| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Kamis, 17 April 2014
Berita Utama

4/16/2014
WALIKOTA SUKABUMI DAPAT PENGHARGAAN GUBERNUR JAWA BARAT
 
4/16/2014
WALIKOTA SUKABUMI SAMPAIKAN LKPJ TAHUN ANGGARAN 2013
 
4/16/2014
PERINGATAN KE 135 HARI KARTINI TINGKAT KOTA SUKABUMI 2014
 
Untitled Document
 
Jumat, 26 April 2013
KEMAJUAN BIDANG PERTANIAN DI SUATU NEGARA
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si. menandaskan, kemajuan bidang pertanian di suatu negara, tidak terlepas dari keseriusan negara yang bersangkutan, dalam mengembangkan penelitian pertanian. Contohnya seperti Negara Thailand, kendati luas lahan pertaniannya jauh di bawah negara kita, namun hasil produk pertaniannya jauh menggungguli negara kita, baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitasnya.

Adapun salah satu kunci sukses negara tersebut, karena negara tersebut menempatkan research and development, sebagai bagian yang sangat penting dalam pembangunan bidang peertanian. Dikatakannