait.

Dikatakannya, segenap lapisan warga masyarakat tentunya memerlukan administrasi pertanahan, baik dalam bentuk AJB maupun Leter C, termasuk SPPT dan kwitansi bukti pembayaran PBB-nya. Maksud dan tujuannya, untuk mempermudah administrasi pertanahan, khususnya dalam pembuatan sertifikat tanah.

 
Rabu, 31 Juli 2013
WALIKOTA SILATURAHMI DENGAN KETUA RW DAN RT SE KECAMATAN WARUDOYONG
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, hari Rabu, 31 Agustus 2013, bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Suryakencana Kota Sukabumi, melakukan silaturahmi dengan 390 Ketua RW dan RT, se Kecamatan Warudoyong. Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Staf Ahli, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Kota Sukabumi, Camat Warudoyong, unsur Muspika Warudoyong, Sekretaris Kecamatan Warudoyong, para Lurah se Kecamatan Warudoyong, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., menjelaskan tentang prosedur dan titik tolak kinerja pemerintah, yang sangat erat hubungannya dengan aparat wilayah kecamatan dan kelurahan, serta para Ketua RW dan RT. Selain itu, juga dijelaskan Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi periode tahun 2013-2018, yakni Dengan Iman dan Taqwa, Mewujudkan Pemerintahan Yang Rahmatan Lil Alamin. Untuk mencapai visi tersebut, perlu ada kebersamaan dan pola pikir yang baik, dari semua pihak, baik aparat pemerintah maupun warga masyarakat Kota Sukabumi.

Pada bagian lain sambutannya, Walikota Sukabumi menjelaskan tentang Kartu Sehat dan Kartu Pintar, bantuan operasional untuk Ketua RW masing-masing sebesar 150 ribu rupiah per bulan, dan untuk Ketua RT masing-masing sebesar 100 ribu rupiah per bulan, termasuk bantuan pembangunan untuk setiap RW sebesar 15 juta rupiah per tahun, akan direalisasikan mulai pada tahun anggaran 2014 mendatang. Untuk itu, para Ketua RW dan RT agar membuka rekening di Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Kota Sukabumi. Karena bantuan operasional tersebut, akan disalurkan melalui rekening para Ketua RW dan RT masing-masing, bekerja-sama dengan Bank BJB.

Usai menyampaikan sambutan, Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, melakukan dialog interaktif dengan para Ketua RW dan RT, dilanjutkan penyerahan secara simbolis bantuan sosial untuk biaya operasional Ketua RW dan RT, yakni untuk Ketua RW masing-masing sebesar 600 ribu rupiah, dan untuk Ketua RT masing-masing sebesar 500 ribu rupiah.

 
Jumat, 26 Juli 2013
WALIKOTA SUKABUMI SERAHKAN BANTUAN UNTUK KETUA RW DAN RT TAHUN 2013
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., secara simbolis menyerahkan bantuan sosial, untuk operasional para Ketua RW dan RT se Kota Sukabumi Tahun 2013. Adapun bantuan sosial untuk para Ketua RW tersebut, masing-masing sebesar 600 ribu rupiah, dan untuk para Ketua RT, masing-masing sebesar 500 ribu rupiah. Bantuan tersebut, diserahkan secara marathon di setiap kecamatan. Antara lain, untuk Kecamatan Cikole, diserahkan hari Jumat, 26 Juli 2013, mulai pukul 08.00 WIB, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

Sedangkan untuk Kecamatan Citamiang, di SMA Negeri 1 Kota Sukabumi, mulai pukul 08.00 WIB, dan Kecamatan Baros, di Ruangan Pertemuan Kantor Kecamatan Baros, mulai pukul 13.00 WIB, pada hari Senin, tanggal 29 Juli 2013. Selanjutnya untuk Kecamatan Lembursitu, di Gedung Korpri Kota Sukabumi, mulai pukul 08.00 WIB, dan Kecamatan Cibeureum, di SD Negeri Loasari, mulai pukul 13.00 WIB, pada hari Selasa, tanggal 30 Juli 2013. Kemudian untuk Kecamatan Warudoyong, di Gelanggang Olah Raga (GOR) Suryakencana, mulai pukul 08.00 WIB, dan Kecamatan Gunung Puyuh, di Ruangan Pertemuan Kantor Kecamatan Gunung Puyuh, mulai pukul 13.00 WIB, pada hari Rabu, tanggal 31 Juli 2013.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi menjelaskan, mengenai bantuan operasional untuk para Ketua RW masing-masing sebesar 150 ribu rupiah per bulan, dan untuk para Ketua RT masing-masing sebesar 100 ribu rupiah per bulan, termasuk bantuan pembangunan untuk setiap RW sebesar 15 juta rupiah per tahun, sebagaimana yang disampaikan pada waktu kampanye Pemilukada Kota Sukabumi, akan direalisasikan mulai pada tahun anggaran 2014 mendatang.

Berkaitan dengan hal tersebut, para Ketua RW dan RT agar membuka rekening di Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Kota Sukabumi. Karena bantuan operasional tersebut, akan disalurkan melalui rekening para Ketua RW dan RT masing-masing, bekerjasama dengan Bank BJB. Selain itu, para Ketua RW dan RT, juga agar senantiasa berupaya optimal menyalurkan Beras Untuk Masyarakat Miskin (Raskin), kepada warga masyarakat yang berhak menerimanya, dengan memerhatikan indikator Tepat Sasaran Penerima Manfaat, Tepat Jumlah, Terpat Harga, Tepat Waktu, Tepat Administrasi, dan Tepat Kualitas.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Hardi Harpan, Sm.Hk., Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T., Camat dan Lurah, serta undangan lainnya.

 
Rabu, 26 Juni 2013
PENGUCAPAN SUMPAH WAKIL KETUA DPRD KOTA SUKABUMI TAHUN 2009-2014
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

DPRD Kota Sukabumi, menyelenggarakan Rapat Paripurna Istimewa, dengan acara pengucapan sumpah dan janji Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, masa jabatan tahun 2009-2014, H. Yayan Suryana, S.Pdi., dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), menggantikan H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., yang saat ini menjabat Wakil Walikota Sukabumi, periode tahun 2013-2018. Rapat Paripurna yang berlangsung hari Selasa, 25 Juni 2013, bertempat di Ruangan Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi ini, dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, H. Tatang Komara, S.Sos., M.M.

Adapun Susunan Acara Rapat Paripurna tersebut, antara lain Kata-Kata Pembukaan Pimpinan Rapat. Kemudian Pokok-Pokok Kegiatan, yang terdiri dari Pembacaan Keputusan Gubernur Jawa Barat, Nomor 171/KEP.763-PEM.UM/2013, Tentang Peresmian Pengangkatan Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi Masa Jabatan Tahun 2009-2014, oleh Sekretaris DPRD Kota Sukabumi, Drs. H. Yudi Wiharsa, M.Si., Pengambilan Sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri Sukabumi, serta Penanda-tangan Berita Acara Pengambilan Sumpah, dan Kata-Kata Penutupan oleh Pimpinan Rapat.

Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, H. Tatang Komara, S.Sos., M.M. mengungkapkan, sesuai dengan amanat Pasal 43 Ayat 1 Peraturan DPRD Kota Sukabumi Nomor 1 Tahun 2010, Tentang Tata Tertib DPRD Kota Sukabumi, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan DPRD Kota Sukabumi Nomor 1 Tahun 2013 menjelaskan, bahwa Pimpinan DPRD, sebelum memangku jabatannya, harus mengucapkan sumpah dan janji, yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri, pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD, sebagai tindak lanjut dari Keputusan Gubernur Jawa Barat, Nomor 171/KEP.763-PEM.UM/2013, Tentang Peresmian Pengangkatan Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, Masa Jabatan Tahun 2009-2014, tertanggal 24 Juni 2013.

Selain itu, Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, H. Tatang Komara, S.Sos., M.M., mengharapkan kepada Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, H. Yayan Suryana, S.Pdi., agar senantiasa bersinergi dalam kerangka pelaksanaan tugas dan fungsi pada lembaga legislatif ini. Sedangkan kepada PLT Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, Alit Gunawan, S.Pdi., Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, H. Tatang Komara, S.Sos., M.M., mengucapkan terima kasih, atas segala daya dan kemampuan, dalam menjalankan tugas, wewenang dan kewajiban, sebagai PLT Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi, Wakil Walikota Sukabumi, Kepala Setukpa Lemdikpol, unsur Muspida, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, para Asisten dan Staf Ahli, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Instansi Vertikal, para Camat dan Lurah, para Pejabat TNI, Polri dan Sipil, para sesepuh dan tokoh masyarakat, para Pimpinan Organisasi Sosial, Politik, Kemasyarakatan, Pemuda dan Wanita, serta Mahasiswa, Insan Pers dan undangan lainnya.

 
Minggu, 26 Mei 2013
KETUA PANWASLU LANTIK 21 PANWASCAM SE KOTA SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Sukabumi, H. Ending Muhidin, S.Sos., M.M., melantik 21 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kota Sukabumi, untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) tahun 2014 mendatang. Pelantikan yang dihadiri oleh jajaran Panwaslu Kota Sukabumi dan jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kota Sukabumi ini, berlangsung di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi, tepatnya pada tanggal 23 Mei 2013.

Ketua Panwaslu Kota Sukabumi menjelaskan, ke-21 Panwascam tersebut, ditugaskan di 7 kecamatan se Kota Sukabumi, atau masing-masing kecamatan sebanyak 3 orang, yang terdiri dari 1 orang Ketua dan 2 orang anggota. Dijelaskan pula, ke-21 Panwascam tersebut, selain belum bisa melaksanakan tugas secara optimal, juga belum bisa mendirikan Sekretariat Panwascam di masing-masing kecamatannya. Adapun yang menjadi salah satu kendala dan penyebabnya, karena biaya operasional untuk Panwascam bagi kepentingan Pileg tersebut, khususnya yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2013, hingga saat ini belum turun.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ketua Panwaslu Kota Sukabumi, menginstruksikan kepada 21 Panwascam tersebut, untuk sementara menempati Sekretariat Panwaslu Kota Sukabumi, guna dijadikan sekretariat bersama. Maksud dan tujuannya, sebagai salah satu upaya Panwaslu Kota Sukabumi, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan tugas ke-21 Panwascam tersebut.

Ketua Panwaslu Kota Sukabumi mengungkapkan, belum turunnya biaya operasional dari APBN untuk Panwascam tersebut, dikarenakan adanya transisi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Namun demikian, pihak Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pusat akan bertanggung jawab, seraya meminta kepada seluruh Bawaslu Provinsi serta Panwaslu Kota dan Kabupaten, agar senantiasa berupaya optimal melaksanakan tugas.

Untuk itu, Ketua Panwaslu Kota Sukabumi, meminta kepada 21 Panwascam tersebut, agar senantiasa berupaya optimal melaksankan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, kendati hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai waktu turunnya biaya operasional untuk Panwascam tersebut.

Ditandaskannya, tugas Panwascam dalam Pileg tahun 2014 mendatang sangat berat, karena harus terjun langsung ke lapangan sendiri. Sebab Panwascam belum bisa merekrut Petugas Pengawas Lapangan (PPL), akibat belum turunnya anggaran. Namun demikian, Ketua Panwaslu Kota Sukabumi merasa optimis, bahwa ke-21 Panwascam tersebut dapat melaksanakan tugas pengawasan secara optimal dengan baik. Karena ke-21 Panwascam tersebut merupakan orang-orang yang berpengalaman dan berkualitas, sebab sebelumnya sudah berhasil melaksanakan dengan baik dan optimal, tepatnya pada pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, serta Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode tahun 2013-2018.

 
Jumat, 24 Mei 2013
RENCANA PELANTIKAN DAN PERESMIAN WAKIL KETUA DPRD KOTA SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Pimpinan DPRD Kota Sukabumi, sudah mengirimkan surat kepada Pemerintah Kota Sukabumi, tentang rencana pelantikan dan peresmian Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, H. Yayan Suryana, S.Pdi., dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), menggantikan H. Achmad Fahmi, M.M.Pd., yang saat ini menjabat Wakil Walikota Sukabumi periode tahun 2013-2018.

Kepala Bagian Rapat, Risalah dan Humas Sekretariat DPRD Kota Sukabumi, Asep L. Sukmana, S.H., M.Si. menjelaskan, surat tersebut sudah disampaikan kepada Pemerintah Kota Sukabumi beberapa hari yang lalu, untuk secepatnya diserahkan dan diusulkan kepada Gubernur Jawa Barat.

Dikatakannya, jabatan Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi ini, dari semenjak dilepas oleh Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, M.M.Pd., dijabat oleh Pelaksana Tugas (PLT) Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, Alit Gunawan, S.Pdi., dari Fraksi PKS.

Dikatakan pula, apabila surat dari Gubernur Jawa Barat sudah turun, akan segera ditindaklanjuti oleh Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Sukabumi, yang memiliki wewenang untuk menentukan jadual dan waktu, tentang pelaksanaan pelantikan dan peresmian Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi tersebut.

Adapun mengenai rencana tentang pelaksanaan pelantikan dan peresmian Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi tersebut, menurut Kepala Bagian Rapat, Risalah dan Humas Sekretariat DPRD Kota Sukabumi, dijadualkan pada bulan Juni 2013 mendatang.

Sedangkan mengenai proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kota Sukabumi, untuk menggantikan Anggota dari Fraksi PKS yang ditinggalkan oleh H. Achmad Fahmi, M.M.Pd., Pimpinan DPRD Kota Sukabumi, hingga saat ini masih menunggu keputusan dari Komisi pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi. Sebab institusi ini yang lebih mengetahui, tentang figur yang berhak menjadi PAW Anggota DPRD Kota Sukabumi tersebut.

 
Senin, 13 Mei 2013
PELANTIKAN KETUA TP PKK KOTA SUKABUMI PERIODE TAHUN 2013-2018
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesehjateraan Keluarga (TP PKK) Kota Sukabumi periode tahun 2013-2018, Nyonya Hajah Esih Setiasih Muraz, secara resmi dilantik oleh Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat, Nyonya Hajah Netty Prasetyani Heryawan. Pelantikan Ketua TP PKK Kota Sukabumi tersebut, berlangsung di Gedung Anton Sujarwo Setukpa Lemdikpol Sukabumi, hari Senin, 13 Mei 2013, usai pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi periode tahun 2013-2018, oleh Gubernur Jawa Barat, pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Sukabumi, yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Sukabumi.

Usai melantik Ketua TP PKK Kota Sukabumi periode tahun 2013-2018, Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat, Nyonya Hajah Netty Prasetyani Heryawan, atas nama jajaran pengurus TP PKK Provinsi Jawa Barat, mengucapkan selamat sekaligus mengharapkan kepada Ketua TP PKK Kota Sukabumi periode tahun 2013-2018, agar senantiasa berupaya optimal mengemban dan melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya, khususnya dalam merealisasikan 10 Program Pokok PKK di Kota Sukabumi.

Dikatakannya, dalam merealisasikan 10 Program Pokok PKK tersebut, dapat dilakukan dalam berbagai bentuk dan upaya, baik dalam bentuk ajakan di berbagai program dan kegiatan, maupun dalam bentuk sosialisasi dan motivasi, kepada segenap kaum perempuan di Kota Sukabumi, menuju keluarga yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Disamping itu, Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat, juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada Ketua TP PKK Kota Sukabumi periode tahun 2008-2013, Nyonya Hajah Isye Muslikh Abdussyukur, yang telah berupaya optimal merealisasikan 10 Program Pokok PKK di Kota Sukabumi dengan baik. Sehingga banyak Anggota TP PKK dan kaum perempuan di Kota Sukabumi, yang berhasil meraih prestasi, baik di Tingkat Provinsi Jawa Barat maupun di Tingkat Nasional.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat, Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi periode tahun 2008-2013 serta periode tahun 2013-2018, Pimpinan dan Anggota DPRD, unsur Muspida, para Pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, para Asisten dan Staf Ahli, para Kepala OPD dan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN dan BUMD, para pejabat TNI dan Polri, Camat dan Lurah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, Pemuda dan Wanita, serta Insan Pers dan undangan lainnya.

 
Selasa, 7 Mei 2013
PELANTIKAN KETUA STIKES KOTA SUKABUMI PERIODE TAHUN 2013-2017
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Doktor H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., selaku Ketua Yayasan Kusumah Bangsa Kota Sukabumi, hari Selasa, 7 Mei 2013, bertempat di Ruangan Pertemuan Setda Kota Sukabumi, secara resmi mengangkat sumpah dan melantik Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Kota Sukabumi, periode tahun 2013-2017, Drs. Sulaeman Effendi, M.M., menggantikan H. Sanusi Harjadireja, M.Pd.

Pengangkatan sumpah dan pelantikan Ketua STIKES Kota Sukabumi yang berlangsung hidmat dan tertib ini, diawali pembacaan Wahyu Illahi, pengumandangan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dan pembacaan Surat Keputusan (SK) oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Sukabumi, Drs. H. Dadang Sudaryat, selaku Sekretaris Yayasan Kusumah Bangsa Kota Sukabumi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Hardi Harpan, Sm.Hk., jajaran pengurus Yayasan Kusumah Bangsa Kota Sukabumi, Senat, Dosen dan Staf STIKES Kota Sukabumi, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKES Kota Sukabumi, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi selaku Ketua Yayasan Kusumah Bangsa Kota Sukabumi, mengucapkan selamat, seraya mengharapkan kepada Ketua STIKES Kota Sukabumi periode tahun 2013-2017 tersebut, agar senantiasa berupaya optimal meningkatkan dan mengembangkan STIKES Kota Sukabumi. Diantaranya dengan meningkatkan akreditasi, uji kompetensi, tertib administrasi, kualitas dosen dan staf, serta kualitas lulusan STIKES Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, supaya lulusan STIKES Kota Sukabumi ini, mampu bersaing dengan lulusan-lulusan STIKES lainnya, khususnya di Jawa Barat umumnya di Indonesia.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menandaskan, dengan telah diangkat sumpah dan dilantiknya Ketua STIKES Kota Sukabumi tersebut, semua pihak patut bersyukur, khususnya jajaran pengurus Yayasan Kusumah Bangsa Kota Sukabumi, Senat, Dosen, Staf dan Mahasiswa STIKES Kota Sukabumi, terutama bagi para calon lulusan STIKES Kota Sukabumi. Sebab dengan telah diangkat sumpah dan dilantiknya Ketua STIKES Kota Sukabumi yang definitif tersebut, tidak akan menghambat terhadap kelancaran dan keberhasilan adminitrasi di STIKES Kota Sukabumi, terutama dalam penandatanganan ijazah para lulusan. Karena penandatanganan ijazah para lulusan, berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, harus dilakukan oleh ketua definitif, tidak boleh oleh Pejabat Sementara (PJS) atau diwakilkan. Ditandaskan pula, Ketua STIKES Kota Sukabumi periode tahun 2013-2017 tersebut, merupakan calon tertinggi, yang diusulkan oleh Senat, Dosen dan Staf STIKES Kota Sukabumi.

 
Minggu, 7 April 2013
KETUA GOW UCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA PEMERINTAH KOTA SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Sukabumi, Hajah Mahmudah Ramdan, S.Ag., mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya kepada Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., yang senantiasa peduli dan memerhatikan GOW Kota Sukabumi. Adapun kepedulian dan perhatian yang diberikan Pemerintah Kota Sukabumi tersebut, diantaranya sejak tahun 2007, GOW Kota Sukabumi mendapat kesempatan untuk memberangkatkan satu orang anggota, untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Mekah secara gratis.

Selain itu, juga seluruh organisasi wanita yang tergabung dalam GOW Kota Sukabumi, yang jumlahnya mencapai 36 orgnisasi wanita, dalam setiap tahunnya mendapat bantuan dari Pemerintah Kota Sukabumi, masing-masing sebesar 500 ribu rupiah. Diharapkannya, bantuan yang diberikan kepada organisasi wanita tersebut, nilainya dapat ditingkatkan, seperti yang diberikan kepada organisasi pemuda, yang tergabung dalam DPD KNPI Kota Sukabumi.

Ketua GOW Kota Sukabumi, juga mengharapkan kepada Pemerintah Kota Sukabumi, agar gedung sekretariat dan mobil inventaris untuk operasional GOW Kota Sukabumi, dapat direalisasikan pada tahun 2013 ini. Karena hal tersebut sudah diajukan kepada Pemerintah Kota Sukabumi, tepatnya sejak tahun 2008. Maksud dan tujuannya, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan kinerja, sekaligus meningkatkan kesejahteraan pengurus dan anggota GOW Kota Sukabumi.

Disamping itu, Ketua GOW Kota Sukabumi, juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada Pemerintah Kota Sukabumi, yang senantiasa peduli dan memberikan perhatian, sekaligus membantu dan mendukung kiprah GOW Kota Sukabumi. Diharapkannya, berbagai kepedulian dan perhatian, serta bantuan dan dukungan yang telah diberikan kepada GOW Kota Sukabumi ini, senantiasa dijadikan lumbung amal soleh, serta mendapat balasan berlipat ganda dari Allah Aza Wa Zalla.

 
Selasa, 2 April 2013
SUMPAH WAKIL KETUA DPRD KOTA SUKABUMI MASA JABATAN 2009-2014
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

DPRD Kota Sukabumi, menyelenggarakan Rapat Paripurna Istimewa, dengan acara Pengucapan Sumpah dan Janji Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, H. Tatang Komara, S.Sos., M.M., masa jabatan tahun 2009-2014. Rapat Paripurna yang berlangsung hari Selasa, 2 April 2013, bertempat di Ruangan Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi ini, dipimpin Ketua DPRD Kota Sukabumi, Aep Saepurahman, S.E.

Hadir dalam kesempatan tersebut, unsur Muspida, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, para Asisten dan Staf Ahli, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Instansi Vertikal, para Camat dan Lurah, para Pejabat TNI, Polri dan Sipil, para sesepuh dan tokoh masyarakat, para Pimpinan Organisasi Sosial, Politik, Kemasyarakatan, Pemuda dan Wanita, serta Mahasiswa, Insan Pers dan undangan lainnya.

Adapun Susunan Acara Rapat Paripurna tersebut, antara lain Kata-Kata Pembukaan Pimpinan Rapat. Selanjutnya Pokok-Pokok Kegiatan, yang terdiri dari Pembacaan Keputusan Gubernur Jawa Barat, Nomor: 171.1/KEP.359-PEM.UM/2013, Tentang Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi Masa Jabatan Tahun 2009-2014, oleh Sekretaris DPRD Kota Sukabumi, Drs. H. Yudi Wiharsa, M.Si., Pengambilan Sumpah dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Sukabumi, serta Penanda-tangan Berita Acara Pengambilan Sumpah, dan Kata-Kata Penutupan oleh Pimpinan Rapat.

Ketua DPRD Kota Sukabumi, Aep Saepurahman, S.E. mengatakan, sesuai dengan amanat Pasal 43 Ayat 1 Peraturan DPRD Kota Sukabumi Nomor 1 Tahun 2010, Tentang Tata Tertib DPRD Kota Sukabumi menjelaskan, bahwa Pimpinan DPRD sebelum memangku jabatannya, harus mengucapkan sumpah dan janji, yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri, pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD.

Selain itu juga dikatakan, terbitnya Keputusan Gubernur Jawa Barat tersebut, diawali dengan usulan DPD Partai Golkar Kota Sukabumi, melalui Surat Nomor: B.13/GOLKAR/I/2013, tertanggal 31 Januari 2013, yang ditindak-lanjuti dengan Keputusan DPRD Kota Sukabumi Nomor: 5 Tahun 2013, Tentang Pemberhentian dan Calon Pengganti Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi Masa Jabatan Tahun 2009-2014, melalui Rapat Paripurna DPRD tanggal 19 Februari 2013. Dijelaskannya, sebagai tindak lanjut atas penetapan tersebut, DPRD Kota Sukabumi menyampaikan surat kepada Walikota Sukabumi, untuk diusulkan peresmiannya melalui Keputusan Gubernur Jawa Barat.

 
Sabtu, 30 Maret 2013
H. SUKANDAR BACHTIAR, S.H. KETUA KPRI - PKS TAHUN 2013-2018
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

H. Sukandar Bachtiar, S.H., terpilih kembali menjadi Ketua Koperasi Pegawai Republik Indonesia Pemerintah Kota Sukabumi (KPRI - PKS), periode tahun 2013-2018, tepatnya pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPRI - PKS Tahun Buku 2012, tanggal 27 Maret 2013, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

Selain memilih Ketua KPRI PKS Periode Tahun 2013-2018, juga disampaikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pengawas Tahun Buku 2012, serta pemandangan umum, berupa saran, usul dan pendapat dari para peserta RAT, sesuai dengan peraturan dan tata tertib RAT Tahun Buku 2012, termasuk penetapan dan perubahan waktu pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) KPRI - PKS Tahun Buku 2012.

Ketua KPRI PKS Terpilih Periode Tahun 2013-2018 menjelaskan, adanya perubahan waktu pembagian SHU KPRI - PKS ini, disebabkan adanya koreksi dari Akuntan Publik yang mengaudit KPRI - PKS, bahwa pembagian SHU tersebut, waktunya tidak harus pada bulan Ramadhan atau sebelum Hari Raya Idul Fitri saja, akan tetapi idealnya dilakukan setelah RAT Tahun Buku yang bersangkutan.

Menyinggung Program Kerja KPRI - PKS Tahun 2013, pada dasarnya merupakan kelanjutan dari Program Kerja tahun-tahun sebelumnya, yang telah dirintis oleh pengurus lama, untuk dilakukan peningkatan dan pengembangan. Diantaranya Bidang Permodalan, untuk memperkuat Struktur Modal KPRI - PKS, yang pada tahun 2012 sempat terhenti, tidak mengadakan atau menambah kredit baru.

Berkaitan dengan hal tersebut, untuk memenuhi permintaan pinjaman dari anggota dengan syarat yang mudah, serta murah dan menguntungkan, KPRI - PKS akan mengusahakan penambahan modal dari pihak ketiga atau perbankan, disamping dengan bank yang telah melakukan kerja sama dengan KPRI - PKS. Selain itu, juga akan mengintensifkan penagihan Simpanan Wajib kepada seluruh anggota. Ditandaskannya, untuk anggota yang purna bhakti atau pensiun, akan mendapat bonus sebesar 25 persen, dari jumlah Simpanan Wajib dan Simpanan Pokok.

Selanjutnya Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPB) KPRI - PKS Tahun 2013, sesuai dengan rencana dan LPJ, yakni untuk Pendapatan direncanakan sebesar 3 milyar 435 juta 700 ribu 3 rupiah, dan Beban Biaya direncanakan sebesar 3 milyar 162 juta 272 ribu 691 rupiah.

Sedangkan mengenai jajaran kepengurusan KPRI - PKS periode tahun 2013-2018 secara lengkap, seperti dikatakan Ketua KPRI PKS Terpilih Periode Tahun 2013-2018, akan dibentuk dalam waktu dekat ini. Maksud dan tujuannya, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan KPRI - PKS, khususnya dalam melaksanakan sekaligus meningkatkan dan mengembangkan program-program yang akan dilaksanakan, terutama pada tahun 2013 hingga tahun 2018 mendatang.

 
Rabu, 14 November 2012
KETUA DPRD KOTA SUKABUMI AMBIL SUMPAH PAW ANGGOTA DPRD
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua DPRD Kota Sukabumi, Aep Saepurahman, S.E., mengambil sumpah dan melantik, sekaligus meresmikan Penggantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kota Sukabumi, dari Partai Demokrat, yakni Dra. Elin Paulina Tarigan, oleh Purnama, S.Pd. Pengambilan sumpah dan pelantikan sekaligus peresmian PAW Anggota DPRD Kota Sukabumi tersebut, dilakukan dalam Rapat Paripurna Istimewa, yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Sukabumi, hari Rabu, 14 November 2012, di Ruangan Rapat Paripurna DPRD setempat.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi, Wakil Walikota Sukabumi, unsur Muspida, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, para Pejabat TNI, Polri dan Sipil, para Camat dan Lurah, para Alim Ulama, para Sesepuh dan Tokoh Masyarakat, para Pimpinan Organisasi Sosial, Politik, Kemasyarakatan, Pemuda dan Wanita, serta Mahasiswa, Insan Pers dan undangan lainnya.

Adapun susunan Rapat Paripurna Istimewa tersebut, yakni Kata-Kata Pembukaan oleh Pimpinan Rapat, Pokok-Pokok Kegiatan, yang terdiri dari Pembacaan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor : 171.1/Kep.1348-Pem.Um/2012, Tanggal 1 November 2012, Tentang PAW Anggota DPRD Kota Sukabumi, oleh PLH Sekretaris DPRD Kota Sukabumi, Asep L. Sukmana, S.H., M.Si., serta Pengambilan Sumpah, Penandatanganan Berita Acara Pengucapan Sumpah, Penyematan Tanda Keanggotaan DPRD dan Penyerahan Keputusan Gubernur Jawa Barat, oleh Ketua DPRD Kota Sukabumi, Aep Saepurahman, S.E., serta Kata-Kata Penutupan oleh Pimpinan Rapat.

Ketua DPRD Kota Sukabumi menjelaskan, berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor : 171.1/Kep.979-Pem.Um/2009, jumlah Anggota DPRD Kota Sukabumi hasil Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2009, untuk Masa Jabatan Tahun 2009-2014, sebanyak 30 orang, serta telah dilantik dan diambil sumpah pada tanggal 25 Agustus 2009. Namun demikian, dalam perjalanannya, satu Anggota DPRD Kota Sukabumi dari Partai Demokrat, yakni Dra. Elin Paulina Tarigan, yang tergabung dalam Fraksi Partai Demokrat Bersatu, diusulkan oleh Partai Politiknya untuk dilakukan PAW, oleh Purnama, S.Pd. Adapun mengenai mekanisme dan proses PAW tersebut, baik Pimpinan DPRD dan Pimpinan Partai Politik, maupun Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Walikota Sukabumi, telah melaksanakan semua proses yang diamanatkan, sampai terbitnya Keputusan Gubernur Jawa Barat. Ditandaskannya, PAW dengan hak dan kewajibannya, sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Sukabumi, atas nama Pimpinan dan segenap Anggota DPRD Kota Sukabumi, mengucapkan selamat datang dan selamat bekerja di lingkungan DPRD Kota Sukabumi, kepada Anggota DPRD Kota Sukabumi dari Partai Demokrat, Purnama, S.Pd. Diharapkannya, Anggota DPRD Kota Sukabumi tersebut, dapat bekerja sama secara optimal, dengan penuh rasa tanggungjawab, serta dapat mencurahkan segala daya dan kemampuan yang dimiliki, khususnya dalam menjalankan tugas, wewenang dan kewajiban DPRD Kota Sukabumi, sesuai dengan ketentuan serta peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, Ketua DPRD Kota Sukabumi, juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada Dra. Elin Paulina Tarigan, atas dedikasi dan loyalitasnya yang sangat besar, baik terhadap Lembaga DPRD maupun terhadap Pemerintah Daerah, khususnya dalam konteks membuat berbagai kebijakan. Diharapkannya, dedikasi dan loyalitas yang telah diberikan selama ini, mendapat pahala dan dicatat sebagai amal baik oleh Allah Aza Wa Zalla.

 
Selasa, 6 November 2012
KETUA LPM SE KOTA BENGKULU LAKUKAN KUNKER KE KOTA SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Sebanyak 30 orang Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu, hari Selasa, 6 November 2012, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kota Sukabumi. Adapun kedatangan rombongan yang dipimpin oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kota Bengkulu, Insinyur Yenita Syaiful, M.Si. ini, diterima secara resmi oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T., bertempat di Operation Room Setda Kota Sukabumi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, para unsur pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat Cikole, Lurah Subangjaya, Ketua LPM Kota Sukabumi, Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Subangjaya, Ketua LPM Kelurahan Subangjaya, dan undangan lainnya.

Kepala BPMPKB Kota Bengkulu, Insinyur Yenita Syaiful, M.Si. menjelaskan, maksud dan tujuan melakukan kunker ke Kota Sukabumi ini, untuk melihat dari dekat, sekaligus belajar ke Kota Sukabumi, khususnya tentang penyelenggaraan pemerintahan kelurahan, serta tugas dan fungsi LPM dalam membantu pemerintah, terutama dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat. Karena salah satu kelurahan di Kota Sukabumi, yakni Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, berhasil meraih gelar juara pertama Lomba Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2012. Ditandaskannya, hasil kunker dari Kota Sukabumi ini, akan diterapkan dan dikembangkan secara optimal di Kota Bengkulu. Maksud dan tujuannya, supaya kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Bengkulu dapat berprestasi, baik di Tingkat Provinsi Bengkulu maupun di Tingkat Nasional.

Sementara Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T., atas nama pemerintah dan warga masyarakat Kota Sukabumi, mengucapkan selamat datang, seraya menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalam, atas berbagai kekurangan, khususnya dalam menerima dan menyambut kedatangan rombongan ini.

Selain itu, juga menyampaikan ekspose tentang Sejarah Singkat Kota Sukabumi, Kota Sukabumi Dalam Konstelasi Nasional dan Regional, Gambaran Umum Kota Sukabumi, Pemerintahan Kota Sukabumi, Visi Pemerintah Kota Sukabumi, Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, Penyelenggaraan Pemerintahan Kelurahan di Kota Sukabumi, Program Kegiatan Unggulan di Kota Sukabumi, khususnya dalam Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan, termasuk Capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Sukabumi, dilanjutkan tanya jawab, antara rombongan dengan para nara sumber.

Usai diterima oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, rombongan para Ketua LPM se Kota Bengkulu tersebut, melakukan peninjauan langsung ke Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, didampingi para unsur pimpinan OPD terkait, Camat Cikole, Lurah Subangjaya, Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Subangjaya, dan Ketua LPM Kelurahan Subangjaya.

 
Minggu, 28 Oktober 2012
WALIKOTA BERI PENGHARGAAN KEPADA 6 ORANG MANTAN KETUA DPD KNPI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., memberi penghargaan kepada 6 orang mantan Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi. Antara lain, Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi periode tahun 1990-1995, Asep Saefuloh, S.H., Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi periode tahun 1996-1998, H. Charly Dahlan, S.IP., M.Si., Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi periode tahun 1999-2001, Ade Munhiyar, S.E., M.M., Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi periode tahun 2001-2004, Drs. H. Agus Santoso, M.M., Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi periode tahun 2004-2007, H. Daddy Ruslandi Hadian, dan Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi periode tahun 2008-2009, Anton Rachman, S.Sos.

Selanjutnya kepada 4 orang Pemuda Pelopor Kota Sukabumi, antrara lain, Juara Harapan I Tingkat Nasional Pemuda Pelopor dalam bidang Teknologi Tepat Guna, Saepulloh, Juara Harapan I Tingkat Provinsi Jawa Barat Pemuda Pelopor dalam bidang Wira Usaha, Rita Kurniati, Juara Harapan I Tingkat Provinsi Jawa Barat Pemuda Pelopor dalam bidang Seni Budaya dan Pariwisata, Mohamad Yusup, serta Juara Harapan I Tingkat Provinsi Jawa Barat Pemuda Pelopor dalam bidang Pendidikan, Wawan Setiawan Ruswandi.

Selain itu, Walikota Sukabumi juga memberikan sebanyak 350 paket Sembilan Bahan Pokok (Sembako) dari DPD KNPI Kota Sukabumi, secara simbolis kepada 7 orang Ketua PK KNPI, atau setiap PK masing-masing 50 paket Sembako, untuk diberikan kembali kepada kaum dhuafa, jompo dan yatim piatu, yang ada di wilayahnya masing-masing.

Penghargaan dan bantuan paket Sembako tersebut, diserahkan pada Upacara Puncak Peringatan Ke-84 Hari Sumpah Pemuda Tingkat Kota Sukabumi, hari Minggu, 28 Oktober 2012, bertempat di Halaman Apel Setda Kota Sukabumi.

Adapun yang bertindak selaku Inspektur Upacara, Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., Perwira Upacara, Sekretaris DPD KNPI Kota Sukabumi, Nandar Sudrajat, Komandan Upacara, Wakil Sekretaris DPD KNPI Kota Sukabumi, Ruslan, S.E., Pengibar Bendera, Kelompok Pengibar Bendera (Pokibra) Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Sukabumi, Pembaca Naskah Pancasila, Inspektur Upacara, Pembaca Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Seno Julian, Pembaca Naskah Putusan Kongres Pemuda Indonesia 1928, Diar Abdusalam, Korsik, Marching Band Gema Swara Korpri Kota Sukabumi, dan Paduan Suara, Merah Putih Dinas Pendidikan Kota Sukabumi. Sedangkan peserta upacara, terdiri dari gabungan Korpri Kota Sukabumi, gabungan OKP, gabungan Mahasiswa, pelajar SMA, SMK dan MA, Pramuka Penegak, dan PMR Wira.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, para Asisten dan Staf Akhli, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Instansi, para Camat dan Lurah, Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi, para Ketua Organisasi Pemuda, Wanita dan Kemasyarakatan, serta undangan lainnya.

 
Rabu, 3 Oktober 2012
Drs. Sambik Sumardi Terpilih Kembali Menjadi Ketua PWRI Cabang Kota Sukabumi Masa Bhakti 2012-2017
Reporter : Dendayasa
 

Melalui Muscab Drs. Sambik Sumardi terpilih kembali menjadi Ketua Persatuan Wredatama Republik Indonesia ( {PWRI) Cabang Kota Sukabumi masa bhakti 2012 – 2017, Wakil Ketua I Drs. Karmana Rachman, Wakil ketua II Edi Kukun, Wakil Ketua III Wawan Djuanda, Sekretaris Didin M Soleh, Wakil Sekretaris I Nanan Setiani dengan dilengkapi sejumlah Seksi dan bendahara.

Musyawarah Cabang ( Muscab ) PWRI Cabang Kota Sukabumi dibuka secara resmi oleh Walikota, H. Mokh. Muslikh Abdussyukur, SH MSi selasa 2 Oktober 2012 di ruang pertemuan Setda dengan dihadiri Ketua PWRI Propinsi Jawa barat, Drs. H. Karna Suwanda, unsure Kepala OPD, para Camat serta undangan lainnya.

Pada hari dan tempat yang sama Wakil Walikota, DR.H. Mulyono, MM melantik Jajaran Kepengurusan yang baru PWRI Cabang Kota Sukabumi masa bhakti 2012-2017.

Ketua PWRI Propinsi Jawa barat, Drs. H. Karna Suwanda mengingatkan PWRI jangan disamakan dengan organisasi yang lain. Pada intinya kehadiran PWRI jangan sampai mengecewakan diri , anggota dan hati rakyat , pelanjut-pelanjut agar lebih baik sebagai penerus bangsa . Tujuan kita hanyalah pengabdian, kendati usia lanjut, namun tetap berharap agar anak cucu, cicit kita menjadi warga yang tangguh terampil mampu menjawab masa kini dan masa mendatang demi kejayaan negara , bangsa dan agama. Walikota Sukabumi,H. Mokh. Muslikh Abdussyukur, SH, MSi menegaskan Persatuan Wredatana ( PWRI) Sebagai wadah para pensiunan yang harus mampu membina para anggotanya , harus sejahtera jangan sampai melihat PNS atau pensiunan saat menerima gaji lebih besar pasak dari pada tiang, Kudu ngukur kakujur ,nimbang ka awak, agar saat menerima gaji tidak hanya menerima struk.

 
Minggu, 30 September 2012
KETUA KPU KOTA SUKABUMI AKAN SERIUS PERHATIKAN DPT
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi, Anton Rachman, S.Sos. menandaskan, pihaknya akan secara serius memerhatikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Sukabumi, pada penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat, yang menurut rencana akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 24 Februari 2013 mendatang.

Adapun maksud dan tujuannya, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Pemilukada tersebut. Karena masalah DPT ini, senantiasa menjadi sorotan dari berbagai pihak, dalam setiap penyelenggaraan Pemilu, baik Pemilukada dan Pilgub, maupun Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif. Sebab sering terjadi masalah, yakni banyaknya warga masyarakat yang tidak dapat menyalurkan aspirasi dan hak pilihnya dalam Pemilu, akibat tidak terdata.

Untuk itu, pihaknya akan berupaya optimal mendapatkan data DPT Kota Sukabumi secara akurat, sekaligus melakukan penggodogan sejak pemutakhiran Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP-4) dari Pemerintah Kota Sukabumi. Karena akurasi data DPT tersebut, akan membantu meningkatkan partisipasi warga masyarakat, dalam penyelenggaraan Pemilu.

Menyinggung penyerahan DP-4, menurut Ketua KPU Kota Sukabumi, telah diserahkan oleh Wakil Walikota Sukabumi, Doktor H. Mulyono, M.M., pada tanggal 27 September 2012, bertepatan dengan sosialisasi tahapan program dan jadual penyelenggaraan Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2013 mendatang, bertempat di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi. Dikatakannya, penyerahan DP-4 tersebut, merupakan bagian dari proses dan pelaksanaan pemutakhiran data DPT di Kota Sukabumi.

Sedangkan mengenai tahapan program dan jadual penyelenggaraan Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi selanjutnya, yakni penyerahan bukti dukungan untuk calon perseorangan, yang akan dilaksanakan pada awal bulan Oktober 2012. Sementara mengenai alokasi anggaran untuk penyelenggaraan Pemilukada Kota Sukabumi tersebut, seluruhnya mencapai 14 milyar rupiah, yakni sebesar 7,4 milyar rupiah untuk Pemilukada putaran pertama, dan sebesar 6,6 milyar rupiah untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi Pemilukada putaran kedua.

 
Senin, 10 September 2012
KETUA PANWASLU KOTA SUKABUMI MELANTIK 21 ANGGOTA PANWASLU KECAMATAN
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Sukabumi. H. Ending Muhidin, S.Sos., secara resmi mengambil sumpah dan janji, sekaligus melantik 21 Anggota Panwaslu Kecamatan se Kota Sukabumi, bertempat di Ruangan Pertemuan Setda Kota Sukabumi, hari Senin, 10 September 2012. Pengambilan sumpah dan pelantikan tersebut, diawali Laporan Panitia Seleksi Anggota Panwaslu Kecamatan se Kota Sukabumi, Iyan Hasiholan Pakpahan, S.H., dan Pembacaan Surat Keputusan (SK) Panwaslu Kota Sukabumi, oleh Bambang Rubiansyah, S.S.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Administrasi Setda Kota Sukabumi, Drs. Yoyo Subagio, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, para Camat, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, tokoh masyarakat, alim ulama dan undangan lainnya.

Adapun ke-21 Anggota Panwaslu Kecamatan tersebut, antara lain Anggota Panwaslu Kecamatan Cikole, terdiri dari Herlambang, Acep Syamsudin, S.Sos., dan Dian Purwanti, S.Sos., Anggota Panwaslu Kecamatan Citamiang, terdiri dari Aldie Nuryadi, Sansan Permana, dan Rizal Zaenali, serta Anggota Panwaslu Kecamatan Baros, terdiri dari Tuah Nur, S.Sos., M.Si., Ujang Supriatna, dan Wawan Sofwan.

Selanjutnya Anggota Panwaslu Kecamatan Cibeureum, terdiri dari Winarto, Deni Andrian, dan Iis Solihat, Anggota Panwaslu Kecamatan Lembursitu, terdiri dari Pepen, Ujang Nasrul Rahmat, dan Abdul Jawad, S.Hum., Anggota Panwaslu Kecamatan Warudoyong, terdiri dari Erik Candra Pertala, S.Hum., Rahmat Hidayat, S.H., dan Rahmat Irawan, S.H., serta Anggota Panwaslu Kecamatan Gunungpuyuh, terdiri dari M. Bram Darta Lesmana, Rahmat Fadillah Adenan S.H., dan Edi Mulyadi.

Usai pengambilan sumpah dan pelantikan, dilanjutkan penandatanganan berita acara sumpah, secara simbolis diwakili oleh 3 Anggota Panwaslu Kecamatan, yang terdiri dari Ujang Nasrul Rahmat, Dian Purwanti, S.Sos., dan Edi Mulyadi. Selain itu, juga dilaksanakan penandatanganan fakta integritas, secara simbolis diwakili oleh 3 Anggota Panwaslu Kecamatan Gunungpuyuh, yang terdiri dari M. Bram Darta Lesmana, Rahmat Fadillah Adenan, S.H., dan Edi Mulyadi.

Baik Asisten Administrasi Setda Kota Sukabumi, Drs. Yoyo Subagio, maupun Ketua Panwaslu Kota Sukabumi, H. Ending Muhidin, S.Sos., dalam kesempatannya mengharapkan kepada seluruh Anggota Panwaslu Kecamatan se Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal melaksanakan tugas, khususnya dalam mengawasi jalannya Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat, dan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Sukabumi Tahun 2013 mendatang, dari mulai seluruh tahapan hingga pelaksanaan pemilihinan tersebut, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

 
Senin, 16 Juli 2012
DRS. ACHMAD RAYADI KETUA PWI PERWAKILAN KOTA SUKABUMI 2012-2015
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Wartawan Harian Umum Pikiran Rakyat Bandung, Drs. Achmad Rayadi, terpilih menjadi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kota Sukabumi, periode tahun 2012-2015. Adapun pemilihan Ketua PWI Perwakilan Kota Sukabumi tersebut, berlangsung dalam Konferensi Wilayah PWI Perwakilan Kota Sukabumi, yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2012, bertempat di Ruangan Pertemuan Setda Kota Sukabumi.

Konferensi Wilayah PWI Perwakilan Kota Sukabumi tersebut, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Doktor H.M.N. Hanafie Zain, M.Si. Sedangkan yang hadir dalam konferensi tersebut, antara lain Sekretaris PWI Cabang Jawa Barat, Uyun Achadiyat, jajaran pengurus PWI Cabang Jawa Barat lainnya, anggota PWI Perwakilan Kota Sukabumi, dan undangan lainnya.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Doktor H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., dalam kesempatannya mengharapkan kepada segenap wartawan di Kota Sukabumi, agar dalam setiap menjalankan tugas profesinya, senantiasa menjaga dan berpedoman pada kode etik jurnalistik, supaya karya jurnalistik yang dihasilkannya dapat memberikan dampak yang positif. Untuk itu, PWI sebagai tempat berhimpunnya para wartawan, agar senantiasa eksis dan kontinyu melakukan pembinaan terhadap anggota dan segenap wartawan yang bertugas di Kota Sukabumi.

Berdasarkan hasil pemantauan RSPD FM Kota Sukabumi, Situs Remi Pemda Kota Sukabumi, dan Majalah Berita Kota Sukabumi, proses pemilihan Ketua PWI Perwakilan Kota Sukabumi tersebut, berjalan lancar, aman dan tertib.

Sedangkan pemilihan Ketua PWI Perwakilan Kota Sukabumi tersebut, diikuti oleh 2 orang anggota, yakni Drs. Achmad Rayadi dan Issamsi, dari jumlah anggota keseluruhan sebanyak 12 orang. Dalam pemilihan tersebut, Drs. Achmad Rayadi mendapat 7 suara, dan Issamsi mendapat 5 suara.

Ketua PWI Perwakilan Kota Sukabumi terpilih, Drs. Achmad Rayadi menandaskan, pihaknya beserta jajaran pengurus lainnya, akan berupaya optimal meningkatkan kualitas organisasi dan kinerja wartawan di Kota Sukabumi, supaya dapat lebih baik lagi. Untuk itu, pihaknya beserta jajaran pengurus lainnya, akan berupaya optimal meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Wartawan, khususnya yang tergabung dalam PWI Perwakilan Kota Sukabumi. Sedangkan mengenai pelantikan Ketua PWI Perwakilan Kota Sukabumi periode tahun 2012-2015, beserta jajaran pengurus lainnya, akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

 
Minggu, 16 Oktober 2011
KETUA STH PASUNDAN SUKABUMI AKAN TINGKATKAN KUALITAS SDM
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Sekolah Tinggi Hukum (STH) Pasundan Sukabumi masa bhakti tahun 2011-2015, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H., akan berupaya optimal meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), termasuk sarana dan prasarana, sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan, serta harapan semua pihak. Selain itu, pihaknya juga saat ini sedang berupaya optimal meningkatkan status akreditasi STH Pasundan Sukabumi, dari Akreditasi C menjadi A, minimal B. Hal tersebut sangat penting dilakukan, karena peningkatan status akreditasi ini, merupakan cermin kinerja STH Pasundan Sukabumi, yang menggambarkan mutu, efisiensi, serta relevansi suatu Program Studi (Prodi), yang diselenggarakan di STH Pasundan Sukabumi.

Adapun program lainnya yang akan dilaksanakan, yakni melakukan penataan dan pembangunan gedung, supaya lebih representatif, serta akan menggelar berbagai kegiatan, khususnya kegiatan yang dapat menarik para lulusan SMA, SMK dan MA, untuk masuk ke STH Pasundan Sukabumi. Disamping itu, pihaknya juga akan mengupayakan pendidikan yang mengarah pada pendidikan praktis, serta meningkatkan dan mengembangkan berbagai program, termasuk mewajibkan seluruh mahasiswa STH Pasundan Sukabumi, untuk melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) pada semester akhir, guna mengaplikasikan berbagai ilmu pengetahuan yang telah didapat di bangku kuliah, khususnya di desa-desa yang ada di Sukabumi. Maksud dan tujuannya, untuk meningkatkan kualitas lulusan STH Pasundan Sukabumi, supaya memiliki daya saing yang tinggi.

Menyinggung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang terdiri dari bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, STH Pasundan Sukabumi melakukan kerja sama dengan berbagai dinas-instansi. Diantara dengan Pemerintah Kota Sukabumi, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Jawa Barat, Yayasan AL-Kharomain, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi.

Adapun kerja sama dengan Pemerintah Kota Sukabumi, diantaranya dalam pembuatan Peraturan Daerah (Perda), Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum), Kegiatan Rencana Aksi Nasional Hak Azasi Manusia (RANHAM), dan Penyuluhan Hukum. Sedangkan kerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, diantaranya Penyuluhan Hukum dan Konsultasi Hukum untuk masyarakat. Sementara kerja sama dengan Yayasan AL-Kharomain, diantaranya bhakti sosial, berupa pemeriksaan kesehatan gratis untuk kaum dhuafa, dan kerja sama dengan KPU Kota Sukabumi, diantaranya dalam pelaksanaan Pemilihan Walikota Sukabumi dan Gubernur Jawa Barat.

 
Jumat, 14 Oktober 2011
KETUA STH PASUNDAN SUKABUMI AGAR MAMPU WUJUDKAN TUJUAN DIKTI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., berharap kepada Ketua Sekolah Tinggi Hukum (STH) Pasundan Sukabumi yang baru, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H., agar mampu mewujudkan tujuan Pendidikan Tinggi (Dikti), sebagaimana amanat Pasal 2 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 1999, Tentang Pendidikan Tinggi. Antara lain mampu menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional, khususnya yang dapat menerapkan, mengembangkan dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian. Selain itu, juga mampu mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian, serta mengupayakan penggunaannya. Maksud dan tujuannya, untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat, sekaligus memperkaya kebudayaan nasional.

Dikatakannya, dalam mencapai tujuan tersebut, Ketua STH Pasundan Sukabumi agar terlebih dahulu melakukan konsolidasi internal, baik dengan seluruh jajaran fungsional dan jajaran adminitratif, maupun dengan para mahasiswa. Demikian pula dengan status sebagai perguruan tinggi swasta, STH Pasundan Sukabumi harus mampu menjalin hubungan yang positif dan produktif dengan Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan, sebagai Pengelola Pendidikan Tinggi Pasundan. Karena apabila terjadi ketidak harmonisan hubungan dengan salah satu komponen tersebut, akan menjadi hambatan dalam mencapai tujuan yang diharapkan oleh semua pihak.

Walikota Sukabumi menjelaskan, sebagai perguruan tinggi yang sudah cukup memiliki kepercayaan dari masyarakat, dengan para lulusan yang tersebar di berbagai lembaga, baik pemerintahan maupun swasta, STH Pasundan Sukabumi hendaknya mampu meningkatkan dan mengembangkan kualitas para lulusan, termasuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan demikian, STH Pasundan Sukabumi beserta perguruan tinggi lainnya di Sukabumi, dapat memberikan kontribusi secara positif, terhadap pencapaian Visi Pembangunan Kota Sukabumi, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi, Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa; serta Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, yakni Dengan iman dan taqwa, mewujudkan pemerintahan yang amanah berparadigma surgawi, menuju Kota Sukabumi yang cerdas, sehat dan sejahtera, baik lahir maupun batin, dilandasi nilai-nilai fhilosofis, Shidiq, Tabligh, Amanah, Fathonah.

 
Kamis, 13 Oktober 2011
KETUA STH PASUNDAN SUKABUMI MASA BHAKTI TAHUN 2011-2015
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Sekolah Tinggi Hukum (STH) Pasundan Sukabumi masa bhakti tahun 2011-2015, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H., hari Kamis, 13 Oktober 2011, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, secara resmi diambil sumpah dan dilantik, oleh Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi (Dikti) Pasundan, Drs. H. Makbul Mansyur, M.Si., menggantikan Ketua STH Pasundan Sukabumi masa bhakti tahun 2007-2011, Mohamad Amri Yasman, S.H., M.Pd.

Pengambilan sumpah dan pelantikan Ketua STH Pasundan tersebut, diawali pembacaan Surat Keputusan (SK) Ketua Yayasan Dikti Pasundan, tentang pemberhentian Ketua STH Pasundan Sukabumi masa bhakti tahun 2007-2011, dan pengangkatan Ketua STH Pasundan Sukabumi masa bhakti tahun 2011-2015, oleh Sekretaris Yayasan Dikti Pasundan, Eden Komarudin, M.Si.

Ketua Yayasan Dikti Pasundan, Drs. H. Makbul Mansyur, M.Si., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ketua STH Pasundan Sukabumi masa bhakti tahun 2007-2011, atas berbagai kinerja dan pengabdiannya, khususnya dalam meningkatkan dan mengembangkan STH Pasundan Sukabumi, sehingga satu-satunya STH di Sukabumi ini, dapat tepat eksis dengan baik. Diharapkannya, berbagai kinerja dan pengabdian Ketua STH Pasundan Sukabumi masa bhakti tahun 2007-2011 tersebut, senantiasa dijadikan lumbung amal soleh, serta mendapat balasan berlipat ganda dari Allah Taalla.

Selain itu, Ketua Yayasan Dikti Pasundan tersebut, juga mengucapkan selamat kepada Ketua STH Pasundan Sukabumi masa bhakti tahun 2011-2015, yang telah secara resmi diambil sumpah dan dilantik, seraya mengharapkan, agar berbagai prestasi yang telah diraih oleh STH Pasundan Sukabumi ini, senantiasa dapat ditingkatkan dan dikembangkan, supaya berbagai prestasi yang diraih oleh STH Pasundan Sukabumi ini, dapat lebih baik lagi.

Hal yang sama, juga disampaikan oleh Sekretaris Bidang Dikti Pengurus Besar (PB) Paguyuban Pasundan, Doktor Insinyur H. Edi Yusuf, S.P., M.Si., M.Kom., bahwa Ketua STH Pasundan Sukabumi masa bhakti tahun 2007-2011, telah berupaya optimal melaksanakan tugas dan pengabdiannya, sehingga dapat menjaga eksistensi STH Pasundan Sukabumi dengan baik. Keberhasilan tersebut, agar ditingkatkan dan dikembangkan secara optimal/ oleh Ketua STH Pasundan Sukabumi masa bhakti tahun 2011-2015, supaya eksistensi STH Pasundan Sukabumi ini dapat lebih baik lagi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., Pimpinan dan Anggota DPRD, unsur Muspida, Pengawas Yayasan Dikti Pasundan, Pembina Yayasan Dikti Pasundan, para Wakil Ketua STH Pasundan Sukabumi, para Dosen, Tata Usaha, para pengurus dan anggota Ikatan Alumni (IKA) STH Pasundan Sukabumi, para mahasiswa dan undangan lainnya.

 
Kamis, 13 Oktober 2011
WALIKOTA UCAPKAN SELAMAT KEPADA KETUA STH PASUNDAN TAHUN 2011-2015
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Sukabumi, mengucapkan selamat kepada Ketua Sekolah Tinggi Hukum (STH) Pasundan Sukabumi, masa bhakti tahun 2011-2015, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H., yang telah secara resmi diambil sumpah dan dilantik, oleh Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi (Dikti) Pasundan, Drs. H. Makbul Mansyur, M.Si., hari Kamis, 13 Oktober 2011, bertempat di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, menggantikan Ketua STH Pasundan Sukabumi masa bhakti tahun 2007-2011, Mohamad Amri Yasman, S.H., M.Pd.

Selain itu, Walikota Sukabumi, juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada Ketua STH Pasundan Sukabumi masa bhakti tahun 2007-2011, yang telah mengabdikan diri dalam dunia pendidikan tinggi, khususnya pendidikan hukum dengan baik, sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi, Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa; serta Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, yakni Dengan iman dan taqwa, mewujudkan pemerintahan yang amanah berparadigma surgawi, menuju Kota Sukabumi yang cerdas, sehat dan sejahtera, baik lahir maupun batin, dilandasi nilai-nilai fhilosofis, Shidiq, Tabligh, Amanah, Fathonah.

Walikota Sukabumi mengharapkan, peristiwa monumental ini, senantiasa mendapat ridho dan maghfiroh dari Allah Taalla, sehingga amanah yang diberikan kepada Ketua STH Pasundan Sukabumi masa bhakti tahun 2011-2015 ini, dapat ditunaikan dengan sebaik-baiknya.

Dikatakannya, sebagaimana dimaklumi bersama, bahwa pergantian kepimpinan di suatu lembaga, baik dalam lingkup pemerintahan maupun swasta, merupakan hal yang lumrah, sebagai bagian penting dari dinamika organisasi. Karena sebagai sebuah organisasi yang baik, yakni organisasi yang siap melakukan perubahan, untuk senantiasa beradaptasi dengan berbagai dinamika dan perkembangan jaman, termasuk dalam upaya menjadikan seluruh staf sebagai subyek, yang masing-masing memiliki peranan penting dalam memajukan organisasi.

Dikatakan pula, dalam konteks pemahaman tersebut, maka pergantian kepemimpinan di Lingkungan STH Pasundan Sukabumi ini, bukanlah hal yang luar biasa, apalagi bernuansa di luar konteks peningkatan dan pengembangan organisasi.

 
Rabu, 5 Oktober 2011
KETUA HARIAN PRSI JAWA BARAT LANTIK KETUA UMUM PRSI KOTA SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Harian Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jawa Barat, Ari Hendarmin, hari Minggu, 2 Oktober 2011, bertempat di Aula Kolam Renang Rengganis, secara resmi melantik Ketua Umum Pengurus Cabang (Pengcab) PRSI Kota Sukabumi, masa bhakti 2010-2014, H. Ahmad Nasori.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Sukabumi, Drs. Beni Haerani, M.M., Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Sukabumi, H. Sutisna, S.H., Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, Drs. Ade Suherman, M.Si., dan undangan lainnya.

Dalam kesempatannya, Ketua Harian Pengda PRSI Jawa Barat mengharapkan, dengan telah dilantiknya pengurus baru Pengcab PRSI Kota Sukabumi ini, dapat berperan secara aktif, dalam meningkatkan prestasi dan menggali bibit-bibit atlit renang yang baik, khususnya di Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, Pengda PRSI Jawa Barat, saat ini sedang menyiapkan atlit renang, untuk diikutsertakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-19, yang menurut rencana akan dilaksanakan di Riau, serta Sea Games 2011, yang akan dilaksanakan di Palembang dan Jakarta. Untuk itu, sebanyak 8 orang atlit renang asal Jawa Barat, saat ini sedang berlatih di Australia.

Ketua Harian Pengda PRSI Jawa Barat juga mengharapkan, Pengcab PRSI Kota Sukabumi yang baru, agar segera menyusun program kerja dengan baik, mulai dari pencarian hingga pembinaan terhadap bibit-bibit atlit renang di Kota Sukabumi.

Dalam pada itu, Ketua Umum Pengcab PRSI Kota Sukabumi, H. Achmad Nasori menandaskan, pihaknya siap dan akan berupaya optimal menjalan manah yang diberikan, sebagai Ketua Umum Pengcab PRSI Kota Sukabumi. Adapun langkah awal yang akan dilakukannya, yakni akan mencoba menyusun kembali program pencarian hingga pembinaan, terhadap bibit-bibit atlit renang di Kota Sukabumi.

Menyinggung belum adanya fasilitas kolam renang yang memadai di Kota Sukabumi, khususnya yang dapat digunakan untuk tempat berlatih oleh para atlet renang, pihaknya akan mencoba mengikutsertakan berbagai pihak, baik pemerintah, swasta dan warga masyarakat, untuk senantiasa berperanserta, serta peduli terhadap olahraga renang, khususnya di Kota Sukabumi.

 
Kamis, 22 September 2011
KETUA TP PKK KOTA SUKABUMI MELAKUKAN PEMBINAAN ADMINISTRASI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesehjateraan Keluarga (TP PKK) Kota Sukabumi, Hajah Isye Muslikh Abdussyukur, hari Rabu, 21 September 2011, melakukan pembinaan administrasi, terhadap para pengelola Usaha Peningkatan Penghasilan Keluarga (UP2K) Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi.

Pembinaan yang berlangsung di Aula Kelurahan Selabatu ini, dihadiri Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Sukabumi, Insinyur H. Rudi Djuansyah, Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setda Kota Sukabumi, Drs. Sukarman, M.Pd., Kepala Bagian Administrasi Kesra Setda Kota Sukabumi, Adang Taufik, S.H., M.Si., serta Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kota Sukabumi, Encep Mulyadi, S.IP. Selain itu, juga hadir Lurah Selabatu, Dodi Supriadi, S.Ag., M.M., jajaran pengurus TP PKK Kelurahan Selabatu, para Ketua RW dan RT, para kader UP2K Kelurahan Selabatu, dan undangan lainnya.

Dalam kesempatannya, Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hajah Isye Muslikh Abdussyukur mengharapkan, UP2K Kelurahan Selabatu, sebagai duta Kota Sukabumi pada Lomba UP2K Tingkat Jawa Barat, yang menurut rencana akan dilaksanakan pada awal bulan Oktober 2011, agar senantiasa melakukan pembenahan dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang administrasi, supaya dapat tampil dengan baik, serta dapat meraih prestasi yang dapat membanggakan semua pihak.

Sementara Sekretaris BPMPKB Kota Sukabumi, Encep Mulyadi, S.IP. mengharapkan, perkembangan dana bergulir di masing-masing pengelola usaha mikro di Kelurahan Selabatu, hendaknya dicatat dengan baik dan benar, serta kelebihan keuntungan dalam setiap bulannya, supaya digulirkan kembali kepada para pelaku usaha mikro lainnya di Kelurahan Selabatu.

Dalam pada itu, Lurah Selabatu, Dodi Supriadi, S.Ag., M.M. mengharapkan, partisipasi dari semua pihak, khususnya dinas-instansi, TP PKK, para Ketua RW dan RT, serta para kader UP2K dan warga masyarakat, dapat menunjang terhadap kelancaran dan keberhasilan UP2K Kelurahan Selabatu, dalam mengikuti Lomba UP2K Tingkat Jawa Barat. Selain itu, Lurah Selabatu juga meminta kepada para pengelola UP2K di Kelurahan Selabatu, agar membenahi administrasi, khususnya keluar-masuk keuangan dengan baik dan benar, serta dapat dipertanggung-jawabkan.

 
Jumat, 12 Agustus 2011
KETUA RW DAN RT DAPAT BANTUAN OPERASIONAL TAHAP PERTAMA TAHUN 2011
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Para Ketua RW dan RT di Kota Sukabumi, mendapat bantuan dana operasional tahap pertama Tahun 2011, dari Pemerintah Kota Sukabumi. Adapun besaran bantuan dana operasional tersebut, yakni untuk para Ketua RW masing-masing sebesar 250 ribu rupiah, dan untuk para Ketua RT masing-masing sebesar 200 ribu rupiah.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T. menjelaskan, bantuan dana operasional tahap pertama tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Walikota Sukabumi, usai melaksanakan sholat subuh berjamaah, di Masjid Agung Kota Sukabumi, menjelang bulan Ramadhan Tahun 1432 Hijriyah.

Dikatakannya, jumlah Ketua RW di Kota Sukabumi, saat ini mencapai 352 orang. Sedangkan jumlah Ketua RT, saat ini mencapai 1 ribu 528 orang, tersebar di 33 kelurahan dan 7 kecamatan se Kota Sukabumi. Dengan demikian, besaran bantuan dana operasional untuk para Ketua RW tersebut, mencapai 88 juta rupiah. Sementara besaran bantuan dana operasional untuk Ketua RT, mencapai 305 juta 600 ribu rupiah. Adapun total bantuan dana operasional tahap pertama untuk para Ketua RW dan RT tersebut, mencapai 393 juta 600 ribu rupiah. Dikatakan pula, bantuan dana operasional untuk para Ketua RW dan RT tersebut, berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Sukabumi Tahun 2011.

Maksud dan tujuan diserahkannya bantuan dana operasional tersebut, sebagai salah satu upaya, sekaligus komitmen Pemerintah Kota Sukabumi, dalam memberi dukungan dan motivasi, kepada para Ketua RW dan RT, sebagai ujung tombak Pemerintah Kota Sukabumi, dalam bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan, termasuk dalam penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau e-KTP di Kota Sukabumi, yang akan dimulai pada pertengahan bulan Agustus tahun 2011 ini.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, berharap kepada para Ketua RW dan RT, agar senantiasa menjaga kondusifitas, di wilayah dan lingkungannya masing-masing. Selain itu, juga agar senantiasa menjaga kekompakan dan kebersamaan, khususnya dalam merealisasikan berbagai program yang digulirkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi, terutama dalam upaya mencerdaskan, menyehatkan, dan menyejahterakan segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi.

 
Minggu, 31 Juli 2011
CECEP MANSYUR KETUA PERCASI CABANG KOTA SUKABUMI TAHUN 2011-2015
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Cecep Mansyur, terpilih menjadi Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Cabang Kota Sukabumi, periode tahun 2011-2015. Terpilihnya Cecep Mansyur menjadi Ketua Percasi tersebut, berdasarkan hasil Musyawarah Daerah (Musda) Percasi, yang dilaksanakn di Sekretariat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Kota Sukabumi, baru-baru ini.

Ketua Panitia Musda Percasi Cabang Kota Sukabumi, Wawan Sofwan menjelaskan, pemilihan Ketua Percasi Cabang Kota Sukabumi tersebut, diikuti oleh dua orang calon, yakni Cecep Mansyur dan Ucup Yusuf. Sedangkan yang mengikuti Musda tersebut, terdiri dari Pengurus Percasi Cabang Kota Sukabumi dan Pengurus Kecamatan, serta Pengurus dan Club Catur se Kota Sukabumi.

Dalam pada itu, Ketua Percasi Cabang Kota Sukabumi terpilih, Cecep Mansyur menjelaskan, terpilihnya menjadi Ketua Percasi Cabang Kota Sukabumi periode tahun 2011-2015 ini, merupakan amanah dan kepercayaan, yang harus dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya, khususnya dalam meningkatkan, mengembangkan dan memajukan, serta meningkatkan prestasi olahraga Catur di Kota Sukabumi.

Untuk itu, pihaknya akan senantiasa mengemban amanah dan kepercayaan tersebut dengan sebaik-baiknya, guna meningkatkan, mengembangkan dan memajukan, serta meningkatkan prestasi olahraga Catur di Kota Sukabumi.

Namun untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya akan senantiasa meminta dukungan dan bantuan dari semua pihak, khususnya dari seluruh jajaran pengurus Percasi Cabang Kota Sukabumi dan Pengurus Kecamatan, serta Pengurus dan Club Catur se Kota Sukabumi, termasuk dari Pemerintah Kota Sukabumi dan dinas-instansi terkait. Sebab tanpa adanya dukungan dan bantuan dari semua pihak, upaya dalam meningkatkan, mengembangkan dan memajukan, serta meningkatkan prestasi olahraga Catur di Kota Sukabumi ini, akan sulit untuk diwujudkan.

 
Rabu, 27 Juli 2011
WARGA MASYARAKAT RT 5 RW 3 SELABATU TELAH MEMILIKI KETUA RT YANG BARU
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Warga masyarakat RT 5 RW 3, Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, telah memiliki Ketua RT yang baru, yakni Aos Rosadi. Seperti dijelaskan Lurah Selabatu, Dodi Supriadi, S.Ag., M.M., Ketua RT yang baru tersebut, berdasarkan hasil pemilihan warga masyarakat sertempat, yang dilaksanakan secara demokrasi, bertempat di SMP Islam Terpadu (SMP IT), hari Minggu, 24 Juli 2011.

Dijelaskan pula, pemilihan Ketua RT tersebut, diikuti oleh 6 orang calon, yakni Aos Rosadi, Fajar Hidayat, Parjo, Saepulloh, Dedi Sutarji, dan Majid Zaelani. Dari ke-6 orang calon tersebut, Aos Rosadi memperoleh suara terbanyak, yakni 21 suara. Sedangkan calon lainnya, hanya memperoleh suara, antara 2 sampai dengan 14 suara.

Dalam kesempatan tersebut, Lurah Selabatu menandaskan, bahwa para calon yang dapat dipilih untuk menjadi pengurus RT dan RW di Kota Sukabumi, selain harus penduduk setempat, juga harus memenuhi persyaratan. Hal tersebut sesuai dengan Pasal 9 Ayat 1 Peraturan Walikota Sukabumi, Nomor 27 Tahun 2009, Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembentukan dan Buku Administrasi RW dan RT di Kota Sukabumi.

Adapun masa bhakti pengurus RW dan RT di Kota Sukabumi, sesuai dengan Peraturan Walikota Sukabumi tersebut, dalam setiap periodenya hanya 3 tahun, terhitung sejak ditetapkannya melalui Surat Keputusan Lurah, serta dapat dipilih kembali untuk periode berikutnya.

Lurah Selabatu berharap kepada Ketua RT 5 RW 3 Rawasalak terpilih, agar senantiasa melakukan kerja sama dan koordinasi secara optimal dengan aparat pemerintah, pengurus RT dan RW lainnya, serta dengan para alim ulama, tokoh masyarakat dan pemuda setempat, khususnya dalam setiap mengambil kebijakan, yang akan digulirkan di wilayahnya.

Selain itu, juga agar senantiasa berupaya secara optimal, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada segenap lapisan warga masyarakat dalam berbagai bidang, baik dalam bidang pemerintahan, maupun dalam bidang pembangunan dan kemasyarakatan.

 
Jumat, 8 Juli 2011
H GUNDAR KOLYUBI KETUA DPD KNPI KOTA SUKABUMI PERIODE TAHUN 2011-2014
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

H. Gundar Kolyubi, S.Pdi., terpilih menjadi Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi periode tahun 2011-2014, pada Musyawarah Kota (Muskot) XII DPD KNPI Kota Sukabumi Tahun 2011, hari Kamis, 7 Juli 2011, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi. Pelaksanaan Muskot yang dibuka secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si. ini, dihadiri Ketua DPD KNPI Provinsi Jawa Barat, Husni Farhani Mubarak, dan seluruh pengurus OKP se Kota Sukabumi.

Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si. menandaskan, siapapun yang terpilih menjadi Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi periode tahun 2011-2014 ini, harus diakui dan didukung oleh seluruh jajaran pengurus dan anggota OKP se Kota Sukabumi. Karena figur yang terpilih menjadi Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi periode tahun 2011-2014 ini, berdasarkan hasil musyawarah dan kesepakatan bersama, yang dilaksanakan secara demokrasi dalam Muskot XII DPD KNPI Kota Sukabumi Tahun 2011.

Selain itu, Walikota Sukabumi menghimbau seluruh jajaran pengurus dan anggota OKP se Kota Sukabumi, agar senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan, serta kebersamaan dan kekompakan, supaya berbagai program dan kegiatan kepemudaan di Kota Sukabumi, dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sementara Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi periode tahun 2011-2014, H. Gundar Kolyubi, S.Pdi. menjelaskan, pihaknya akan berupaya optimal membawa KNPI, beserta OKP dan Ormas yang ada di Kota Sukabumi, untuk senantiasa bersatu padu. Karena soliditas dan sinergitas antara KNPI dengan Pemerintah Kota Sukabumi dan DPRD Kota Sukabumi, termasuk dengan setiap OKP dan Ormas yang ada di Kota Sukabumi, merupakan kunci keberhasilan dalam melaksanakan berbagai bidang pembangunan, khususnya pembangunan bidang kepemudaan di Kota Sukabumi.

Selain itu, pihaknya juga berjanji akan merubah KNPI Kota Sukabumi, ke arah yang lebih baik lagi. Menyinggung program jangka pendek yang akan dilaksanakan, seperti dikatakan Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi periode tahun 2011-2014, diantaranya bersilaturahmi ke setiap OKP dan Ormas yang ada di Kota Sukabumi, termasuk ke DPRD Kota Sukabumi, dan ke Pemerintah Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, untuk mendapatkan berbagai masukan bagi KNPI, guna menunjang kelancaran dan keberhasilan, dalam menjalankan berbagai program pembangunan, khususnya pembangunan bidang kepemudaan di Kota Sukabumi.

 
Rabu, 29 Juni 2011
TIGA CALON KETUA DPD KNPI LAKUKAN PENANDATANGANAN KESEPAKATAN BERSAMA
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Menjelang pelaksanaan Musyawarah Kota (Muskot) XII DPD KNPI Kota Sukabumi, yang menurut rencana akan dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 2011 mendatang, tiga orang calon Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi periode tahun 2011-2014, melakukan penandatanganan kesepakatan bersama, di Sekretariat DPD KNPI Kota Sukabumi, hari Minggu, 26 Juni 2011.

Sedangkan penandatangan kesepakatan bersama tersebut, disaksikan oleh Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi, Abdul Manan, S.Ag., unsur Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Sukabumi, Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Linmas Kota Sukabumi, serta jajaran pengurus DPD KNPI Kota Sukabumi.

Ketua Panitia Muskot XII DPD KPNI Kota Sukabumi, Yayan Mulyana menjelaskan, pelaksanaan penandatangan kesepakatan bersama, yang dilakukan oleh para calon Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi periode tahun 2011-2014 ini, bertujuan untuk mempersatukan ketiga calon ketua tersebut, supaya dalam pelaksanaan Muskot, tidak ada permasalahan atau perselisihan, dari ketiga calon ketua tersebut. Dengan demikian, pelaksanaan Muskot XII DPD KPNI ini, berjalan lancar, aman dan tertib. Dijelaskan pula, pada awalnya, yang mencalonkan Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi periode tahun 2011-2014 ini, seluruhnya berjumlah 8 orang. Namun setelah melalui proses verifikasi, yang lolos hanya 3 orang. Selain itu, ketiga calon tersebut sudah melalui berbagai tahapan, sesuai dengan aturan yang berlaku.

Adapun ketiga calon Ketua DPD KNPI tersebut, terdiri dari H. Gundar Kolyubi, S.Pdi., dari PK KNPI Cikole, Rahmat Hidayat, S.Pdi., Wakil Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi Bidang Ekonomi, dan Hendi Wiryadi alias Comen, Sekretaris MPC PP Kota Sukabumi. Dikatakannya, ketiga calon ketua tersebut, akan memperebutkan 70 suara. Antara lain, 61 suara dari unsur OKP, 1 suara dari DPD KNPI, 7 suara PK KNPI Kecamatan, serta 1 suara dari unsur Majelis Pemuda Indonesia (MPI).

Ketua Panitia Muskot XII DPD KPNI Kota Sukabumi mengharapkan, siapapun yang terpilih menjadi Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi periode tahun 2011-2014, dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, khususnya dalam membangun, sekaligus memperkokoh dan memberdayakan kepemudaan di Kota Sukabumi, dalam berbagai bidang.

 
Rabu, 15 Juni 2011
KETUA UMUM DPP PDI PERJUANGAN UCAPKAN TERIMAKASIH KEPADA PEMKOT SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Hajah Megawati Soekarno Puteri, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, yang telah memberi izin pembangunan Rumah Sakit Pelita Rakyat, di Kota Sukabumi.

Ucapan terimakasih Ketua Umum DPP PDI Perjuangan tersebut, disampaikan saat meresmikan Rumah Sakit Pelita Rakyat Non Kelas, tepatnya di wilayah Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, serta Kantor Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kecamatan Baros Kota Sukabumi, di Perumahan Baros Kencana, Kelurahan Baros, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, hari Selasa, 14 Juni 2011.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, Doktor H. Mulyono, M.M., Anggota Komisi IX DPR RI, Ribka Tjiptaning, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Kota Sukabumi, Iwan Kustiawan, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, unsur Muspika Lembursitu, dan undangan lainnya.

Dikatakannya, pembangunan rumah sakit tersebut, bukan hanya merupakan bentuk nyata kepedulian dan sumbangan dari PDI Perjuangan saja, akan tetapi juga mendapat dukungan dari partai-partai politik lainnya. Untuk itu, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada Pemerintah Kota Sukabumi, yang telah memberi izin pembangunan rumah sakit tersebut, di Kota Sukabumi.

Dikatakan pula, pembangunan rumah sakit tersebut, bukan untuk kepentingan PDI Perjuangan saja, akan tetapi untuk kepentingan semua pihak, yakni untuk kepentingan segenap lapisan warga masyarakat. Selain itu, juga merupakan bentuk nyata kepedulian dan sumbangan PDI Perjuangan kepada pemerintah, khususnya kepada Pemerintah Kota Sukabumi, dalam memberikan sekaligus meningkatkan pelayanan kesehatan, kepada segenap lapisan warga masyarakat.

 
Jumat, 10 Juni 2011
KETUA BARU DKM ATTOYYIBAH RW 2 BENTENG AKAN MAKMURKAN MASJID
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua baru Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Attoyyibah RW 2, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, H. Hafidin menandaskan, pihaknya dan jajarannya, akan senantiasa berupaya optimal memakmurkan masjid, dengan berbagai kegiatan keagamaan. Diantaranya sholat berjamaah 5 waktu, pengajian rutin bapak-bapak, ibu-ibu dan remaja, serta kegiatan Peringatan Hari-hari Besar Islam (PHBI), seperti Isro Miraj dan Maulid Nabi.

Penandasan Ketua baru DKM Attoyyibah RW 2 Kelurahan Benteng ini, disampaikan saat memperkenalkan diri kepada para jamaah masjid tersebut, sesaat sebelum melaksanaan Sholat Jumat, tepatnya pada hari Jumat, 10 Juni 2011.

Ditandaskan pula, selain akan senantiasa berupaya optimal memakmurkan masjid, pihaknya juga saat ini sedang melakukan berbagai penataan sarana dan prasarana masjid, seperti penataan shaf untuk sholat, pengadaan sajadah dan sebagainya.

Sedangkan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, diantaranya Peringatan Isro Miraj Nabi Besar Muhammad, yang dijadualkan berlangsung pada hari Rabu malam, tanggal 15 Juni 2011, pekan depan. Adapun yang akan bertindak sebagai penceramah dalam peringatan tersebut, menurut rencana yakni Bripka K.H. Jujun Junaedi, S.Pdi., dari Polres Sukabumi Kota.

Dikatakannya, berbagai program tersebut, bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar, apabila ditangani secara terpadu dan bersama-sama oleh semua pihak, khususnya oleh jajaran pengurus DKM, jajaran pengurus RW dan RT, para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan Pemuda, umumnya oleh seluruh jamaah masjid Attoyyibah.

Untuk itu, Ketua baru DKM Attoyyibah RW 2 Kelurahan Benteng, mengajak semua pihak, agar senantiasa bersatu padu dan bersama-sama, khususnya dalam melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan. Maksud dan tujuannya, selain untuk memakmurkan masjid ini, juga untuk meningkatkan kesejahteraan, ketenangan dan kenyamanan para jamaah, terutama dalam menjalankan ibadah.

Menyinggung kegiatan yang belum lama ini telah selesai dilaksanakan, menurut Ketua baru DKM Attoyyibah RW 2 Kelurahan Benteng, diantaranya pelaksanaan perbaikan dan pelebaran fisik bangunan masjid Attoyyibah. Dikatakannya, pelaksanaan perbaikan dan pelebaran fisik bangunan masjid tersebut, dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hal tersebut dapat terwujud, karena ditangani secara terpadu dan bersama-sama oleh semua pihak.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ketua baru DKM Attoyyibah RW 2 Kelurahan Benteng, atas nama jajaran pengurus DKM yang baru dan yang lama, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, atas keterpaduan dan kebersamaannya, serta bantuannya baik berupa moril maupun materil. Karena dengan demikian, pelaksanaan perbaikan dan pelebaran masjid tersebut dapat terwujud, serta berjalan dengan baik dan lancar.

Diharapkannya, berbagai bantuan baik berupa moril maupun materil, khususnya dalam pelaksanaan perbaikan dan pelebaran masjid tersebut, senantiasa dijadikan lumbung amal sholeh, serta mendapat balasan berlipat ganda dari Allah Taalla.

 
Rabu, 18 Mei 2011
KETUA UMUM RAPI LOKAL 4 SUKABUMI KOTA PERIODE TAHUN 2011-2013
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Pimpinan Pandepokan Pancaroba Kelurahan Nangeleng, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Ayi Suryadi, untuk kedua kalinya terpilih menjadi Ketua Umum Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Lokal 4 Sukabumi Kota, periode tahun 2011-2013.

Terpilihnya kembali Pimpinan Pandepokan Pancaroba Kota Sukabumi menjadi Ketua Umum RAPI Lokal 4 Sukabumi Kota tersebut, berdasarkan hasil Musyawarah RAPI Lokal 4 Sukabumi Kota, yang dilaksanakan pada hari Selasa, 17 Mei 2011, bertempat di Pandepokan Pancaroba, tepatnya di Jalan Sikib Cijangkar, Kelurahan Nangeleng, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi.

Dalam musyarawarah yang berlangsung aman dan tertib ini, Pimpinan Pandepokan Pancaroba Kota Sukabumi tersebut, terpilih kembali menjadi Ketua Umum RAPI Lokal 4 Sukabumi Kota, periode tahun 2011-2013, mengalahkan 5 orang kandidat lainnya, yakni memperoleh 12 suara, yang diberikan oleh 17 perwakilan, yang memiliki hak suara.

Pada kesempatan tersebut, Pimpinan Pandepokan Pancaroba Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, khususnya kepada seluruh Anggota RAPI Lokal 4 Sukabumi Kota, dan Anggota Padepokan Pancaroba Kota Sukabumi, yang telah memilih dan memberikan kepercayaan kembali kepada dirinya, untuk kembali menjadi Ketua Umum RAPI Lokal 4 Sukabumi Kota, periode tahun 2011-2013.

Selain itu, Pimpinan Pandepokan Pancaroba Kota Sukabumi tersebut mengharapkan, agar kepercayaan dan amanah yang diberikan oleh seluruh Anggota RAPI Lokal 4 Sukabumi Kota, dan Anggota Padepokan Pancaroba Kota Sukabumi ini, dapat dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan harapan semua pihak.

Untuk itu, dirinya akan senantiasa berupaya optimal melanjutkan dan merealisasikan seluruh program dengan baik, yang telah disusun dan ditetapkan bersama, termasuk memperbaiki dan meningkatkan berbagai kekurangan, yang belum sempat diperbaiki dan ditingkatkan oleh kepengurusan sebelumnya.

Adapun program dan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, menurut Ketua Umum RAPI Lokal 4 Sukabumi Kota, diantaranya melaksanaan pelantikan terhadap seluruh jajaran pengurus RAPI Lokal 4 Sukabumi Kota, periode tahun 2011-2013. Sedangkan mengenai waktu dan tempat, termasuk jajaran kepengurusannya, akan ditentukan dalam waktu dekat ini.

 
Kamis, 12 Mei 2011
KETUA BNK KOTA DAN KABUPATEN SUKABUMI TOLAK LEGALISASI GANJA
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Badan Narkotika (BNK) Kota Sukabumi, Doktor H. Mulyono, M.M. dan Ketua BNK Kabupaten Sukabumi, Drs. H. Akhmad Jajuli, M.Pd., sepakat menolak wacana legalisasi pohon Ganja. Adapun yang menjadi alasan kedua Ketua BNK menolak wacana legalisasi pohon tersebut, karena banyaknya desakan dari berbagai komponen warga masyarakat, khususnya dari para alim ulama, agar pemerintah tidak melegalkan pohon Ganja. Sebab jenis pohon tersebut, termasuk jenis Narkoba, yang keberadaannya harus tetap dilarang dan diharamkan, kecuali untuk pengobatan, itupun harus sesuai dengan kebutuhan dan prosedur yang berlaku.

Ditandaskannya, para pengedar dan penguna Narkotika di Kota dan Kabupaten Sukabumi, dalam setiap tahunnya senantiasa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan berdasarkan persentase di Tingkat Jawa Barat, Kota dan Kabupaten Sukabumi, saat ini menempati urutan lima besar. Terlebih apabila pohon Ganja dilegalkan, pasti akan menjadi peluang sekaligus meningkatkan angka peredaran dan pemakaian Narkotika, di setiap daerah di Indonesia, termasuk di Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Ditandaskan pula, potensi peredaran dan penggunaan Narkotika di Kota dan Kabupaten Sukabumi, merupakan ladang empuk bagi para pengedar dan pemakai barang haram tersebut, terutama di Kabupaten Sukabumi. Karena Kabupaten Sukabumi memiliki wilayah yang sangat luas, sehingga menyulitkan aparat dinas-instansi terkait, untuk melakukan pengawasan dan pengamanan secara optimal.

Ketua BNK Kota dan Kabupaten Sukabumi juga mengatakan, apabila pohon Ganja dilegalkan, dapat mengakibatkan para pemuda dan remaja keranjingan menghisap Ganja. Selain itu, apabila pohon tersebut dilegalkan, akan merusak masa depan generasi bangsa. Karena di negara mana pun, pohon tersebut termasuk kategori Narkotik.

Diungkapkannya, tanpa dilegalkan pun, Ganja sudah merusak mental generasi muda. Sebab bagi para pemuda dan remaja yang sudah keranjingan menghisap Ganja, menjadi tidak peduli terhadap lingkungan, termasuk kepada orang tua, keluarga, guru, agama dan orang lain. Diungkapkan pula, sejumlah aktivis dari Lingkar Ganja Nusantara (LSN), beberapa waktu yang lalu telah menggelar aksi, agar pohon Ganja dilegalkan di Indonesia. Adapun yang menjadi alasannya, karena Ganja memiliki berbagai manfaat, seperti dalam bidang medis dan bahan baku kertas.

 
Selasa, 10 Mei 2011
KETUA PDDI JABAR LANTIK PENGURUS PDDI KOTA SUKABUMI TAHUN 2009-2014
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) atau Indonesian Blood Donors Association Daerah Provinsi Jawa Barat (Jabar), H. Syafik Umar, hari Selasa, 10 Mei 2011, bertempat di Ruangan Pertemuan Setda Kota Sukabumi, secara resmi melantik jajaran pengurus PDDI Cabang Kota Sukabumi, masa bhakti tahun 2009-2014. Pelantikan jajaran pengurus PDDI Cabang Kota Sukabumi tersebut, diawali pembacaan Surat Keputusan (SK) Pengurus Besar (PB) PDDI Pusat, oleh Bidang Umum PDDI Daerah Provinsi Jawa Barat, H. Sudaryo.

Adapun jajaran pengurus PDDI Cabang Kota Sukabumi yang dilantik tersebut, terdiri dari Pelindung, Walikota Sukabumi, Penasehat, Wakil Walikota Sukabumi, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Sukabumi, dan Kepala Unit Transpusi Darah Cabang (UTDC) PMI Kota Sukabumi.

Selanjutnya Ketua, Drs. Ipin Syaripin, M.Si., Wakil Ketua, H. Dede S, S.H., Sekretaris, Erwin Hendarwin, SE., MBA., Wakil Sekretaris, Feri Priatna, S.Pd., Bendahara. Sow Tjo Tjin, dan Wakil Bendahara, Hajah Siska.

Kemudian Seksi Infokom, H. Oscar Lesnusa, SH., MM., Hilman M, dan Yuna Yuniar, Seksi Dana, Insinyur H. Fifi Kusumajaya, MM., Sudirman Mualim, dan Eddy Susanto, Seksi Organisasi, Dokter Suyana, MM., Dokter Wahyu, dan Joko Kristianto, serta Seksi Umum, Thian Cun Sian alias Acun, Yana, Wawan, dan Udin Samsudin.

Pada kesempatan tersebut, Ketua PDDI Daerah Provinsi Jawa Barat, melakukan penanda-tanganan naskah pelantikan, penyematan pin, dan penyerahan pataka kepada Ketua PDDI Cabang Kota Sukabumi. Selain itu, juga menyerahkan cindera mata, berupa plakat kepada Walikota Sukabumi, unsur Muspida, Kepala Setukpa Lemdikpol, Ketua Tim Penggerak PKK, dan Ketua PDDI Cabang Kota Sukabumi.

Usai melantik jajaran pengurus PDDI Cabang Kota Sukabumi, Ketua PDDI Daerah Provinsi Jawa Barat, beserta jajaran pengurus PDDI Cabang Kota Sukabumi, unsur Muspida, Kepala Setukpa Lemdikpol, Ketua Tim Penggerak PKK, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Unit Transpusi Darah Cabang (UTDC) PMI Kota Sukabumi, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Sukabumi, Anggota Donor Darah Sukarela (DDS), Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, dan undangan lainnya, melakukan peninjauan pelaksanaan donor darah siswa SMA, SMK dan MA, yang dilaksanakan di salah satu ruangan, tepatnya di samping sebelah selatan Ruangan Pertemuan Setda Kota Sukabumi.

Ketua PDDI Cabang Kota Sukabumi, Drs. Ipin Syaripin, M.Si. menjelaskan, dilaksanakannya donor darah siswa SMA, SMK dan MA tersebut, merupakan realisasi dari program Donor Darah Siswa (Doris), dan Donor Darah Mahasiswa (Dorem) di Kota Sukabumi.

 
Rabu, 4 Mei 2011
WALIKOTA SEMARANG KAGUM ATAS KEPEMIMPINAN WALIKOTA SUKABUMI SELAKU KETUA APEKSI PERIODE 2009-2011
Reporter : DENDAYASA, S.IP
 


Walikota Sukabumi H. Mokh. Muslikh. Abdussyukur akhirnya meng-estapetkan jabatannnya sebagai ketua Komisariat Wilayah (Muskomwil) III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) kepada Walikota Semarang Jawa Tengah, H. Sumarno untuk masa periode 2011-2014. Dalam Perhelatan Musyawarah Korwil III Apeksi, di Kota Bekasi (5/05) kemarin, tepatnya di ruang Pertemuan disalah satu Hotel Berbintang di Bekasi. Dimana kegiatan itu dibuka dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Lex Laksmana mewakili Gubernur Jawa Barat.
Walikota Semarang Jawa Tengah, H. Sumarno mengungkapkan dirinya merasa kagum selama kepemimpinan Muslikh Abdusyukur. Apeksi Komwil III banyak meraih prestasi. Diantaranya berhasil meraih penghargaan dari sisi evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang lakukan Kementerian Dalam Negeri RI pada Hari Otonomi Daerah. Kepada Ke 7 kota yang tergabung dalam Komwil II Apeksi diantaranya, Kota Surakarta, Kota Semarang, Kota Banjar, Kota Yogyakarta, Kota Cimahi, Kota Sukabumi dan Kota Bogor.
Dari 25 Walikota yang tergabung dalam Apeksi Komwil III dari 5 propinsi, hanya 18 Walikota yang hadir sedangkan sisanya beralasan datang dan hanya mewakili karena ada kegiatan dinas. Agenda Muskomwil III Apeksi selama 3 hari tersebut, selain memilih ketua baru juga membahas beberapa permasalahan aktual seperti pengimplementasian tata ruang kota. Adapun tema yang diusulkan Melalui Muskomwil III Apeksi Tahun 2011 Kita Tingkatkan Kerjasama Implementasi Tata Ruang Menuju Kemandirian Daerah.
Walikota Sukabumi H. Mokh. Muslikh. Abdussyukur mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih kepada dukungan semua Walikota yang tergabung dalam Apeksi Komwil III dan para staf serta DPRD Kota Sukabumi yang telah membantu selama bertugas sebagai ketua Apeksi Komwil III periode 2008-2011. “Saya tidak mungkin mencalonkan lagi karena masa kerja sebagai ketua Apeksi 3 tahun, sedangkan jabatan saya sebagai Walikota Sukabumi tinggal 2 tahun lagi. Saya juga setuju dengan terpilihnya saudara Sumarno menjadi pengganti saya kedepan, selain masa jabatannya 5 tahun lagi dan masih muda serta mempunyai visi yang bagus,” katanya saat ditemui usai kegiatan.
Dijelaskan Muslikh, dengan terpilihnya dirinya menjabat sebagai ketua Apeksi Komwil III periode 2008-2011 secara tidak langsung sebagai penghargaan terhadap Pemerintah Kota Sukabumi dan diperhitungkan sehingga prestasi yang diraih oleh Kota Sukabumi dapat dikenal daerah-daerah lain. Karena bagaimanapun mereka tahu prestasi pendidikan, kesehatan, Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) serta Laporan Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) di Kota Sukabumi seperti apa.
Bahkan sebagai bentuk apresiasi kepada 7 kota yang tergabung sebagai anggota Apeksi Komwil III yang berhasil meraih penghargaan dari sisi evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri RI pada Hari Otonomi Daerah XV di Kota Bogor beberapa waktu lalu, Komisariat Apeksi wilayah III memberikan penghargaan berupa piagam. Ke 7 kota tersebut diantaranya, Kota Surakarta, Kota Semarang, Kota Banjar, Kota Yogyakarta, Kota Cimahi, Kota Sukabumi dan Kota Bogor.
Lebih lanjut Muslikh mengungkapkan, kedepan seluruh kota yang tergabung dalam Apeksi Komwil III dapat bersinergi dan saling sharing untuk mengadopsi program apa saja yang bisa diterapkan di wilayahnya masing-masing. “Sehingga nantinya program yang kita keluarkan bukan hanya bermanfaat untuk kota kita saja, melainkan juga bisa diadopsi oleh daerah lain,” ungkapnya. Muslikh berharap, agar ketua Apeksi Komwil III yang baru terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan ada kemajuan yang cukup signifikan.

 
Kamis, 28 April 2011
WAKIL KETUA KADIN JAWA BARAT INGATKAN PARA PELAKU UKM
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat, Iwan Gunawan, mengingatkan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kota dan Kabupaten Sukabumi, terhadap rencana pembangunan Jalan Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi (Bocimi). Karena apabila jalan bebas hambatan tersebut sudah dioperasikan, selain akan menjadi peluang juga dapat menjadi masalah, yakni para pelaku UKM Kota dan Kabupaten Sukabumi, akan menjadi penonton di rumahnya sendiri.

Hal tersebut dialami oleh para pelaku UKM di Bandung, setelah dibuka dan dioperasikannya Jalan Tol, para pelaku UKM tersebut menjadi penonton di rumahnya sendiri. Karena para pelaku UKM yang menguasai bisnis di Bandung, setelah dibuka dan dioperasikannya Jalan Tol berasal dari luar daerah Bandung. Ancaman tersebut, bisa saja terjadi kepada para pelaku UKM Kota dan Kabupaten Sukabumi, apabila Jalan Tol Bocimi telah dibuka dan dioperasikan.

Peringatan Wakil Ketua Kadin Jawa Barat tersebut, disampaikan saat memberi materi Pelatihan Indigopreneur UKM, yang berlangsung di Hotel Taman Sari Kota Sukabumi, baru-baru ini. Dijelaskannya, proses pembangunan jalan Tol Bocimi tersebut, saat ini sedang dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Dijelaskan pula, dalam waktu dekat ini, pembangunan Jalan Tol Bocimi tersebut akan segera dimulai, setelah proses pembebasan lahan selesai. Untuk itu, sebelum dibuka dan dioperasikannya Jalan Tol tersebut, para pelaku UKM Kota dan Kabupaten Sukabumi agar mempersiapkan diri, guna menghadapi persaingan usaha.

Wakil Ketua Kadin Jawa Barat menandaskan, apabila para pelaku UKM Kota dan Kabupaten Sukabumi tidak mempersiapkan diri dari sekarang, setelah dibuka dan dioperasikannya Jalan Tol tersebut, dihawatirkan akan menjadi penonton di rumahnya sendiri. Karena akan kalah bersaing oleh para pelaku usaha, yang datang dari luar daerah Kota dan Kabupaten Sukabumi. Berkaitan dengan hal tersebut, Pelatihan Indigopreneur UKM ini, supaya dijadikan bekal dan acuan, khususnya dalam menghadapi rencana pembangunan Jalan Tol Bocimi.

Ditandaskan pula, apabila para pelaku UKM Kota dan Kabupaten Sukabumi sudah mempersiapkan diri dari sekarang, setelah dibuka dan dioperasikannya Jalan Tol tersebut, para pelaku UKM Kota dan Kabupaten Sukabumi, tidak akan kalah bersaing oleh para pelaku UKM yang datang dari luar daerah Kota dan Kabupaten Sukabumi.

 
Rabu, 20 April 2011
KETUA DWP KOTA SUKABUMI KUKUHKAN PARA KETUA DWP UNIT SE KOTA SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Sukabumi, Hajah Esih Muraz, mengukuhkan para Ketua DWP Unit se Kota Sukabumi, masa bhakti tahun 2009-2014. Pengukuhan para Ketua DWP tersebut, dilakukan pada acara Pertemuan Rutin DWP Kota Sukabumi, hari Rabu, 20 April 2011, bertempat di Ruangan Pertemuan Setda Kota Sukabumi.

Adapun para Ketua DWP Unit se Kota Sukabumi yang dikukuhkan tersebut, terdiri dari DWP Setda Kota Sukabumi, DWP Disduk Capil, DWP Inspektorat, DWP Bappeda, DWP Kantor Kesbangpol dan Linmas, DWP Sekretariat DPRD, DWP DPPKAD, DWP Dipenda Provinsi, DWP Dinas Pendidikan, DWP Disporabudpar, DWP DPKP, dan DWP DP-4.

Kemudian DWP PDAM TBW, DWP RSUD R. Syamsudin, S.H., DWP Lapas Kelas II B Nyomplong Sukabumi, DWP DPU, DWP KLH, DWP KPMPT, DWP BBPBAT, DWP Dinas Perhubungan, DWP Dinsostek PB, DWP Kantor Kementerian Agama, DWP Diskopperindag, DWP BPMPKB, DWP BPS, dan DWP Kantor BPN.

Selanjutnya DWP Kantor Perpustakaan Umum Daerah, DWP BKD, DWP Kantor PDE, Arsip Daerah dan Humas, DWP Satpol PP, DWP Kecamatan Citamiang, DWP Kecamatan Cikole, DWP Kecamatan Gunungpuyuh, dan DWP Kecamatan Warudoyong (Ciciguwa), serta DWP Kecamatan Baros, DWP Kecamatan Cibeureum, dan DWP Kecamatan Lembursitu (Bacile).

Usai mengukuhkan para Ketua DWP tersebut, Ketua DWP Kota Sukabumi, Hajah Esih Muraz berharap, agar para Ketua DWP tersebut, senantiasa berupaya optimal melakukan pembinaan kepada seluruh jajaran pengurus dan anggota di masing-masing DWP Unit-nya, dalam berbagai bidang pengetahuan dan keterampilan. Dengan demikian, seluruh jajaran pengurus dan anggota DWP di Kota Sukabumi, memiliki pengetahuan, wawasan, kemampuan dan keterampilan yang mumpuni dalam berbagai bidang, sesuai dengan visi dan misi DWP Kota Sukabumi.

 
Selasa, 12 April 2011
KETUA STIKES KOTA SUKABUMI YANG BARU AGAR SEGERA LAKUKAN KOORDINASI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Kota Sukabumi yang baru, agar segera melakukan koordinasi, baik secara internal maupun eksternal. Hal tersebut disampaikan Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., saat memberi sambutan pada acara pelantikan Ketua STIKES Kota Sukabumi yang baru, H. Sanusi Harjadireja, M.Pd., menggantikan Ketua STIKES Kota Sukabumi yang lama, Diding Permadi, karena telah pensiun, bertempat di Graha Qolbun Salim Kota Sukabumi, hari Senin, 11 April 2011.

Diharapkannya, STIKES Kota Sukabumi ke depan harus ada perubahan yang cukup signifikan. Karena Ketua STIKES Kota Sukabumi yang baru ini, telah lama berkecimpung di dunia pendidikan. Dengan demikian, menurut Walikota Sukabumi, tidak akan sulit meningkatkan dan mengembangkan STIKES Kota Sukabumi, ke arah yang lebih baik, lebih maju dan lebih berprestasi.

Walikota Sukabumi mengatakan, untuk meningkatkan dan mengembangkan STIKES Kota Sukabumi, diantaranya bisa ditempuh dengan menambah jurusan baru. Karena biar bagaimana pun, STIKES Kota Sukabumi ini harus dapat mengakomodir sekaligus merealisasikan berbagai harapan, aspirasi, tuntutan dan kebutuhan warga masyarakat.

Sementara Ketua STIKES Kota Sukabumi yang baru, H. Sanusi Harjadireja, M.Pd. menjelaskan, langkah awal yang akan dilakukan pihaknya, yakni melakuakn koordinasi, baik secara internal maupun eksternal, diantaranya dengan melihat program apa saja yang telah dan yang belum dilakukan oleh pihak STIKES Kota Sukabumi.

Menyinggung rencana penambahan jurusan baru, menurut Ketua STIKES Kota Sukabumi yang baru, bukan merupakan hal yang mudah. Karena untuk menambah jurusan baru salah satu Perguruan Tinggi (PT), harus dibarengi dengan berbagai persyaratan yang telah ditetapkan, diantaranya dengan dilengkapi infrastruktur yang memadai.

Hadir dalam kesempatan tersebut, unsur Muspida, Pimpinan dan Anggota DPRD, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat dan Lurah, para Ketua PT, para Pembantu Ketua, Dosen dan Mahasiswa STIKES Kota Sukabumi, serta Insan Pers dan undangan lainnya.

 
Senin, 28 Maret 2011
SIAPAPUN YANG MENJADI KETUA DPD KNPI HARUS BISA PAJUKAN KOTA SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Wakil Walikota Sukabumi, Doktor H. Mulyono, M.M. berharap, siapapun yang menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kota Sukabumi, yang akan dilaksanakan pada Musyawarah DPD KNPI Kota Sukabumi mendatang, harus bisa memajukan KNPI dan Kota Sukabumi.

Harapan Wakil Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan usai membuka Rapat Kerja Ke II DPD KNPI Kota Sukabumi, bertempat di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi, baru-baru ini. Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPD KNPI Jawa Barat, Husni Fahroni Mubarok, jajaran pengurus dan anggota DPD KNPI Kota Sukabumi, serta undangan lainnya.

Wakil Walikota Sukabumi juga berharap, Rapat Kerja Ke II DPD KNPI Kota Sukabumi ini, dapat dijadikan ajang dan wahana, khususnya dalam mengevaluasi berbagai program DPD KNPI Kota Sukabumi, baik yang telah maupun yang akan dilaksanakan. Selain itu, DPD KNPI Kota Sukabumi, juga harus bisa mengawal Visi Pembangunan Kota Sukabumi, serta Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi. Yang tidak kalah penting, eksistensi DPD KNPI Kota Sukabumi ini, harus bisa dirasakan oleh segenap lapisan warga masyarakat, serta harus memiliki terobosan dan ide-ide, khususnya yang dapat memajukan Kota Sukabumi, dalam berbagai bidang pembangunan.

Dalam pada itu, Ketua DPD KNPI Jawa Barat, Husni Fahroni Mubarok mengharapkan, munculnya sejumlah nama yang mencalonkan untuk maju menjadi Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi, seluruh pengurus dan anggota DPD KNPI Kota Sukabumi harus lebih solid, terutama dalam menjaga kekompakan dan kebersamaan, serta persatuan dan kesatuan. Jangan sampai dengan banyaknya yang mencalonkan untuk maju menjadi Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi ini, menimbulkan perbedaan dan perpecahan di tubuh KNPI sendiri.

Sementara Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi, Abdul Manan, S.Ag. mengungkapkan, yang mencalonkan untuk maju menjadi Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi, tepatnya pada Musyawarah DPD KNPI Kota Sukabumi mendatang, seluruhnya berjumlah 8 orang. Namun setelah dilakukan verifikasi, jumlah yang mencalonkan untuk maju mejadi Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi ini, berkurang menjadi 4 orang.

Untuk itu, Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi menghimbau kepada seluruh pengurus dan anggota DPD KNPI Kota Sukabumi, termasuk yang mencalonkan untuk maju menjadi Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi, agar senantiasa bersama-sama menjaga kesolidan, kekompakan dan kebersamaan, serta persatuan dan kesatuan. Maksud dan tujuannya, untuk menjaga citra dan ketangguhan, serta kelancaran dan keberhasilan DPD KNPI Kota Sukabumi, khususnya dalam menjalankan program dan roda organisasi.

 
Senin, 31 Januari 2011
KETUA RW DAN RT YANG MENINGGAL DUNIA DAPAT BANTUAN UANG DUKA
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Para Ketua serta Mantan Ketua RW dan RT Non PNS yang meninggal dunia, mendapat bantuan uang duka dari Pemerintah Kota Sukabumi, masing-masing sebesar 1 juta 500 ribu rupiah. Bantuan uang duka tersebut, mulai berlaku sejak tanggal 1 Januari 2009, sesuai dengan Keputusan Walikota Sukabumi Nomor 152 Tahun 2008, tentang pemberian bantuan uang duka kepada Ketua serta Mantan Ketua RW dan RT Non PNS di Kota Sukabumi yang meninggal dunia.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T., didampingi Kasubbag Perangkat Daerah Kecamatan dan Kelurahan Bagian Tapem Setda Kota Sukabumi, Fitria Kusnaningsih, S.STP. menjelaskan, diberikannya bantuan uang duka tersebut, sebagai bentuk perhatian pihak Pemerintah Kota Sukabumi kepada para Ketua serta Mantan Ketua RW dan RT, atas peran serta dan partisipasinya, dalam mendukung pemerintahan, pembangunan dan kemasyaratan. Dijelaskan pula, bantuan uang duka tersebut, diberikan kepada ahli warisnya.

Adapun syarat-syarat bagi ahli waris untuk mendapatkan uang duka tersebut, antara lain membawa salinan Surat Keterangan Kematian dari kelurahan setempat, Surat Keputusan Pengangkatan Menjadi Ketua RW atau RT, Kartu Tanda Pengenal KTP atau SIM almarhum atau almarhumah, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Pengenal KTP atau SIM ahli waris suami, isteri, dan anak, serta materai 6.000 sebanyak 1 lembar. Bantuan uang duka tersebut, dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Sukabumi.

Ditandaskannya, Bagian Tapem Setda Kota Sukabumi selaku Pembina RW dan RT, memfasilitasi pelaksanaan pemberian uang duka tersebut, yang dikoordinasikan dengan Kepala Bagian Administrasi Kesra Setda Kota Sukabumi, khususnya dalam melakukan persiapan, pemantauan, pengolahan dan penyaluran bantuan, serta langkah-langkah lainnya yang dianggap perlu.

Namun sesuai dengan perkembangan yang senantiasa bergulir dan berubah, para Ketua RW dan RT Non PNS yang masih aktif, terhitung mulai bulan Oktober 2010, oleh Pemerintah Kota Sukabumi diasuransikan melalui Asuransi Bumiputera Sukabumi, berupa Asuransi Kematian dan Kecelakaan. Adapun Ketua RW yang diasuransikan tersebut, seluruhnya berjumlah 351 orang, dan Ketua RT berjumlah 1.508 orang.

Menyinggung Ketua RW dan RT yang telah mendapat klaim asuransi kematian pada periode Oktober 2010-2011, hingga saat ini berjumlah 3 orang, yakni Ketua RW 3 Kelurahan Nanggeleng Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi, Almarhum Abas Basyuni, Ketua RW 3 Kelurahan Tipar Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, Almarhum Syafei Hidayat, dan yang masih dalam tahap proses, Ketua RT 4 RW 3 Kelurahan Benteng Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, Almarhum Endun Kelana. Para Ketua RW dan RT tersebut, mendapat asuransi kematian masing-masing sebesar 1 juta rupiah.

 
Rabu, 2 Juni 2010
KETUA DWP KOTA SUKABUMI TERPILIH MASA BHAKTI TAHUN 2009-2013 AKAN BERUPAYA OPTIMAL TERAPKAN VISI DAN MISI DWP
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Sukabumi Terpilih Masa Bhakti Tahun 2009-2013, Hajah Esih Muraz, akan ber-upaya optimal menerapkan Visi dan Misi DWP, kepada seluruh jajaran Pengurus dan Anggota DWP, di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Adapun Visi DWP Kota Sukabumi, yakni Dharma Wanita Persatuan Kota Sukabumi menjadi Organisasi Isteri Pegawai Negeri Sipil yang kukuh, bersatu dan mandiri. Sedangkan Misi DWP Kota Sukabumi, yakni Dharma Wanita Persatuan Kota Sukabumi, menyejahterakan anggota melalui bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya secara demokratis.

Selanjutnya Meningkatkan kemampuan, wawasan, pengetahuan serta keterampilan seluruh Anggota Dharma Wanita Persatuan, Ber-upaya untuk menjadikan Anggota Dharma Wanita Persatuan yang senantiasa kreatif dan inovatif, Meningkatkan kepedulian sosial seluruh Anggota Dharma Wanita Persatuan, serta Ber-upaya mewujudkan Anggota Dharma Wanita Persatuan yang berdikari dan mandiri.

Kemudian akan senantiasa ber-upaya optimal Menggalang dana mandiri demi kemajuan dan kelancaran jalannya Organisasi Dharma Wanita Persatuan Kota Sukabumi, Membina dan mengembangkan Koperasi Reugreug Pageuh Dharma Wanita Persatuan Kota Sukabumi, serta Ber-upaya merealisasikan program kerja yang tertunda, sekaligus melanjutkan dan melaksanakan program kerja ke depan yang telah direncanakan.

Ditandaskannya, visi dan misi tersebut, sebagai acuan dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang diselenggarakan DWP Kota Sukabumi, supaya dapat memberikan kontribusi positif terhadap upaya pencapaian Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa.

Selain itu, juga dapat memberikan kontribusi positif terhadap upaya pencapaian Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2008-2013, yakni Dengan Iman dan Taqwa Mewujudkan Pemerintahan yang Amanah Berparadigma Surgawi, Menuju Kota Sukabumi yang Cerdas, Sehat dan Sejahtera, baik lahir maupun batin, dilandasi nilai-nilai fhilosofis, Sidiq, Tabligh, Amanah, Fathonah.

 
Senin, 31 Mei 2010
HAJAH ESIH MURAZ TERPILIH KEMBALI JADI KETUA DWP KOTA SUKABUMI MASA BHAKTI TAHUN 2009-2014
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Hajah Esih Muraz, terpilih kembali menjadi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Sukabumi, masa bhakti tahun 2009-2014. Terpilihnya kembali Hajah Esih Muraz menjadi Ketua DWP tersebut, bedasarkan hasil Musyawarah Kota (Muskot) II DWP Kota Sukabumi, yang berlangsung hari Senin, 31 Mei 2010, bertempat di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat kepada Ketua DWP Kota Sukabumi terpilih, seraya mengharapkan, agar berbagai keberhasilan yang telah diraih oleh jajaran pengurus DWP Kota Sukabumi masa bhakti tahun 2004-2009, senantiasa dipertahankan dan ditingkatkan, guna memberikan kontribusi positif terharap upaya pencapaian Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa; serta Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2008-2013, yakni Dengan Iman dan Taqwa Mewujudkan Pemerintahan yang Amanah Berparadigma Surgawi, Menuju Kota Sukabumi yang Cerdas, Sehat dan Sejahtera, baik lahir maupun batin, dilandasi nilai-nilai fhilosofis, Sidiq, Tabligh, Amanah, Fathonah.

Sementara Ketua DWP Kota Sukabumi terpilih masa bhakti tahun 2009-2013, Hajah Esih Muraz, dalam kesempatannya mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus DWP Kota Sukabumi beserta unsur pelaksana DWP, yang telah bekerja-sama dengan baik, khususnya dalam merealisasikan program kerja DWP Kota Sukabumi, selama kurun waktu 5 tahun, tepatnya dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2009.

Ucapan terima kasih Ketua DWP Kota Sukabumi terpilih tersebut, juga disampaikan kepada para Penasehat DWP Kota Sukabumi serta para Penasehat DWP Dinas, Instansi dan Kecamatan se Kota Sukabumi, yang telah membantu, mendukung dan membimbing jajaran pengurus DWP, ter-utama dalam melaksanakan berbagai program kerja, baik berupa moril maupun materil. Dengan demikian, berbagai program kerja yang dilaksanakan DWP Kota Sukabumi, dapat berjalan lancar dan berkembang dengan baik.

Diharapkannya, dukungan dan bimbingan dari para Penasehat DWP Kota Sukabumi serta para Penasehat DWP Dinas, Instansi dan Kecamatan se Kota Sukabumi tersebut, dapat ditingkatkan dan dikembangkan, supaya berbagai program kerja DWP yang akan dilaksanakan selama kurun waktu 5 tahun ke depan, tepatnya dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2014, dapat berjalan lancar dengan baik, khususnya dalam memberikan kontribusi positif terhadap pencapaian Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, serta Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2008-2013.

 
Selasa, 20 April 2010
PEMERINTAH KOTA SUKABUMI KEMBALI SERAHKAN BANTUAN OPERASIONAL KEPADA PARA KETUA RW DAN RT SE KOTA SUKABUMI
Reporter : GIRI NUGROHO - ENDANG SUMARDI
 

Pemerintah Kota Sukabumi, kembali menyerahkan bantuan operasional kepada para Ketua RW dan RT se Kota Sukabumi. Bantuan operasional tersebut, diserahkan Wakil Walikota Sukabumi, Doktor H. Mulyono, M.M., bertempat di Gedung Korpri Kota Sukabumi, dan di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

Hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Kota Sukabumi, Aep Saepurahman, S.E., Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, H. Kusna Kurhana, S.IP., M.Si., Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., Asisten Administrasi Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Achmad Husni, M.Si., Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Sukabumi, Drs. H. Kostaman, M.M., Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Dokter Hajah Ritanenny Edlien Silyena Mirah, dan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Sukabumi, Doktor H. Mulyono, M.M., mengucapkan terima kasih kepada para Ketua RW dan RT se Kota Sukabumi, yang telah membantu Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam menyelenggarakan pemerintahan. Dikatakannya, sebagai penghargaan dan ucapan terima kasih, Pemerintah Kota Sukabumi menyerahkan bantuan operasional kepada para Ketua RW dan RT se Kota Sukabumi.

Wakil Walikota Sukabumi menjelaskan, diserahkannya bantuan operasional tersebut, bertujuan untuk membantu para Ketua RW dan RT, dalam menjalankan tugas dan fungsinya, khususnya dalam menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat, menjamin ketenteraman dan ketertiban, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan, di wilayahnya masing-masing.

Sementara Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T., dalam kesempatan tersebut menjelaskan, selain menyerahkan bantuan operasional kepada para Ketua RW dan RT, juga disampaikan berbagai informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan selama tahun 2009. Maksud dan tujuannya, untuk mendorong dan membantu kinerja para Ketua RW dan RT se Kota Sukabumi, sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Dikatakannya, penyerahan bantuan operasional tersebut, dibagi dalam dua tahap. Yakni tahap pertama diserahkan pada hari Senin, 19 April 2010, bertempat di Gedung Korpri Kota Sukabumi, kepada 130 Ketua RW dan 472 Ketua RT, yang tersebar di tiga Wilayah Kecamatan, yakni Kecamatan Baros, Cibeureum dan Kecamatan Lembursitu. Sedangkan tahap kedua diserahkan pada hari Selasa, 20 April 2010, bertempat di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, kepada 220 Ketua RW dan 1.240 Ketua RT, yang tersebar di empat Wilayah Kecamatan, yakni Kecamatan Citamiang, Cikole, Gunungpuyuh dan Kecamatan Warudoyong. Adapun besar bantuan operasional tersebut, yakni untuk Ketua RW masing-masing sebesar 250 ribu rupiah, dan untuk Ketua RT masing-masing sebesar 200 ribu rupiah.

 
Kamis, 18 Maret 2010
PELANTIKAN KETUA RW 14 PERUM TAMAN ASRI DIISI PENYERAHAN BANTUAN 10 UNIT BAK SAMPAH TERPILAH
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Pelantikan Ketua RW 14 Perum Taman Asri Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole Kota Sukabumi periode tahun 2010-2015, Rafdi, berlangsung hari Minggu malam, 14 Maret 2010, di Gelanggang Olah Raga (GOR) Perum Taman Asri. Pelantikan Ketua RW 14 Perum Taman Asri tersebut, dilakukan Sekretaris Kecamatan Cikole, Syarief Bastaman, S.IP., mewakili Camat Cikole, Suherman, S.IP., disaksikan Lurah Subangjaya, Asep Koswara, S.IP., M.Si., para Ketua RT se wilayah RW 14 Perum Taman Asri, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Tokoh Wanita dan Pemuda, serta undangan lainnya. Usai acara pelantikan, Ketua RW 14 Perum Taman Asri mendapat bantuan 10 unit Bak Sampah Terpilah, dari PT Prakarsa Mitra Mandiri, Gunawan Cahyadi, untuk mendukung program kebersihan lingkungan, khususnya di wilayah RW 14 Perum Taman Asri.

Lurah Subangjaya, Asep Koswara, S.IP., M.Si. menjelaskan, pemberian bantuan 10 unit Bak Sampah Terpilah tersebut, sangat besar manfaatnya bagi warga masyarakat, serta jajaran pengurus RT dan RW 14 Perum Taman Asri, khususnya dalam melakukan dan meningkatkan kebersihan di wilayah tersebut. Terlebih wilayah RW 14 tersebut, diunggulkan dan dijadikan sentra penilaian Lomba Adipura. Diharapkannya, Ketua RW 14 Perum Taman Asri periode tahun 2010-2015 beserta jajarannya, dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada segenap lapisan masyarakat, baik dalam bidang pemerintahan maupun dalam bidang pembangunan dan kemasyarakatan.

Sementara Ketua RW 14 Perum Taman Asri periode tahun 2010-2015, Rafdi, dalam kesempatannya menjelaskan, pihaknya beserta jajarannya akan ber-upaya optimal menjalankan tugas dan amanah yang diberikan, khususnya dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada segenap lapisan masyarakat dalam berbagai bidang. Dalam kesempatan tersebut, Ketua RW 14 Perum Taman Asri periode tahun 2010-2015, atas nama warga masyarakat beserta jajaran pengurus RT dan RW 14 Perum Taman Asri, mengucapkan terima kasih kepada pihak PT Prakarsa Mitra Mandiri, yang telah berkenan memberi bantuan berupa 10 unit Bak Sampah Terpilah. Dikatakannya, bantuan tersebut akan dimanfaatkan secara optimal, baik oleh warga masyarakat maupun oleh jajaran pengurus RT dan RW 14 Perum Taman Asri, khususnya dalam meningkatkan kebersihan di wilayah tersebut, guna memberikan yang terbaik bagi Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, dan Kota Sukabumi, dalam mengikuti Lomba Adipura.

Dalam pada itu, Ketua Pelaksana Pelantikan Ketua RW 14 Perum Taman Asri Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole Kota Sukabumi periode tahun 2010-2015, Djauhari Muas menjelaskan, dilantiknya Ketua RW 14 Perum Taman Asri tersebut, hasil pemilihan warga masyarakat, yang dilaksanakan pada hari Minggu beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 Februari 2010.

 
Jumat, 5 Maret 2010
KETUA TIM PENGGERAK PKK KOTA SUKABUMI LANTIK JAJARAN PENGURUS KOTA, KECAMATAN DAN KELURAHAN
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, Hajah Isye Muslikh Abdussyukur, hari Kamis, 4 Maret 2010 baru-baru ini, bertempat di Ruangan Pertemuan Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, melaksanakan pertemuan rutin, sekaligus melantik jajaran pengurus Tim Penggerak PKK Kota, Kecamatan dan Kelurahan.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB); Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP); Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopperindag); Kepala Dinas Pendidikan; Kepala Dinas Kesehatan; Camat Gunung Puyuh; Camat Cikole; Camat Warudoyong; dan Camat Lembursitu; serta jajaran pengurus Tim Penggerak PKK Kota; Kecamatan dan Kelurahan se Kota Sukabumi.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi menjelaskan, berdasarkan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-6 PKK Tahun 2005, apabila ada pergantian dan pengangkatan pengurus di jajaran pengurus Tim Penggerak PKK Kota, Kecamatan dan Kelurahan, wajib dilakukan pelantikan atau pengukuhan. Diharapkannya, dengan dilaksanakan pelantikan jajaran pengurus Tim Penggerak PKK tersebut, dapat memberikan dorongan atau motivasi, terhadap tanggung-jawab dan tugas yang diberikan kepada masing-masing individu pengurus di setiap tingkatan. Selain itu juga diharapkan, jajaran pengurus Tim Penggerak PKK yang telah dilantik tersebut, agar senantiasa menjaga sekaligus meningkatkan kerja-sama yang baik dengan seluruh pihak instansi dan lembaga terkait, khususnya dalam setiap melaksanakan program yang telah ditetapkan.

Sementara untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas sekaligus merealisasikan setiap program khususnya 10 Program Pokok PKK di setiap tingkatan, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, menghimbau kepada para Pembina selaku Dewan Penyantun PKK di setiap tingkatan, agar senantiasa memberi dukungan dan bantuan, baik berupa moril maupun materil.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih kepada segenap jajaran pengurus Tim Penggerak PKK yang aktif, atas dedikasi dan pengabdiannya, sekaligus memberikan kontribusi positif terhadap pelaksanaan program pemberdayaan perempuan, guna menuju Norma Keluarga Kecil Bahagia Sehat Sejahtera. Sedangkan kepada jajaran pengurus Tim Penggerak PKK yang kurang aktif, agar tetap memberikan saran, pendapat, pemikiran dan tenaga, dalam memajukan berbagai program pemberdayaan perempuan, baik fisik maupun non fisik.

 
Kamis, 4 Maret 2010
DP MUI KOTA SUKABUMI PERIODE TAHUN 2010-2015 RESMI DILANTIK KETUA UMUM MUI JAWA BARAT
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Dewan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (DP MUI) Kota Sukabumi periode tahun 2010-2015, resmi dilantik oleh Ketua Umum MUI Jawa Barat, K.H. Hafidz Usman, pada peringatan Maulid Nabi Muhammad Tahun 1431 Hijriyah, usai shalat subuh di Masjid Agung Kota Sukabumi, hari Senin, 1 Maret 2010 baru-baru ini.

Adapun susunan DP MUI Kota Sukabumi periode tahun 2010-2015 tersebut, yakni Ketua Umum, Profesor Doktor H. Deddy Ismatulloh Machdi, S.H., M.H., Sekretaris Umum, Drs. H.M. Kusoy, dan Bendahara Umum, Drs. H. Dede Nurdin, M.Ag., dibantu para unsur Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan beberapa komisi, diantaranya Komisi Pengkajian dan Pembangunan, Fatwa, Pemberdayaan Ekonomi Syariah, serta Ukuwah dan Kerukunan.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., unsur Muspida, Pimpinan dan Anggota DPRD, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Pimpinan Ormas Islam, Pimpinan Organisasi Wanita, dan undangan lainnya.

Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., dalam kesempatan tersebut menjelaskan, kehadiran MUI Kota Sukabumi melalui berbagai programnya sangat penting, ter-utama dalam memberikan nuansa dan upaya terhadap peningkatan keimanan dan ketaqwaan umat Islam, termasuk dalam meningkatkan kehidupan kebersamaan umat Islam di Kota Sukabumi. Karena MUI sebagai pelita kegelapan dan penyejuk hati umat, serta sebagai penengah dalam silang pendapat. Diharapkannya, MUI Kota Sukabumi, ke depan menjadi MUI terbaik di Jawa Barat.

Sementara Ketua Umum MUI Jawa Barat, K.H. Hafidz Usman, dalam sambutannya menjelaskan, pelantikan DP MUI Kota Sukabumi periode tahun 2010-2015, dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad Tahun 1431 Hijriyah. Diharapkannya, hal tersebut dapat menjadi awal yang baik bagi MUI Kota Sukabumi, dalam menjalankan tugas ke depan. Diharapkan pula, MUI Kota Sukabumi dapat menjalin kerja-sama dengan semua pihak, khususnya dengan Pemerintah Kota Sukabumi, dalam upaya turut serta memberikan kontribusi yang baik, bagi perkembangan umat di Kota Sukabumi.

Setelah dilantik oleh Ketua Umum MUI Jawa Barat, Ketua Umum PD MUI Kota Sukabumi periode tahun 2010-2015, Profesor Doktor H. Deddy Ismatulloh Machdi, S.H., M.H., langsung melaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda), bertempat di Graha Qolbun Salim Kota Sukabumi.

 
Selasa, 9 Februari 2010
SEJUMLAH KEPALA SEKOLAH DAN KETUA KOMITE SEKOLAH LAKUKAN KUNKER KE SMP NEGERI 1 DENPASAR BALI
Reporter : ENDANG SUMARDI / TIM PELIPUT
 

Sejumlah Kepala Sekolah dan Ketua Komite Sekolah dari Kota Sukabumi, yang terdiri dari SD, SMP, SMA dan SMK, selama 2 hari, tepatnya dari tanggal 4 sampai dengan tanggal 5 Februari 2010 baru-baru ini, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke SMP Negeri 1 Denpasar Bali. Adapun maksud dan tujuannya, dalam rangka study banding, tentang Sekolah Berstandar Internasional atau SBI.

Kunker sejumlah Kepala Sekolah dan Ketua Komite Sekolah tersebut, dipimpin Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., didampingi Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, Sanusi Hardjadiredja, S.Pd., serta Kepala Kantor PDE, Arsip Daerah dan Humas Kota Sukabumi, H. Oscar Lesnussa, S.H., M.M.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Sukabumi menjelaskan, metoda di Sekolah Berstandar Internasional, Kegiatan Belajar Mengajar atau KBM-nya, sama dengan di sekolah-sekolah lainnya. Namun demikian, kehadiran para Kepala Sekolah dan Ketua Komite Sekolah dari Kota Sukabumi di SMP Negeri 1 Denpasar Bali ini, yang didapat dan dianggap baik di sekolah ini perlu diimplementasikan dan dikembangkan di sekolah-sekolah yang ada di Kota Sukabumi. Dikatakannya, apabila di Kota Sukabumi ada sekolah yang berpredikat A-Plus, dan di Denpasar Bali ada sekolah yang berpredikat B, kenapa tidak sekolah yang berpredikat B tersebut, di Kota Sukabumi dikembangkan dan dijadikan sekolah yang berpredikat B-Plus.

Dijelaskannya, di Kota Sukabumi ada beberapa SD yang sudah cukup baik, diantaranya SD Negeri Pakujajar CBM. Kendati SD tersebut belum menjadi Sekolah Berstandar Internasional, namun sudah go internasional, khususnya yang berkaitan dengan Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL) dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Dijelaskan pula, para Kepala Sekolah dan Ketua Komite Sekolah yang melakukan Kunker ke Denpasar Bali ini, bertindak sebagai manager. Dengan demikian, pada saat Kepala Sekolah dan Ketua Komite Sekolah bertindak sebagai manager, harus mampu menggerakan stakeholder sekolah di Kota Sukabumi, untuk menjadi sekolah yang baik.

Walikota Sukabumi menandaskan, selain terdapat beberapa sekolah yang cukup baik, di Kota Sukabumi juga terdapat beberapa Ketua Komite Sekolah yang cukup baik. Ditandaskan pula, dalam istilah kepemerintahan ada yang disebut good governance, government, private sector dan sivil society. Dengan demikian, Ketua Komite Sekolah tersebut merupakan private sector. Hal tersebut merupakan kebanggaan bagi semua pihak. Karena para Ketua Komite Sekolah tersebut, memiliki cita-cita untuk meningkatkan daya ungkit dan memajukan sekolah dalam berbagai bidang.

Walikota Sukabumi juga menandaskan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Sukabumi, saat ini telah mencapai angka 76, dengan indeks pendidikan, yakni rata-rata lama sekolah sudah 12 tahun, dan angka melek huruf hampir 100 persen. Karena program Wajib Belajar Pendidikan Dasar (Wajardikdas) 9 Tahun, di Kota Sukabumi sudah selesai pada tahun 2005 yang lalu. Dengan demikian, sejak tahun 2005 Kota Sukabumi sudah memasuki program Wajib Belajar Pendidikan (Wajardik) 12 Tahun, bahkan sudah bergerak pada program Wajardik 15 Tahun sampai 17 Tahun. Berkaitan dengan hal tersebut, sampai dengan tahun 2025, pendidikan warga masyarakat Kota Sukabumi diharapkan mayoritas S-1.

 
Kamis, 7 Januari 2010
PEMILIHAN KETUA RW 6 KELURAHAN LEMBURSITU DIIKUTI OLEH 3 ORANG CALON
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Pemilihan Ketua RW 6 Kelurahan Lembursitu Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi, serta Pemilihan Ketua RT 1, RT 2 dan RT 3 RW 6 Kelurahan Lembursitu, berlangsung pada hari Minggu, 3 Januari 2010, di SD Negeri Lembursitu. Pemilihan Ketua RW tersebut, diikuti oleh 3 orang calon. Antara lain, Fitriadi Wahyudi, S.Ag., Iwan Solihin, dan Suryadi, dengan jumlah pemilih sebanyak 408 orang.

Adapun jajaran Panitia Penyelenggara Pemilihan Ketua RW dan Ketua RT tersebut, terdiri dari Ketua, Ohim Abdurohim, Sekretaris, Dede Suhaya, serta Anggota, Lisa Hasanah, Asep Ansori, dan Ujang Suryana.

Sedangkan yang terpilih menjadi Ketua RW 6 Kelurahan Lembursitu, yakni Suryadi, memper-oleh 158 suara. Sementara yang terpilih menjadi Ketua RT 1 RW 6, Karsin, memper-oleh 49 suara, yang terpilih menjadi Ketua RT 2 RW 6, Sutardi, memper-oleh 73 suara, dan yang terpilih menjadi Ketua RT 3 RW 6, Maman Supriatman, memper-oleh 54 suara.

Lurah Lembursitu Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi, Drs. Dodi Supriadi, M.M. menjelaskan, Pemilihan Ketua RW dan RT tersebut, dilaksanakan secara demokrasi. Untuk itu, Pemilihan Ketua RW dan RT tersebut, hendaknya dijadikan contoh oleh RW dan RT lainnya, khususnya di wilayah Kelurahan Lembursitu.

Dalam pada itu, Ketua dan Sekretaris Panitia Penyelenggara Pemilihan Ketua RW 6 Kelurahan Lembursitu Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi, serta Pemilihan Ketua RT 1, RT 2 dan RT 3 RW 6 Kelurahan Lembursitu, Ohim Abdurohim dan Dede Suhaya, mengucapkan terima kasih kepada segenap lapisan masyarakat yang telah pro-aktif membantu, baik berupa moril maupun materil, sekaligus menyalurkan hak pilih sesuai dengan aspirasi masing-masing, sehingga Pemilihan Ketua RW dan RT tersebut dapat terselenggara dengan baik, serta berjalan lancar, aman dan tertib, sesuai dengan harapan semua pihak.

 
Rabu, 30 Desember 2009
PROF. DR. K.H. DEDDY ISMATULLAH MACHDI, S.H., M.H., TERPILIH KEMBALI MENJADI KETUA UMUM MUI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Profesor Doktor K.H. Deddy Ismatulloh Machdi, S.H., M.H., terpilih kembali menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi, periode tahun 2010-2015.

Terpilihnya kembali Profesor Doktor K.H. Deddy Ismatulloh Machdi, S.H., M.H. sebagai Ketua Umum MUI Kota Sukabumi tersebut, berdasarkan hasil Musyawarah Daerah (Musda) MUI Kota Sukabumi, pada hari Senin, 28 Desember 2009, di Gedung Juang 45. Selain itu, juga berdasarkan usulan dari Alim Ulama se Kota Sukabumi.

Ketua I Bidang Pembinaan Umat dan Pondok Pesantren MUI Kota Sukabumi, Ayi R. Asyari menjelaskan, pihaknya beserta para alim ulama se Kota Sukabumi, mengusulkan Ketua Umum MUI Kota Sukabumi periode tahun 2005-2010, untuk menjadi kembali Ketua Umum MUI Kota Sukabumi periode tahun 2010-2015, karena selain memiliki pandangan wawasan keimanan dan pengetahuan yang sangat tinggi, Ketua Umum MUI Kota Sukabumi periode tahun 2005-2010, memiliki hubungan atau kemitraan yang sangat baik dan sinergis dengan pihak pemerintah dan masyarakat. Disamping itu, juga memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi, termasuk dalam mengambil dan menentukan kebijakan dalam berbagai bidang, yang sebelumnya senantiasa dirumuskan terlebih dahulu dengan jajaran pengurus MUI lainnya, melalui mufakat dan bermusyawarah.

Namun dengan terpilihnya kembali Profesor Doktor K.H. Deddy Ismatulloh Machdi, S.H., M.H. sebagai Ketua Umum MUI Kota Sukabumi periode tahun 2010-2015, para Alim Ulama se Kota Sukabumi mengharapkan, apabila tidak berkeberatan agar melepaskan salah satu jabatan, yakni sebagai Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Kota Sukabumi. Sebab MUI merupakan bagian dari organisasi, yang senantiasa melakukan pembinaan kepada para DKM. Selain itu, juga supaya lebih fokus melaksanakan berbagai program di MUI Kota Sukabumi.

Dalam pada itu, Ketua Umum MUI Kota Sukabumi periode tahun 2010-2015, Profesor Doktor K.H. Deddy Ismatulloh Machdi, S.H., M.H. menjelaskan, program yang akan dilaksanakan ke depan, diantaranya akan meng-intensifkan MUI dalam berbagai bidang, dan melaksanakan program kerja berdasarkan hasil Musda Tahun 2009. Selain itu, juga ada dua fungsi yang akan senantiasa dilaksanakan oleh MUI, yakni sebagai penasehat pemerintah, dan sebagai pembina umat.

 
Senin, 28 Desember 2009
KETUA UMUM KONI KOTA SUKABUMI LEPAS KEBERANGKATAN ATLET TENIS MEJA
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Kota Sukabumi, H. Sutisna, S.H., hari Jumat siang, 25 Desember 2009, bertempat di Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), secara resmi melepas keberangkatan atlet Tenis Meja, untuk mengikuti babak kualifikasi Pekan Olah Raga Daerah (Porda) XI Jawa Barat Tahun 2010, selama 4 hari tepatnya dari tanggal 27 sampai dengan 30 Desember 2009, di Gelanggang Olah Raga (GOR) Singgasana Bandung.

Dalam sambutannya, Ketua Umum KONI Cabang Kota Sukabumi, berharap kepada para atlet Tenis Meja, agar senantiasa ber-upaya optimal menjaga kekompakan dan kebersamaan, baik dengan sesama atlet maupun dengan pelatih dan manager. Selain itu, juga agar senantiasa sungguh-sungguh, percaya diri, semangat juang dan sportif yang tinggi, dalam setiap mengikuti pertandingan.

Diharapkannya, Tim Tenis Meja Kota Sukabumi, dalam mengikuti babak kualifikasi Porda XI Jawa Barat ini, dapat meraih prestasi terbaik yang dapat membanggakan semua pihak, sekaligus lolos untuk mengikuti Porda XI Jawa Barat Tahun 2010 di Bandung.

Sementara Manager Tim Tenis Meja Kota Sukabumi, Juang Sulaiman menjelaskan, hingga menjelang keberangkatan ke Bandung untuk mengikuti babak kualifikasi ini, Tim Tenis Meja Kota Sukabumi telah melakukan persiapan dan pemusatan latihan atau Training Centre, termasuk uji coba atau try out dengan sejumlah atlet, baik dari dalam maupun dari luar Kota Sukabumi.

Dikatakannya, Tim Tenis Meja Kota Sukabumi ini berkekuatan 8 atlet, yakni 4 atlet putera, yang terdiri dari Agus Adi Santika Sumardi, M. Japarudin, M. Maulana, dan Ahmad Taufik, serta 4 atlet puteri, yang terdiri dari Nisa Sandiani, Mutiarawati, Demi Damayanti, dan Fatimah Sania AL Habsi, didampingi 2 orang pelatih, Iwan Setiawan dan Euis. Dikatakan pula, ke-8 atlet Tenis Meja tersebut, akan mengikuti 5 katagori pertandingan, yakni Tunggal Putera, Tunggal Puteri, Ganda Putera, Ganda Puteri, dan Ganda Campuran.

 
Senin, 21 Desember 2009
KETUA UMUM KONI CABANG KOTA SUKABUMI LEPAS KEBERANGKATAN ATLET KEMPO
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Kota Sukabumi, H. Sutisna, S.H., hari Kamis pagi, 17 Desember 2009, di Kantor KONI Cabang Kota Sukabumi, secara resmi melepas keberangkatan atlet Kempo, untuk mengikuti babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) XI Jawa Barat Tahun 2010 di Bandung.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum KONI Cabang Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran pengurus dan anggota Persaudaraan Bela Diri Kempo Indonesia (Perkemi) Pengurus Cabang (Pengcab) Kota Sukabumi, yang telah ber-upaya optimal melakukan persiapan dan pembinaan kepada para atlet Kempo, untuk mengikuti babak kualifikasi Porda XI Jawa Barat, yang akan berlangsung selama 5 hari, tepatnya dari tanggal 18 sampai dengan 22 Desember 2009 di Bandung. Diharapkannya, seluruh atlet Kempo agar senantiasa fokus dan bersungguh-sungguh, disertai semangat juang yang tinggi dalam setiap mengikuti pertandingan, supaya seluruh atlet Kempo dari Kota Sukabumi berhasil dan lolos untuk mengikuti Porda XI Jawa Barat di Bandung. Karena untuk Cabang Olahraga (Cabor) Kempo ini, merupakan Cabor andalan bagi Kota Sukabumi.

Sementara Ketua Umum Perkemi Pengcab Kota Sukabumi, Drs. Beni Haerani, M.M. menjelaskan, pihaknya senantiasa ber-upaya optimal melakukan persiapan dan pembinaan kepada seluruh atlet Kempo yang akan mengikuti babak kualifikasi Porda XI Jawa Barat di Bandung, baik melalui try out maupun melalui Training Centre (TC), hingga menjelang keberangkatan ke Bandung, untuk mengikuti babak kualifikasi.

Dalam pada itu, Wakil Ketua Perkemi Pengcab Kota Sukabumi sekaligus sebagai Ketua Majelis Sabuk Hitam dan Pelatih, Maulana Luthfianto menjelaskan, atlet Kempo yang mengikuti babak kualifikasi Porda XI Jawa Barat di Bandung tersebut, seluruhnya berjumlah 18 atlet, yakni 9 atlet putera dan 9 atlet puteri, untuk mengikuti 16 Nomor Pertandingan.

Usai melepas keberangkatan atlet Kempo, Ketua Umum KONI Cabang Kota Sukabumi juga melepas keberangkatan atlet Senam, yang akan mengikuti babak kualifikasi Porda XI Jawa Barat di Bandung, bertempat di Kantor KONI Cabang Kota Sukabumi.

Pelatih Senam Kota Sukabumi, Ahmad Suhendro, S.E. menjelaskan, jumlah atlet Senam yang mengikuti babak kualifikasi Porda XI Jawa Barat yang akan berlangsung selama 5 hari, tepatnya dari tanggal 18 sampai dengan 22 Desember 2009 di Bandung tersebut, seluruhnya 8 atlet, yakni 4 atlet putera dan 4 atlet puteri, untuk mengikuti Senam Artistik dan Senam Ritmik.

Menyinggung jumlah Cabor yang sudah resmi lolos mengikuti Porda XI Jawa Barat Tahun 2010 di Bandung, menurut Wakil Sekretaris KONI Cabang Kota Sukabumi, Wawan Setiawan, seluruhnya baru 9 Cabor. Antara lain Cabor Tinju, Anggar, Binaraga, Voli Pasir Putera, Atletik, Sepak Takraw Putera-Puteri, Judo, Bulu Tangkis Tunggal Puteri, dan Biliard Puteri.

 
Senin, 30 November 2009
UNTUK KEDUA KALINYA A SUBARKAH TERPILIH MENJADI KETUA RW 2 KELURAHAN BENTENG
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Untuk kedua kalinya, A Subarkah terpilih menjadi Ketua RW 2 Kelurahan Benteng Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, periode tahun 2009-2014. Terpilihnya kembali A Subarkah menjadi Ketua RW 2 Kelurahan Benteng tersebut, berdasarkan hasil pemilihan warga masyarakat setempat, yang dilaksanakan secara demokratis, langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber), tepatnya pada hari Minggu, tanggal 29 November 2009, bertempat di Lapangan Bola Voli RW 2 Kelurahan Benteng.

Dalam pemilihan yang diikuti oleh 5 orang calon tersebut, A Subarkah memper-oleh 406 suara. Sedangkan calon lainnya, Yulia Farida memper-oleh 203 suara, Endi Sunardar 109 suara, Asep Gatot 78 suara, dan Denny Sumantri memper-oleh 43 suara.

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Ketua RW 2 Kelurahan Benteng, A Sukarta menjelaskan, jumlah warga masyarakat RW 2 Kelurahan Benteng yang telah memiliki hak pilih, seluruhnya mencapai 1.745 orang. Namun yang menyalurkan aspirasi dan hak pilihnya dalam pemilihan Ketua RW 2 Kelurahan Benteng tersebut, hanya 859 orang atau hanya 50 persen. Dari jumlah tersebut, sebanyak 839 orang menyalurkan aspirasi dan hak pilihnya dinyatakan syah, serta sebanyak 20 orang menyalurkan aspirasi dan hak pilihnya dinyatakan tidak syah.

Dikatakannya, sebelum warga masyarakat melaksanakan pemilihan atau pencontrengan terhadap para calon Ketua RW 2 Kelurahan Benteng tersebut, terlebih dahulu dilaksanakan penjelasan, tentang tata cara pemilihan atau pencontrengan, serta penghitungan surat suara, sesuai dengan jumlah pemilih.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Warudoyong, Asep Suhendrawan, S.Sos., dan Lurah Benteng, Dadang Aludin, S.Sos., berharap kepada Ketua RW 2 Kelurahan Benteng Terpilih, agar segera membentuk jajaran kepengurusan RW 2 Kelurahan Benteng secara lengkap, untuk segera dilakukan pelantikan secara resmi. Selain itu, juga untuk menunjang kelancaran pelayanan kepada warga masyarakat dalam berbagai bidang, baik dalam bidang pemerintahan, maupun dalam bidang pembangunan dan kemasyarakatan, sesuai harapan semua pihak.

 
Senin, 16 November 2009
PEMILIHAN KETUA RW 2 KELURAHAN BENTENG DIPASTIKAN DIIKUTI OLEH 5 ORANG CALON
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Pemilihan Ketua RW 2 Kelurahan Benteng Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, dipastikan diikuti oleh 5 orang calon. Adapun ke-5 orang calon tersebut, menurut Ketua Panitia Penyelenggara Pemilihan Ketua RW 2 Kelurahan Benteng, A. Sukarta, telah resmi mendaftar melalui Ketua RT masing-masing, serta pada hari Jumat tanggal 13 November 2009, telah dilakukan pengundian nomor urut peserta calon. Antara lain, Nomor Urut 1, Asep Gatot, Nomor Urut 2, Yulia Farida, Nomor Urut 3, Endi, Nomor Urut 4, A. Subarkah, dan Nomor Urut 5, Deni.

Selain itu, juga pada hari Minggu tanggal 15 November 2009, telah dilaksanakan penyebaran dan penempelan pamflet, ber-isikan nama, nomor urut, dan foto calon, di tempat-tempat strategis di wilayah RW 2 Kelurahan Benteng, dari mulai wilayah RT 1 hingga wilayah RT 10. Maksud dan tujuannya, sebagai salah satu upaya sosialisasi kepada warga masyarakat, sekaligus untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan Pemilihan Ketua RW 2 tersebut.

Sedangkan rangkaian kegiatan lainnya, yakni pada hari Minggu tanggal 22 November 2009, penyampaian visi misi dan debat calon, yang akan dipandu oleh sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda, bertempat di Sekretariat RW 2 Kelurahan Benteng.

Sementara pelaksanaan Pemilihan Ketua RW 2 Kelurahan Benteng, dijadualkan berlangsung pada hari Minggu, tanggal 29 November 2009, bertempat di lapangan Voli RT 5 RW 2 Kelurahan Benteng, mulai pukul 7 pagi lebih 30 menit, sampai dengan pukul 2 siang.

Dikatakan pula, dalam pelaksanaan Pemilihan Ketua RW 2 tersebut, Panitia Penyelenggara menyediakan sebanyak 10 Bilik Suara dan 1 Kotak Suara, serta melibatkan 12 orang petugas. Antara lain, 3 orang Petugas Pendaftaran Pemilih, 2 orang Petugas Pemanggilan Pemilih, 2 orang Pembantu Pemanggilan Pemilih, 2 orang Petugas Penjaga Bilik Suara, 1 orang Petugas Penjaga Kotak Suara, dan 2 orang Petugas Pengamanan.

Ketua Pemilihan Ketua RW 2 Kelurahan Benteng mengharapkan, seluruh warga masyarakat RW 2 Kelurahan Benteng yang telah berhak memilih, agar pada waktunya turut serta menyukseskan pemilihan Ketua RW 2 tersebut, dengan menyalurkan hak pilih, sesuai aspirasi dan hati nurani masing-masing, termasuk menjaga kemanan dan ketertiban, guna menciptakan suasana kondusif wilayah RW 2 Kelurahan Benteng.

 
Senin, 2 November 2009
PENGUCAPAN SUMPAH JANJI PIMPINAN DPRD KOTA SUKABUMI DIPANDU KETUA PENGADILAN NEGERI SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Pengucapan Sumpah Janji Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sukabumi Definitif masa jabatan tahun 2009-2014, yang terdiri dari Ketua, Aep Saepurahman, S.E., serta Wakil Ketua, Jona Arizona, S.IP., dan Ahmad Fahmi, S.Ag., dipandu Ketua Pengadilan Negeri Sukabumi, Erwan Munawar, S.H., M.H. Pengucapan Sumpah Janji Pimpinan DPRD Kota Sukabumi Definitif masa jabatan tahun 2009-2014 tersebut, berlangsung pada Rapat Paripurna Istimewa, dipimpin Ketua Sementara DPRD Kota Sukabumi, Dedi R. Wijaya, S.E., hari Jumat, 30 Oktober 2009, di Ruangan Rapat Paripurna DPRD.

Adapun susunan acara Rapat Paripurna Istimewa DPRD tersebut, terdiri dari Kata-Kata Pembukaan oleh Pimpinan Rapat, Pembacaan keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 170/KEP.1559-PEM.UM/2009 Tentang Peresmian Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi masa jabatan tahun 2009-2014, oleh Sekretaris DPRD Kota Sukabumi, Didin Saepudin, S.Sos., M.Si., Pengucapan Sumpah Janji Pimpinan DPRD Kota Sukabumi Definitif masa jabatan tahun 2009-2014, dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Sukabumi, Erwan Munawar, S.H., M.H., Penandatanganan Berita Acara Pengucapan Sumpah Janji, Penyerahan Palu Pimpinan dari Pimpinan Sementara DPRD, Dedi R. Wijaya, S.E., kepada Ketua DPRD Definitif, Aep Saepurahman, S.E., Sambutan Wakil Walikota Sukabumi, Drs. H. Mulyono, M.M., dan Kata-Kata Penutup oleh Pimpinan Rapat.

Ketua Sementara DPRD Kota Sukabumi, Dedi R. Wijaya, S.E. menjelaskan, dilaksanakannya Rapat Paripurna Istimewa tersebut, merupakan salah satu wujud pelaksanaan tugas pokok Pimpinan Sementara DPRD Kota Sukabumi, khususnya dalam memproses terbentuknya Pimpinan DPRD Kota Sukabumi Definitif masa jabatan tahun 2009-2014.

Dalam pada itu, Ketua DPRD Kota Sukabumi Definitif masa jabatan tahun 2009-2014, Aep Saepurahman, S.E. menjelaskan, di era otonomi daerah saat ini, DPRD yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, dituntut untuk mampu mengembangkan kehidupan demokrasi, keadilan, pemerataan dan kesejahteraan masyarakat, menjaga hubungan yang serasi antara pemerintah pusat dan daerah serta antar daerah, untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sekaligus mampu memandirikan daerah, melalui kebijakan program-program pembangunan.

Untuk itu, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi masa jabatan tahun 2009-2014, memohon dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Kota Sukabumi, agar dalam menjalankan amanah ini, dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Selain itu, segenap lapisan masyarakat agar mendukung peningkatan kinerja DPRD, sekaligus mengontrol akuntabilitas DPRD Kota Sukabumi. Sedangkan kepada Walikota Sukabumi dan jajaran Pemerintah Kota Sukabumi, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi mengharapkan, agar senantiasa membangun kemitraan yang sinergis, khususnya dalam melaksanakan tiga fungsi utama DPRD, yakni fungsi legislasi, fungsi penganggaran, dan fungsi pengawasan.

 
Senin, 2 November 2009
SEKDA KOTA SUKABUMI TERPILIH KEMBALI JADI KETUA DP KORPRI KOTA SUKABUMI MASA BHAKTI TAHUN 2009-2014
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., terpilih kembali menjadi Ketua Dewan Pengurus (DP) Korpri Kota Sukabumi, masa bhakti tahun 2009-2014. Terpilihnya kembali Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menjadi Ketua Dewan Pengurus Korpri tersebut, berdasarkan hasil Musyawarah Kota Ke-7 Korpri Kota Sukabumi Tahun 2009, bertempat di Gedung Juang 45, hari Jumat siang, 30 Oktober 2009.

Wakil Walikota Sukabumi, Drs. H. Mulyono, M.M., selaku Penasehat Dewan Pengurus Korpri Kota Sukabumi, dalam sambutannya menjelaskan, musyawarah ke-7 Dewan Pengurus Korpri Kota Sukabumi ini sangat relevan, dan sebagai bukti kepada masyarakat, bahwa semangat korp anggota Korpri bukan semata-mata untuk kepentingan organisasi saja, melainkan semangat pengorbanan demi bangsa dan negara. Karena yang diperjuangkan oleh Korpri tersebut, tidak dapat dipisahkan dari kegiatan kedinasan sehari-hari, melalui ajang pengabdian masing-masing anggotanya.

Ditandaskannya, Munas Korpri ke-5 di Jakarta pada tanggal 15 hingga 17 Pebruari 1999, telah membawa perubahan paradigma, yakni sikap perjuangan sebagai organisasi yang mengutamakan profesionalisme, netralitas, dan demokratis, serta berjuang secara sungguh-sungguh, demi kesejahteraan seluruh anggotanya.

Adapun dalam lingkup Kota Sukabumi, selain upaya-upaya yang telah dilakukan dalam peningkatan kesejahteraan anggota, Dewan Pengurus Korpri Kota Sukabumi periode tahun 2004-2009, mampu merealisasikan beberapa program yang cukup dominant. Diantaranya meng-intensifkan iuran anggota, membangun Gedung Korpri, serta ber-inisiatif membangun ruangan rawat inap bagi anggota dan keluarga Korpri, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi.

Selain itu, menurut Wakil Walikota Sukabumi, pada hari Kamis tanggal 29 Oktober 2009, pihaknya diamanati oleh Dewan Pengurus Korpri Kota Sukabumi periode tahun 2004-2009, untuk menyerahkan bantuan yang dihimpun oleh Dewan Pengurus Korpri Kota Sukabumi, bagi warga masyarakat yang terkena musibah di Kabupaten Sukabumi, sebesar 10 juta rupiah. Sedangkan pada hari Jumat tanggal 30 Oktober 2009, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menyerahkan bantuan bagi warga masyarakat yang terkena musibah di Kabupaten Cianjur, sebesar 20 juta rupiah. Sementara bantuan yang berhasil dihimpun oleh Dewan Pengurus Korpri Kota Sukabumi periode tahun 2004-2009, mencapai 124 juta rupiah. Jumlah bantuan tersebut, selain diserahkan kepada warga masyarakat yang terkena musibah di Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan di Kota Sukabumi sendiri, juga akan diserahkan kepada warga masyarakat yang terkena musibah di Sumatera Barat.

 
Senin, 2 November 2009
JAJARAN PANITIA PENYELENGGARA PEMILIHAN KETUA RW 2 KELURAHAN BENTENG TELAH TERBENTUK
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Jajaran Panitia Penyelenggara Pemilihan Ketua RW 2 Kelurahan Benteng Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, baru-baru ini telah terbentuk. Antara lain, Ketua, A. Sukarta, Sekretaris I, Sandi, Sekretaris II, Wahyu Hidayat, dan Bendahara, Dokter Hewan H. Suranto. Jajaran Panitia Penyelenggara Pemilihan Ketua RW 2 Kelurahan Benteng tersebut, dibantu oleh jajaran pengurus RT, dari mulai RT 1 sampai dengan RT 10, serta oleh tokoh masyarakat dan tokoh pemuda RW 2 Kelurahan Benteng.

Ketua Panitia Penyelenggara Pemilihan Ketua RW 2 Kelurahan Benteng, A. Sukarta menjelaskan, terbentuknya jajaran Panitia Penyelenggara Pemilihan Ketua RW 2 Kelurahan Benteng tersebut, berdasarkan hasil musyawarah jajaran pengurus RT se RW 2 Kelurahan Benteng, dari mulai RT 1 hingga RT 10, serta para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda RW 2 Kelurahan Benteng, pada hari Minggu baru-baru ini, bertempat di Madrasah Diniyah Attoyyibah RW 2 Kelurahan Benteng.

Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pemilihan Ketua RW 2 Kelurahan Benteng, Ketua Panitia Penyelenggara Pemilihan Ketua RW 2 Kelurahan Benteng, menghimbau segenap jajaran pengurus RT dari mulai RT 1 sampai dengan RT 10, agar melakukan pendataan terhadap warga masyarakat di wilayahnya masing-masing, khususnya warga masyarakat yang telah berhak memilih, atau warga masyarakat yang telah ber-usia 17 tahun ke atas, serta menyampaikan data warga masyarakat yang telah berhak memilih, termasuk Calon Ketua RW 2 dari wilayah RT masing-masing, kepada Panitia Penyelenggara Pemilihan Ketua RW 2 Kelurahan Benteng, paling lambat pada tanggal 10 November 2009 mendatang.

Diharapkan pula, seluruh warga masyarakat RW 2 Kelurahan Benteng yang telah berhak memilih, agar berpartisipasi aktif menyukseskan pemilihan Ketua RW 2 Kelurahan Benteng, yang menurut rencana akan dilaksanakan pada akhir bulan November 2009, dengan menyalurkan hak pilih, sesuai aspirasi dan hati nurani masing-masing. Ditandaskannya, rencana akan dilaksanakannya pemilihan Ketua RW 2 Kelurahan Benteng ini, karena masa bhakti Ketua RW 2 tersebut telah habis.

 
Senin, 12 Oktober 2009
LURAH TIPAR LANTIK KETUA BARU RW 4 DAN KETUA BARU RT 7 RW 4
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Lurah Tipar Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi, Dadang Fauzi, belum lama ini, di Ruangan Pertemuan Kelurahan setempat, secara resmi melantik Ketua Baru RW 4 Kelurahan Tipar, Enjang, menggantikan Ketua Lama, Hajah Ely Murti, dan Ketua Baru RT 7 RW 4 Kelurahan Tipar, Dede, menggantikan Ketua Lama, Iwan Nasirwan.

Dilaksanakannya pelantikan Ketua Baru RW 4 dan Ketua Baru RT 7 RW 4 tersebut, menurut Lurah Tipar, berdasarkan hasil pemilihan warga masyarakat, sesuai dengan mekanisme demokrasi dan transparansi yang berkembang saat ini.

Usai melantik Ketua Baru RW 4 dan Ketua Baru RT 7 RW 4, Lurah Tipar mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua Lama RW 4 dan Ketua Lama RT 7 RW 4, atas berbagai pengorbanan dan pengabdiannya, khususnya dalam memberikan pelayanan prima kepada segenap lapisan masyarakat, baik dalam bidang pemerintahan maupun dalam bidang pembangunan dan bidang kemasyarakatan.

Sedangkan kepada Ketua Baru RW 4 dan Ketua Baru RT 7 RW 4, Lurah Tipar mengucapkan selamat menjalankan tugas dan pengabdiannya, seraya mengharapkan, agar berbagai keberhasilan yang telah diraih oleh Ketua Lama, senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan, khususnya dalam memberikan pelayanan prima kepada segenap lapisan masyarakat dalam berbagai bidang, baik dalam bidang pemerintahan maupun dalam bidang pembangunan dan bidang kemasyarakatan, guna meningkatkan kemajuan wilayah dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kelurahan Tipar.

Selain itu, Lurah Tipar mengharapkan kepada Ketua Baru RW 4 dan Ketua Baru RT 7 RW 4 beserta Ketua RW dan Ketua RT lainnya di Kelurahan Tipar, agar memotivasi dan menggerakan segenap lapisan masyarakat, untuk senantiasa melaksanakan gerakan kebersihan dan Program Kali Bersih (Prokasih) di wilayahnya masing-masing, ter-utama dalam menghadapi musim hujan saat ini. Maksud dan tujuannya, sebagai salah satu upaya dalam meng-antisipasi terjadinya musibah banjir dan timbulnya berbagai jenis penyakit, khususnya Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kelurahan Tipar.

 
Minggu, 30 Agustus 2009
SEBANYAK 350 KETUA RW DAN 1.486 KETUA RT KEMBALI DAPAT BANTUAN OPERASIONAL
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Sebanyak 350 Ketua RW dan 1.486 Ketua RT se Kota Sukabumi, kembali mendapat bantuan operasional dari Pemerintah Kota Sukabumi. Adapun besar bantuan yang diberikan kepada para Ketua RW tersebut, masing-masing 250 ribu rupiah, dan kepada para Ketua RT masing-masing 200 ribu rupiah.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si. dan Wakil Walikota Sukabumi, Drs. H. Mulyono, M.M., pada Tarawih Keliling (Tarling) Tim Safari Ramadhan Kota Sukabumi, ke 7 masjid yang ada di 7 wilayah kecamatan se Kota Sukabumi. Padahal bantuan yang sama, sebelumnya telah diberikan oleh Pemerintah Kota Sukabumi, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2009 yang lalu, melalui kelurahan masing-masing.

Baik Walikota Sukabumi maupun Wakil Walikota Sukabumi menjelaskan, diserahkannya bantuan tersebut, merupakan penghargaan Pemerintah Kota Sukabumi kepada para ketua RW dan RT, yang senantiasa ber-upaya optimal memberi pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Sementara Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, H. Kusna Kurhana, S.IP., M.Si. menjelaskan, pihaknya akan senantiasa memperhatikan para Ketua RW dan RT, dengan memberi berbagai bantuan, dari mulai pakaian seragam dinas dan sepatu, hingga Mesin Tik dan bantuan operasional.

Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi juga menjelaskan, pada tahun mendatang, pihaknya akan mengusulkan bantuan untuk para Ketua RW dan RT tersebut, jumlahnya lebih besar lagi. Sebab peran dan fungsi para Ketua RW dan RT tersebut sangat penting, sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam bidang kependudukan.

Selain itu, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Bagian Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, ke depan akan ber-upaya optimal meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para Ketua RW dan RT. Diantaranya dengan memberi panduan tentang tugas RW dan RT, kelengkapan administatif seperti Mesin Tik, Alat Tulis Kantor (ATK) dan sebagainya, termasuk sosialisasi kondisi yang berkembang dan dihadapi, khususnya dalam bidang kependudukan.

 
Jumat, 21 Agustus 2009
WALIKOTA, KAPOLRES DAN KETUA UMUM MUI, TANDATANGANI DEKLARASI UMAT ISLAM
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., Kapolres Kota Sukabumi, AKBP Drs. Mochamad Hendra Suhartyono, M.Si., dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi, Profesor Doktor K.H. Dedi Ismatulloh Machdi, S.H., M.H., menandatangi Deklarasi Ummat Islam Kota Sukabumi, Menyongsong Bulan Suci Ramadhan Tahun 1430 Hijriyah, dan Upaya Terwujudnya Wihdatul Ummah.

Adapun isi dari Deklarasi Ummat Islam Kota Sukabumi tersebut, antara lain mengharap rahmat, inayah dan ridho Allah Taalla, serta berpegang teguh pada perintah Allah Taalla, dan meneladani Rosululloh Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, dalam menyongsong bulan suci Ramadhan Tahun 1430 Hijriyah, ummat Islam Kota Sukabumi, dengan penuh keyakinan dan istiqomah, untuk senantiasa menjaga dan memelihara kesucian bulan Ramadhan dari perbuatan-perbuatan yang membatalkan Shaum Ramadhan, diantaranya perbuatan kemunkaran, kemaksiatan, perjudian dan sebagainya, yang dilarang ajaran Islam dan ketentuan per-undang-undangan Negara RI.

Selanjutnya, melalui bulan suci Ramadhan, ummat Islam Kota Sukabumi akan memper-erat tali silaturahmi dan memperkokoh ukhuwah Islamiyah, demi terwujudnya Wihdatul Ummah.

Kemudian mendorong aparatur penegak hukum dan keamanan, untuk bertindak menertibkan masyarakat sebagaimana mestinya, demi kesucian bulan Ramadhan, sehingga tercapainya cita-cita masyarakat Kota Sukabumi yang lebih sehat, cerdas dan sejahtera, serta berparadigma Surgawi.

Penandatanganan Deklarasi Ummat Islam Kota Sukabumi tersebut, dilakukan Walikota Sukabumi, Kapolres Kota Sukabumi, dan Ketua Umum MUI Kota Sukabumi, pada acara pelepasan peserta Pawai Tarhib Ramadhan Tahun 1430 Hijriyah, Kamis pagi, 20 Agustus 2009 baru-baru ini, di jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Graha Qolbun Salim Kota Sukabumi.

Diharapkannya, seluruh potensi ummat Islam dan masyarakat Kota Sukabumi, agar memaknai Deklarasi tersebut, sebagai wujud nyata kecintaan terhadap Agama Islam yang Rahmatan Lil Alamin, serta dapat ditindak lanjuti di wilayahnya masing-masing, dengan tertib dan aman, sesuai prosedur hukum yang berlaku.

 
Jumat, 21 Agustus 2009
LURAH BENTENG SERAHKAN BANTUAN KEPADA KETUA RW, RT DAN TUKANG BECAK
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Lurah Benteng, Dadang Aludin, S.Sos., hari Jumat, 21 Agustus 2009, di Kantor Kelurahan Benteng, menyerahkan bantuan sebesar 16 juta 225 ribu rupiah, kepada 10 Ketua RW, 60 Ketua RT, dan 23 orang Tukang Becak.

Adapun besar bantuan yang diberikan kepada para Ketua RW tersebut sebesar 2 juta 500 ribu rupiah, atau masing-masing Ketua RW sebesar 250 ribu rupiah. Sedangkan bantuan yang diberikan kepada para Ketua RT sebesar 12 juta rupiah, atau masing-masing Ketua RT sebesar 200 ribu rupiah. Sementara bantuan yang diberikan kepada para Tukang Becak sebesar 1 juta 725 ribu rupiah, atau masing-masing Tukang Becak sebesar 75 ribu rupiah.

Dijelaskannya, bantuan yang diberikan kepada para Ketua RW, Ketua RT dan Tukang Becak tersebut, ber-asal dari Pemerintah Kota Sukabumi, serta diberikan secara rutin setiap tahun, tepatnya pada setiap bulan Ramadhan.

Maksud dan tujuan diberikannya bantuan kepada para Ketua RW dan RT tersebut, untuk memotivasi para Ketua RW dan RT, khususnya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam berbagai bidang, baik dalam bidang pemerintahan maupun pembangunan dan kemasyarakatan. Sedangkan diberikannya bantuan kepada para Tukang Becak, untuk membantu sekaligus meringankan beban mereka, khususnya dalam menghadapi hari pertama Shaum Ramadhan, atau yang lebih dikenal dengan sebutan hari “Munggahan”.

Diharapkannya, para Ketua RW dan RT, agar senantisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam berbagai bidang, termasuk keamanan, ketertiban dan kewaspadaan, dengan senantiasa meningkatkan Sistim Keamanan Lingkungan (Siskamling) di wilayahnya masing-masing, serta senantiasa melaporkan keadaan penduduk secara rutin, yakni datang, pidah, lahir dan mati, ter-utama para penduduk yang mengontrak atau yang kos di wilayahnya masing-masing. Maksud dan tujuannya, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya hal-hal yang dapat mengganggu terhadap Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayahnya masing-masing.

Sejumlah Ketua RW dan RT menandaskan, mereka siap meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam berbagai bidang, termasuk keamanan, ketertiban dan kewaspadaan, dengan senantiasa meningkatkan Siskamling di wilayahnya masing-masing, serta senantiasa melaporkan keadaan penduduk secara rutin, ter-utama para penduduk yang mengontrak atau yang kos di wilayahnya masing-masing.

 
Selasa, 28 Juli 2009
KETUA SIKIB BUKA SEMINAR PAUD DI KOTA SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Isteri Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, selaku Ketua Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Murniati Widodo AS, hari Selasa, 28 Juli 2009, di Aula SMK Negeri 1 Kelurahan Selabatu Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, secara resmi membuka Seminar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Penyuluhan Biopori dan Pengobatan Gratis.

Kedatangan Isteri Menkopolhukam RI dan Isteri-Isteri Menteri lainnya yang tergabung dalam SIKIB ini, diterima oleh Walikota Sukabumi, H. Mokhmad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., di Ruangan Utama Balaikota Sukabumi.

Ketua SIKIB, Murniati Widodo AS, dalam sambutannya saat membuka Seminar PAUD mengharapkan, dalam mendidik anak-anak usia dini, agar dilakukan tidak dengan cara kekerasan, tapi dengan cara yang lemah-lembut. Karena anak-anak usia dini tersebut, masih berada dalam usia yang sangat menentukan, khususnya untuk menempuh kehidupan selanjutnya. Berkaitan dengan hal tersebut, anak-anak usia dini tersebut, agar senantiasa diberi pelajaran dan pencerahan, dalam berbagai bidang pengetahuan dan keterampilan, sesuai kemampuan dan bakat masing-masing anak, untuk dikembangkan pada kehidupan selanjutnya.

Dijelaskannya, dibentuknya SIKIB ini, bertujuan untuk membantu sekaligus merealisasikan program pemerintah, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menuju Indonesia sejahtera. Untuk itu, SIKIB memiliki visi dan misi, yang diterjemahkan ke dalam 5 pilar utama. Yakni Indonesia Pintar, Indonesia Hijau, Indonesia Sehat, Indonesia Peduli, dan Indonesia Kreatif.

Guna mewujudkan visi dan misi tersebut, SIKIB senantiasa ber-upaya optimal melakukan berbagai kegiatan di berbagai daerah, termasuk di Kota Sukabumi. Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Kota Sukabumi, diantaranya Seminar PAUD, membentuk Kelurahan Sejahtera yang menjadi binaan SIKIB, yakni Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, serta membangun Rumah Pintar Kadeudeuh SIKIB, berlokasi di jalan Cijangkar, Gang Setuju RW 6 Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, termasuk melakukan penanaman 250 bibit pohon, membangun MCK Sanimas, Penyuluhan Biopori dan Pengobatan Gratis.

Usai membuka Seminar PAUD, Ketua SIKIB beserta rombongan, menuju SD Negeri Cijangkar Kelurahan Nanggeleng Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi, menyaksikan pelaksanaan Penyuluhan Biopori dan Pengobatan Gratis kepada masyarakat.

 
Selasa, 21 Juli 2009
KETUA TIM PENGGERAK PKK SERAHKAN 100 PAKET SEMBAKO KEPADA KAUM DHUAFA
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, Hajah Isye Muslikh Abdussyukur, menyerahkan 100 paket Sembako kepada kaum dhuafa. Penyerahan paket Sembako tersebut, dilakukan secara simbolis kepada 10 orang perwakilan kaum dhuafa, tepatnya pada peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad Tahun 1430 Hijriyah Tingkat Kota Sukabumi, hari Senin, 20 Juli 2009 baru-baru ini, di Mesjid Agung.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi menjelaskan, dilaksanakannya peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad Tahun 1430 Hijriyah ini, bertujuan supaya warga masyarakat Kota Sukabumi khususnya umat Islam, dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

Ditandaskannya, warga masyarakat Kota Sukabumi khususnya umat Islam, harus senantiasa ber-upaya optimal meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, ter-utama dalam melaksanakan kewajiban sholat lima waktu. Ditandaskan pula, peringatan Isra Miraj ini sangat penting dilaksanakan, untuk memper-erat tali persaudaraan antar komponen masyarakat, khususnya umat Islam.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, menghimbau segenap lapisan masyarakat, agar senantiasa ber-upaya optimal membangun pola kebersamaan dalam berbagai bidang. Karena dengan pola kebersamaan, berbagai bidang dan persoalan yang dihadapi, dapat diatasi dan diselesaikan dengan mudah. Selain itu, segenap lapisan masyarakat juga agar senantiasa meningkatkan keamanan dan ketertiban, sebagai bentuk pengembangan pola keterpaduan dan gotong royong masyarakat dengan aparat pemerintah.

Menyinggung dilaksanakannya penyerahan 100 paket Sembako kepada kaum dhuafa, menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kota Sukabumi kepada warga masyarakat, khususnya masyarakat kaum dhuafa.

Sejumlah kaum dhuafa mengatakan, mereka menyambut baik atas dilaksanakannya penyerahan paket Sembako tersebut. Karena sangat besar manfaatnya, khususnya dalam membantu meringankan beban kehidupan mereka.

 
Rabu, 24 Juni 2009
JAJAY ANAWIJAYA TERPILIH SEBAGAI KETUA PWI PERWAKILAN SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Wartawan Progresif, Jajay Anawijaya, terpilih sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Sukabumi, menggantikan Ketua lama, Mohamad Faisal Anwar Bagindo, wartawan Media Indonesia.

Terpilihnya Ketua PWI tersebut, berdasarkan hasil konferensi PWI, yang berlangsung hari Senin, 22 Juni 2009 baru-baru ini, di Hotel Pangrango Sukabumi.

Konferensi yang dihadiri unsur Muspida Kota dan Kabupaten Sukabumi, Sekretaris PWI Cabang Jawa Barat, Uyun Achadiat, dan undangan lainnya ini, dibuka oleh Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., dan ditutup oleh Wakil Walikota Sukabumi, Drs. H. Mulyono, M.M.

Baik Walikota Sukabumi maupun Wakil Walikota Sukabumi, dalam kesempatannya mengharapkan kepada segenap wartawan, agar dalam setiap menjalankan tugas profesinya, senantiasa menjaga dan berpedoman pada kode etik jurnalistik, sehingga karya jurnalistik yang dihasilkannya dapat memberikan dampak yang positif.

Untuk itu, PWI sebagai tempat berhimpunnya wartawan, agar senantiasa eksis dan kontinyu melakukan pembinaan terhadap anggota dan segenap wartawan yang bertugas di Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Diharapkan pula, hubungan antara Pemerintah Kota Sukabumi dengan PWI Perwakilan Sukabumi dan seluruh wartawan yang bertugas di Kota dan Kabupaten Sukabumi, tetap terjalin dengan baik dan sinkron.

Sementara Jajay Anawijaya, dalam kesempatannya mengatakan, terpilihnya menjadi Ketua PWI tersebut, merupakan amanah dan kepercayaan dari segenap anggota PWI Perwakilan Sukabumi. Untuk itu, pihaknya akan ber-upaya optimal melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Menyinggung program kerja yang akan segera dilaksanakan, menurut Jajay Anawijaya, yakni melakukan pembenahan dan penataan Sekretariat PWI, termasuk mendata wartawan yang bertugas di Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Dijelaskannya, jumlah wartawan yang bertugas di Kota dan Kabupaten Sukabumi, baik media cetak maupun media elektronik, saat ini mencapai lebih kurang 500 orang. Namun dari jumlah tersebut tidak semuanya aktif, karena banyak yang sudah tidak memiliki media.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak Humas Kota dan Kabupaten Sukabumi, untuk mengecek jumlah wartawan media cetak dan elektronik, baik yang masih ada medianya maupun yang sudah tidak ada medianya, jangan sampai yang medianya sudah tidak ada, akan tetapi wartawannya masih melakukan aktifitas di lapangan.

Dijelaskan pula, dalam periode kepemimpinannya selama 3 tahun ke depan, pihaknya akan merekrut anggota baru, sebagai salah satu upaya regenerasi. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pendekatan normatif kepada segenap wartawan yang aktif, baik wartawan media cetak maupun media elektronik yang bertugas di Kota dan Kabupaten Sukabumi, supaya dalam setiap menjalankan tugas profesinya, senantiasa menjaga dan berpedoman pada kode etik jurnalistik.

 
Kamis, 28 Mei 2009
LURAH LEMBURSITU LANTIK PARA KETUA RT DAN KETUA RW 1 WARUNGKALAPA
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Lurah Lembursitu, Drs. Dodi Supriadi, M.M., hari jumat siang, 22 Mei 2009, melantik para Ketua RT, yang terdiri dari Ketua RT 1, Ajat Sudrajat, Ketua RT 2, Cepi Irawan, dan Ketua RT 3, Wahyu, serta Ketua RW 1 Warungkalapa, Aceng. Hadir dalam pelantikan tersebut, jajaran pengurus LPM, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Pemuda, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Lurah Lembursitu mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada para Ketua RT dan jajaran Pengurus RW 1 Warungkalapa yang lama, atas berbagai pengabdian dan pengorbanannya, dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat di berbagai bidang, baik di bidang pemerintahan maupun di bidang pembangunan dan bidang kemasyarakatan.

Diharapkannya, pengabdian dan pengorbanan para Ketua RT dan jajaran Pengurus RW 1 Warungkalapa yang lama, senantiasa dijadikan lumbung amal saleh, serta mendapat balasan berlipat ganda dari Allah Taalla.

Sedangkan kepada para Ketua RT dan jajaran Pengurus RW 1 yang baru, Lurah Lembursitu mengucapkan selamat bertugas, khususnya dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat di berbagai bidang, termasuk dalam meningkatkan keamanan dan ketenteraman masyarakat, dengan senantiasa meningkatkan kegiatan Ronda Malam atau Siskamling di wilayahnya masing-masing. Hal tersebut perlu dilakukan, untuk menunjang kelancaran dan kesinambungan pelaksanaan berbagai bidang pembangunan, baik pembangunan fisik maupun non fisik, khususnya di wilayah RW 1 Warungkalapa.

Pada bagian lain sambutannya, Lurah Lembursitu menjelaskan tentang Daftar Pemilih Tetap (DPT) RW 1 dalam pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) yang dijadualkan berlangsung pada tanggal 8 Juli 2009 mendatang, disatukan dengan DPT RW 2. Maksud dan tujuannya, selain untuk memudahkan pengaturan Tempat Pemungutan Suara (TPS), juga untuk menunjang kelancaran, ketertiban dan keberhasilan pelaksanaan Pilpres.

 
Senin, 27 April 2009
UCAPAN TERIMA KASIH KETUA TIM PENGGERAK PKK KOTA SUKABUMI KEPADA SELURUH MASYARAKAT KOTA SUKABUMI
Reporter : SYIFA
 

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, Ny.Hj. Isyeu Muslikh Abdussyukur mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh anggota Tim Penggerak PKK dan segenap lapisan masyarakat yang telah peduli dan berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan penyerahan bantuan bagi korban bencana alam Situ Gintung.

Dikatakannya, sumbangan ini merupakan semata-mata karena rasa tanggung jawab dan bentuk kepedulian sosial bagi mereka yang telah tertimpa musibah yang sangat memilukan serta sangat membutuhkan dukungan baik itu dukungan moril maupun dukungan materil.

"Semangat kebersamaan, kepedulian sosial serta kekeluargaan dan ketulusan yang telah ditunjukan oleh seluruh Anggota Tim Penggerak PKK dan segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi semoga akan tetap terpelihara, khususnya dalam partisipasi kegiatan kemanusiaan dan bantuan dana untuk berbagai kejadian bencana di negeri ini. Untuk itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi mengajak semua pihak untuk terus melakukan aksi-aksi nyata yang konstruktif. Karena bantuan sekecil apapun yang dilakukan, kelak bisa menjadi langkah yang besar bagi kehidupan masyarakat yang membutuhkan, khususnya bagi mereka yang sedang tertimpa musibah".

Sumbangan berupa uang tunai 5,4 juta rupiah, 6 dus besar pakaian layak pakai dan 3 dus mie instans tersebut telah diserahkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK beserta anggotanya dan diterima oleh Walikota Tangerang secara langsung pada tanggal 21 April 2009 bertempat di Pos Penanggulangan Bencana Alam Cireundeu Tangerang.

"Diharapkan sumbangan yang telah diberikan, baik berupa uang tunai maupun pakaian layak pakai dan mie instant tersebut, dijadikan salah satu amal sholeh, serta mendapat balasan berlipat ganda dari Allah Taalla", demikian ungkap Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi.

 
Minggu, 15 Februari 2009
SUDRAJAT TERPILIH JADI KETUA KWARAN KECAMATAN CITAMIANG
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Sudajat terpilih menjadi Ketua Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi, periode tahun 2009-2013. Karena Sudrajat berhasil mengungguli rival-rivalnya, pada pemilihan ketua organisasi kepanduan tersebut, yang dilaksanakan pada hari Rabu belum lama ini, di SDN Pakujajar CBM Kecamatan Citamiang.

Dengan terpilihnya menjadi Ketua Kwaran Gerakan Pramuka tersebut, Sudrajat menghimbau jajaran pengurus dan anggota, untuk senantiasa memberi dukungan dan bantuan, termasuk kerjasama, persatuan dan kesatuan, supaya berbagai program kegiatan serta visi misi yang diemban orgnisasi tersebut, dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Dengan demikian, kepengurusan periode tahun 2009-2013 ini, bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi. Sebab tugas baru yang diembannya selaku Ketua Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Citamiang tersebut, merupakan amanah yang harus dilaksanakan secara optimal dan dipertanggung-jawabkan.

Adapun program kerja yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat beserta jajaran pengurus lainnya, yakni melanjutkan program kerja yang belum selesai direalisasikan oleh kepengurusan periode tahun sebelumnya.

Selain itu, juga akan melaksanakan penertiban tata laksana adminitasi organisasi, serta mengembangkan potensi yang dimiliki jajaran pengurus dan anggota. Hal tersebut sangat penting dilakukan, supaya jajaran pengurus dan anggota Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Citamiang, bisa lebih aktif, kreatif dan berkualitas, sehingga mampu bersaing dengan Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan-Kecamatan lainnya di Kota Sukabumi.

Disamping itu, juga mampu meraih prestasi yang dapat membanggakan semua pihak, khususnya dalam bidang kepanduan, guna menunjang pencapaian visi pembangunan Kota Sukabumi, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa; serta visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi tahun 2008-2013, yakni Dengan Iman dan Taqwa Mewujudkan Pemerintahan yang Amanah Berparadigma Surgawi, Menuju Kota Sukabumi yang Cerdas, Sehat dan Sejahtera.

 
Selasa, 11 November 2008
KETUA I KONI JAWA BARAT LANTIK PENGURUS KONI KOTA SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua I KONI Jawa Barat, Dadang Muchtar, Selasa pagi, 11 November 2008, di Gedung Juang 45, melantik jajaran pengurus KONI Kota Sukabumi, periode tahun 2008-2012.

Dalam sambutannya, Ketua I KONI Jawa Barat mengucapkan terima kasih kepada jajaran panitia penyelenggara Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) Sukabumi, yang telah menghasilkan jajaran pengurus KONI Kota Sukabumi periode tahun 2008-2012 dengan baik dan lancar.

Diharapkannya, jajaran pengurus KONI Kota Sukabumi, dapat memberikan kontribusi kepada KONI Jawa Barat, dengan peraihan prestasi dalam berbagai cabang olahraga, baik di tingkat regional maupun di tingkat nasional.

Sedangkan kepada jajaran Pemerintah Kota Sukabumi, Ketua I KONI Jawa Barat mengharapkan, agar senantiasa memberi dukungan positif kepada KONI Kota Sukabumi, khususnya dalam upaya pengembangan dan peningkatan prestasi olahraga, baik secara moril maupun materil, termasuk pengadaan sarana dan prasarana olahraga di Kota Sukabumi.

Sementara Ketua Umum KONI Kota Sukabumi periode tahun 2008-2012, H. Sutisna, S.H., dalam sambutannya mengatakan, seluruh jajaran pengurus KONI Kota Sukabumi periode tahun 2008-2012, merupakan amanah yang harus dilaksanakan dan dipertanggung-jawabkan, khususnya dalam mengembangkan dan meningkatkan prestasi olahraga di Kota Sukabumi.

Adapun prestasi olahraga yang berhasil diraih KONI Kota Sukabumi pada PON 17 di Kalimantan Timur, yakni 5 medali emas, 2 medali perak dan 1 medali perunggu, masing-masing untuk Cabor Kempo 2 emas dan 1 perak, Cabor Atletik 1 emas, Cabor Senam 1 perunggu, dan Cabor BPOC 2 emas dan 1 perak.

Untuk lebih mengembangkan dan meningkatkan peraihan prestasi olahraga di Kota Sukabumi, Ketua Umum KONI Kota Sukabumi mengajak kepada segenap jajaran pengurus, agar senantiasa meningkatkan pengabdian, tanggung-jawab dan kebersamaan, khususnya dalam menggali potensi dan melakukan pembinaan terhadap para atlet dari berbagai Cabang Olahraga.

 
Kamis, 6 November 2008
WALIKOTA SUKABUMI : TERPILIH MENJADI KETUA APEKSI KOMWIL III ADALAH AMANAT
Reporter : Tim Liputan
 

Walikota Sukabumi, H. Mokh. Muslikh Abdussyukur, SH., M.Si., akhirnya terpilih menjadi Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komisariat Wilayah III periode 2008-2011, menggantikan ketua lama yang dijabat oleh Walikota Solo, Joko Widodo. Terpilihnya Walikota Sukabumi ini setelah melalui sidang komisi dan sidang pleno yang dilaksanakan pada Muskomwil III APEKSI di Hotel Pangrango, Kamis, 6 Nopember 2008.

Adapun susunan kepengurusan APEKSI Komwil III Periode 2008-2011 adalah sebagai berikut : Ketua : Walikota Sukabumi; Wakil Ketua : Walikota Pekalongan; Sekretaris bukan anggota : Sekretaris Daerah Kota Sukabumi; dan Bendahara bukan anggota : Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Sukabumi.

Pengurus APEKSI Komwil III yang baru saja terbentuk, dikukuhkan oleh Walikota Solo, Joko Widodo, di Meeting Room Hotel Pangrango sesaat setelah sidang Pleno ditutup. Dalam sambutannya,Walikota Sukabumi mengungkapkan bahwa jabatan yang ia emban sebagai Ketua APEKSI Komwil III merupakan amanat dari para Walikota sekaligus juga dari masyarakat di kota-kota se-Komwil III, untuk melanjutkan tugas-tugas dan keberhasilan dari pengurus yang lama terutama dalam menjalin kerjasama dan kemitraan antar kota.

“Rekomendasi-rekomendasi yang dihasilkan dari Muskomwil III ini merupakan Pekerjaan Rumah yang harus dilaksanakan oleh pengurus baru. Namun, hal tersebut tentu tidak akan terwujud tanpa adanya kebersamaan. Oleh karena itu saya berharap dengan terbentuknya kepengurusan yang baru ini akan membuat para anggota APEKSI khususnya Komwil III dapat menjalin kerjasama yang lebih solid, sehingga tujuan kita melindungi segenap bangsa Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan rakyat akan tercapai dengan adanya kebersamaan,” harapnya.

Sementara itu, Walikota Solo, Joko Widodo, mewakili pengurus lama mengharapkan kepengurusan yang baru akan dapat melanjutkan keberhasilan yang telah diraih oleh pengurus lama sekaligus juga membuat inovasi-inovasi baru dalam masa kepengurusan tiga tahun kedepan. Pengurus yang baru hendaknya menganut paradigma hijrah, yakni bahwa hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.

 
Minggu, 12 Oktober 2008
WAKIL WALIKOTA DAN WAKIL KETUA DPRD AKAN SALURKAN ASPIRASI PARA MAHASISWA
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Wakil Walikota Sukabumi, Drs. H. Mulyono, M.M., berjanji akan menyalurkan aspirasi para mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), tentang pengesahan RUU Pornografi.

Ditandaskannya, kendati pengesahan RUU tersebut tengah dibahas dan merupakan kewenangan pusat, akan tetapi Pemerintah Kota Sukabumi tidak akan tinggal diam atas maraknya pornografi. Oleh karenanya, Pemerintah Kota Sukabumi akan menyalurkan aspirasi yang disampaikan para mahasiswa tersebut ke pusat. Selain itu, Pemerintah Kota Sukabumi akan memasukan pornografi ke dalam Peraturan Daerah, Tentang Anti Maksiat. Ditandaskan pula, Pemerintah Kota Sukabumi akan menindak tegas terhadap setiap orang yang sengaja memamerkan gambar pronografi di muka umum.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, Drs. H. Munandi Saleh. Dikatakannya, pihak DPRD Kota Sukabumi akan menampung sekaligus menyalurkan aspirasi para mahasiswa tersebut ke pusat. Karena pengesahan RUU tersebut, merupakan isu nasional dan kewenangan pusat.

Sementara Ketua KAMMI Daerah Sukabumi, Rizal Adityanto, saat ber-orasi menyampaikan aspirasi para mahasiswa tersebut, hari Kamis baru-baru ini, meminta kepada pemerintah, agar segera mengesahkan RUU Pornografi. Karena apabila tidak segera disahkannya RUU tersebut, aksi pornografi dan porno-aksi akan semakin marak.

Dikatakannya, dengan semakin maraknya aksi pornografi yang ditayangkan di media cetak dan elektronik, akan berdampak negatif terhadap upaya peningkatan dan derajat moral bangsa.

Demikian pula dengan porno-aksi yang sering dipamerkan oleh para selebritis, baik di media cetak maupun di media elektronik, akan berpengaruh terhadap kehidupan buruk masyarakat, khsusnya di kalangan kaum muda.

 
Kamis, 11 September 2008
PEMERINTAH KOTA SUKABUMI ANGGARKAN BANTUAN KEMATIAN UNTUK KETUA RT DAN RW
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Pemerintah Kota Sukabumi, akan menganggarkan bantuan kematian sebesar 1 juta 500 ribu rupiah, untuk Ketua RT dan RW yang meninggal dunia. Baik Ketua RT dan RW yang masih menjabat, maupun Ketua RT dan RW yang sudah tidak menjabat.

Seperti disampaikan Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, H. Kusna Kurhana, S.IP., M.Si. baru-baru ini, bantuan tersebut akan diberikan langsung kepada kelurganya. Maksud dan tujuannya, untuk meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan Pemerintah Kota Sukabumi kepada Ketua RT dan RW.

Dijelaskan pula, selain akan diberi bantuan kematian, para Ketua RT dan RW setiap tahun diberi bantuan oleh Pemerintah Kota Sukabumi, tepatnya pada setiap bulan Ramadhan. Adapun bantuan untuk para Ketua RT tahun ini, masing-masing sebesar 250 ribu rupiah, dan untuk para Ketua RW masing-masing sebesar 300 ribu rupiah, ada peningkatan dari tahun lalu masing-masing sebesar 50 ribu rupiah.

Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi, saat ini baru bisa merealisasikan bantuan kepada para Ketua RT dan RW sebesar itu, karena keterbatasan anggaran yang dimiliki. Diharapkannya, pada tahun-tahun mendatang, bantuan untuk para Ketua RT dan RW tersebut dapat ditingkatkan kembali.

Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi menandaskan, diberikannya bantuan tersebut, sebagai bentuk penghargaan dan kepedulian Pemerintah Kota Sukabumi kepada para Ketua RT dan RW, atas berbagai pengabdian dan pengorbanannya dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

Diharapkannya, dengan diberi bantuan tersebut, dapat meningkatkan semangat dan kinerja para Ketua RT dan RW di Kota Sukabumi, khususnya dalam memberi pelayanan kepada masyarakat, baik dalam bidang pemerintahan maupun dalam bidang pembangunan dan kemasyarakatan di wilayahnya masing-masing.

 
Selasa, 12 Agustus 2008
KETUA PENGDA PMI JAWA BARAT LANTIK PENGCAB PMI KOTA SUKABUMI MASA BHAKTI 2008-2013
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) PMI Jawa Barat, Drs. H. Karna Suwanda, Selasa, 12 Agustsus 2008, di Operation Room Setda Kota Sukabumi, melantik jajaran Pengurus Cabang (Pengcab) PMI Kota Sukabumi, masa bhakti tahun 2008-2013. Antara lain, Ketua Charly Dahlan, S.IP., S.HI., Wakil Ketua Drs. Beni Haerani, M.M.,Yana Suryana, Zaini, S.Ag., M.M.Pd. dan H. Asep Yudi Salikin, S.Ag., Sekretaris Edi Sutedi, S.Pd., Wakil Sekretaris Heri Sepul Bahri, Bendahara Dokter Wiwi Edhie Yulaviani, Anggota H. Oscar Lesnusa, S.H., M.M., Dokter Edo Alan Delis dan Asep L. Sukanta, S.Pd.

Jajaran Pengurus Cabang PMI Kota Sukabumi tersebut, merupakan hasil musyawarah ke-10 Pengurus Cabang PMI Kota Sukabumi, yang dilaksanakan di Operation Room Setda Kota Sukabumi, beberapa waktu yang lalu.

Dalam sambutannya, Ketua Pengda PMI Jawa Barat mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada jajaran pengurus lama PMI Cabang Kota Sukabumi, atas berbagai pengorbanan dan pengabdiannya, khususnya yang berkaitan dengan kegiatan kepalang-merahan dan kemanusiaan.

Sedangkan kepada jajaran pengurus baru PMI Cabang Kota Sukabumi, Ketua Pengda PMI Jawa Barat mengucapkan selamat, seraya berharap agar meningkatkan pengorbanan dan pengabdian, sekaligus meningkatkan berbagai kegiatan kepalang-merahan dan kemanusiaan, untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, Insinyur H. Fifi Kusumajaya, M.M., Asisten Administrasi Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Kostaman, M.M., para Kepala SKPD, dan undangan lainnya.

 
Kamis, 13 Desember 2007
KETUA TP PKK DAN MUI KUNJUNGI MAJELIS TAKLIM AL MUJAHIDIN
Reporter : Riksan
 

Ketua TP-PKK hari ini bersama jajaran MUI mengadakan silaturahmi ke Majelis Taklim Al – Mujahidin Kelurahan Lembursitu Kecamatan Lembursitu. Silaturahmi ini juga dihadiri oleh para anggota Majelis Taklim yang terdiri dari ibu – ibu pengajian yang menyesaki ruangan masjid Al- Mujahidin. Selain itu acara ini juga dihadiri Ketua MUI kota Sukabumi, Prof.Dr. Dedi Ismatullah, S.H, M.H., yang membawa serta para alim ulama. Hadir pula dalam acara ini Camat Lembursitu dan lurah Lembursitu.

Berbicara dalam sambutannya Ketua TP – PKK, Ny.Hj.Isye Muslikh, mengharapkan agar para ibu – ibu pengajian menjauhkan sifat iri, dengki dan menganiaya orang lain. Sifat – sifat ini sangat penting dimiliki untuk menciptakan masyarakat yang damai, tentram, dan sejahtera, yang merupakan implementasi dari paradigma surgawi. Dalam acara ini juga Ketua TP – PKK memberikan santunan kepada Majelis Taklim Al – Mujahidin yang diterima langsung oleh Ketua Majelis Taklim tersebut.

Pada akhir acara Ketua TP – PKK menyempatkan diri untuk berkeliling dan bersalaman dengan semua ibu – ibu yang hadir pada acara ini.

 
Rabu, 14 November 2007
KUNJUNGAN KERJA KETUA TP-PKK PROP JABAR
Reporter : Riksan Satyaprawira
 

Ketua TP-PKK Prop.Jabar, Ibu Hj.Danny Setiawan hari Selasa kemarin ( 13 / 11 ) melakukan kunjungan kerja ke TP-PKK kelurahan Gunung Parang Kota Sukabumi. Dalam kunjungan tersebut Ketua TP – PKK Prop.Jabar beserta rombongan melakukan re-checking UP2K ( Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga ) TP- PKK Kelurahan Gunung Parang.

Seperti yang dikatakan beliau dalam sambutannya, bahwa UP2K merupakan salah satu usaha PKK dalam mewujudkan keluarga sejahtera dan mandiri. UP2K diharapkan mampu mendongkrak pendapatan keluarga sehingga tingkat kesejahteraan pun akan meningkat.

Sementara itu dalam sambutannya, Walikota Sukabumi, H.Mokh.Muslikh Abdussyukur, SH, M.Si, mengatakan bahwa kiprah PKK dalam peningkatan IPM kota Sukabumi sangat penting. Hal ini tidak terlepas dari program – program kerja PKK yang sesuai dan mendukung visi Kota Sukabumi. Beliau juga menandaskan bahwa Kota Sukabumi akan selalu mendukung visi Jabar yaitu “ Dengan iman dan taqwa menjadi propinsi termaju di Indonesia dan menjadi mitra terdepan ibukota “.

Saat ini program UP2K, seperti yang dipaparkan ketua PKK kelurahan Gunung Parang, telah berjalan sebagaimana mestinya walaupun masih terdapat beberapa kendala. Usaha – usaha yang berkembang dari program UP2K ini diantaranya usaha makanan dan minuman.

Sementara itu dalam kunjungannya kali ini Ketua TP-PKK Prop.Jabar, Ibu Hj.Danny Setiawan, juga membagikan air minum dan biskuit kepada siswa – siswi SD CBM Dewi Sartika dan siswa – siswi se-kecamatan Cikole. Selain itu beliau juga memberikan dana stimulant kepada TP-PKK Kel.Gunung Parang sebesar Rp.2.500.000 dan juga sajadah sebanyak 500 buah kepada Ketua MUI Kec.Cikole yang sebagian dibagikan pada saat acara kunjungan dan sisanya akan diberikan dirumah dinas walikota pada acara pengajian rutin.

 
Selasa, 9 Oktober 2007
TUKANG BECAK, KUSIR DELMA, KETUA DKM, DAN LANSIA TERIMA BANTUAN
Reporter : Riksan Satyaprawira
 

Pagi ini Selasa, 9 Oktober 2007 bertempat diRuper Setda kota Sukabumi, dilaksanakan pemberian bantuan kepada para tukang becak, kusir delman, ketua DKM, dan lansia jompo se-kota Sukabumi.

Dalam laporannya, Asda II, Ir.H.F.Kusumajaya, M.M., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan usaha pemerintah dalam mengatasi kerawanan sosial dan perwujudan dari kesalehan sosial. Hal ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk membantu kesejahteraan para warga yang kurang mampu. Untuk tahun ini tukang becak yang diberi bantuan adalah sebanyak 447 orang, sedangkan tukang delman sebanyak 131 orang, ketua DKM sebanyak 370 orang, dan lansia jompo sebanyak 3663 orang.

Sedangkan dalam arahannya Walikota Sukabumi, H.Mokh.Muslikh Abdussyukur, S.H,M.Si., mengatakan bahwa ini merupakan wujud kecintaan pemerintah kepada rakyatnya dan merupakan sesuatu yang memang seharusnya dilakukan oleh pemerintah. Karena sesuai dengan 4 pilar untuk menjadikan Kota Sukabumi maju yaitu ilmunya para ulama, adilnya para pemimpin, dermawannya kaum aghniya, dan doa kaum dhuafa. Selain itu hal ini juga dilaksanakan hanya berselang beberapa hari dengan momen yang dinanti – nanti umat islam selama bulan Ramadhan ini, yaitu hari raya Idul Fitri yang akan diperingati pada hari Sabtu tanggal 13 Oktober 2007. Semoga bantuan yang diberikan ini setidaknya bisa sedikit meringankan beban para penerima bantuan dalam menghadapi hari raya Idul Fitri.

Walikota juga mengatakan dengan adanya bantuan ini bukan berarti warga kurang mampu didiskreditkan tetapi pemberian bantuan ini memang suatu kewajiban pemerintah dalam menyejahterakan masyarakatnya. Tak lupa dalam akhir sambutannya beliau mengucapkan selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin kepada para semua tamu undangan yang hadir.

Bantuan ini secara simbolis diberikan kepada 4 orang yang mewakili 4 kelompok penerima bantuan. Besarnya bantuan adalah Rp.50 ribu tiap orang. Untuk selanjutnya bantuan ini akan diserahkan melalui lurah – lurah dimasing – masing kelurahan.

 
Selasa, 28 Agustus 2007
KETUA TIM PENGGERAK PKK KOTA SUKABUMI BUKA TURNAMEN BOLA VOLI
Reporter : Riksan
 

Sebanyak 28 tim dari 7 RW yang ada di Perumahan Baros Kencana ambil bagian dalam turnamen bola voli dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-62. Para peserta merupakan anggota tim penggerak PKK.

Turnamen ini dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, Ny.Hj.Isye Muslikh, kemarin, Senin 26 Agustus 2007 bertempat dilapangan bola voli perum Baros Kencana. Dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK mengatakan bahwa turnamen ini diharapkan merupakan sebuah kontribusi terhadap pencapaian kota Sukabumi menuju kota sehat. Beliau juga mengharapkan semua peserta dapat memberikan yang terbaik dalam turnamen ini dan tidak ada yng cedera.

Pada pembukaan turnamen ini juga digelar bazaar yang menampilkan penganan - penganan yang merupakan hasil olahan ibu – ibu anggota Tim Penggerak PKK.

 
Senin, 25 September 2006
UANG MUNGGAH BAGI PARA PENARIK BECAK, KUSIR DELMAN, DAN PARA KETUA RW DAN RT
Reporter : Deden Dendayasa
 

Pepatah agama menyerukan , Kalau suatu negara atau daerah ingin aman, tanda kuncinya ada empat, ilmunya ulama, adilnya pemimpin, dermawannya orang kaya dan doanya kaum dhuafa atau masakin, yang jelas apabila hal ini memiliki nilai implementatif , seiring dengan tuntunan yang ada, insya Allah negara Indonesia akan berdiri tegak, aman, tentram dan damai. Hal itulah yang coba diterapkan kota Sukabumi.

Satu sama lain saling mengisi, saling melengkapi dan saling memberikan arti, terjalinnya nuansa kebersamaan, saigel sapihanean, ka cai jadi saleuwi, ka darat jadi salebak, reugreug pageuh, repeh rapih, budaya gotong royong di kota Sukabumi, benar-benar menjadi suatu langkah antisipasi , upaya melestarikan budaya bangsa yang kini nyaris terkikis oleh budaya asing.apalagi diera globalisasi saat ini,

Memang untuk mengembalikan citra budaya gotong royong ini tidak semudah membalikan sebuah telapak tangan, diperlukan waktu dan proses serta partisipasi aktif, kesiapan dan persiapan dari semua komponen yang ada, terutama peran alim ulama dan umaro yang memiliki nilai strategis dalam menterjemahkan semua ini, secara sosialitatif mudah difahami, dihayati dan secara optimal mampu diterjemahkan ditingkat aplikasi oleh segenap lapisan masyarakat.

Melalui efektivitas apel pagi, pengajian rutin, sholat subuh berjamaah di mesjid Agung dan mesjid Al Ikhlas Balaikota, senam kesegaran jasmani dan kegiatan sosial lainnya, bagi pemerintah kota Sukabumi menjadikan sebuah simfoni (Sisipan Informasi terkini) secara gencar digulirkan , sehingga mampu melahirkan fenomena baru yang dapat melahirkan suatu nilai kebersamaan, keterpaduan ditingkat aparatur dan segenap lapisan masyarakat, dalam rangka menyongsong hari esok yang lebih elok.

Walikota, H. Mokh. Muslikh Abdussyukur, di sela-sela kesibukannya, tidak segan-segan turun kebawah (Turba), untuk melakukan evaluasi dini ke tingkat kecamatan dan kelurahan, terutama yang menjadi skala prioritas adalah kondisi realita warga kurang mampu, yang perlu mendapat perhatian dan penanganan serius dari fihak dinas instansi terkait, diberdayakan optimal efektif dan efisien, tepat sasaran, sampai kepada hak yang menerimanya, sehingga berhasil guna dan berdaya guna.

Setiap menghadapi bulan suci Ramadhan dan lebaran semua abang-abang becak dan kusir delman dikumpulkan, diberikan bantuan, dan secara administratif tidak mengenyampingkan tempat kediaman mereka, warga kota maupun kabupaten , yang namanya tukang becak dan para sais diberikan uang munggah dan THR, dengan harapan mereka dapat melaksanakan ibadah puasa dengan baik, minimal mampu membantu dari sisi kesiapan pangan untuk berpuka puasa dan makan sahur, jangan sampai dihari pertama ini belum memiliki sembako.

Dibulan Suci Ramadhan tidak sebatas abang becak dan para kusir delman yang mendapatkan santunan, termasuk para ketua RW dan RT, mendapat Tunjangan Hari Raya (THR), dan setiap tahun bantuan tersebut mendapat kenaikan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada, sebagai perhatian khusus dari pemerintah kota Sukabumi, terhadap para ketua RW dan RT sebagai ujung tombak dan tembok di masyarakat yang sampai saat ini tidak mendapat upah. Sehingga pantas apabila setiap tahun mereka mendapat THR.

Ditegaskan H. Mokh. Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., baik para ketua RW-RT maupun abang becak, sebenarnya telah memberikan andil yang cukup besar, bagi kelancaran roda kepemerintahan, termasuk abang becak dalam memberikan pelayanan jasa transportasinya kepada masyarakat pengguna jasa angkutan non mekanik.

Pengguliran dana bantuan uang munggah bagi 758 abang becak tahun 2006 di kota Sukabumi dilaksanakan 2 hari sebelum tibanya bulan suci Ramadhan 1427 hijriyah, secara simbolis diserahkan Walikota di ruang pertemuan dan secara keseluruhan dilaksanakan di Kantor Kesbang dan Pol PP .

Setiap Pengguliran dana bantuan tersebut, selalu mendapat perhatian antusias dari berbagai kalangan, termasuk insan pers dari berbagai media massa, baik cetak mapun elektronik, sebagai barang langka dan aktual, laik siar yang perlu dicatat dan dicontoh oleh kota kabupaten lain di indonesia. Sebagaimana yang diutarakan oleh kalangan pers dari Surat kabar sunda SKS Giwangkara biro sukabumi ( Dendayasa ), Dany S Wirya HU PR, Budi Darmawan (Pakuan Raya), Ary Koran puncak, Rachmat Radar Bogor, Joko HU Kompas, Ajun Gala media, Trans TV Adhin, . Akasa ANTV, Asep Didi SCTV, Wulan Indosiar, Yosep RCTI, Abdul Jalil Metro TV, Lativi Fitriansyah Avez , Dadang SSTV , dan sejumlah media massa lainnya yang memanfaatkan momen kegiatan tersebut yang laik untuk disebarluaskan keseluruh penjuru pelosok tanah air.

Diungkapkan H. Mokh. Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., semua dana bantuan tersebut berasal dari APBD yang dikeluarkan setiap tahunnya 2 setengah persen, sesuai dengan tuntunan agama , agar keberadaan APBD ini mendapat kebarokahan dari Allah Subhanahu Wata’ala , bagi kepentingan masyarakat. Yakni dari masyarakat untuk dikembalikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Mungkin inilah kiat , atau sebagai tanda kuncinya keberhasilan kota Sukabumi, yaitu perhatian terhadap wong cilik menjadi prioritas utama, sehingga sektor pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan berjalan dengan kondusif ,tertib, aman dan damai, dijauhkan dari segala kemungkinan kemungkinan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.

Memahami kondisi demikian, akhirnya tidak sedikit kalangan investor dari berbagai daerah menanamkan modalnya di kota Sukabumi, secara kompetitif mewarnai suhu prekonomian yang dapat membantu pemerintah, dalam meminimalisir tingkat pengangguran yang ada. Karena kepemerintahan yang baik, State, Privat sector dan Civil Society.

Menurut para ketua RW dan RT , termasuk abang-abang becak, bahwa mereka tidak melihat besar kecilnya bantuan yang diberikan, yang terpenting perhatian pemerintah kota Sukabumi, benar-benar telah membuat riang keluarga, minimal pada hari pertama bulan suci ramadhan ini, tidak terlalu disulitkan untuk menguras tenaga /keringat untuk mencari nafkah. Oleh karena itu ungkap Udin, salah seorang abang becak, “ Kami atas nama pribadi dan keluarga serta abang becak menyampaikan ungkapan rasa syukur dan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada pemerintah kota Sukabumi, yang telah dapat memberikan sesuatu kepada rakyat sebelum rakyat minta”.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013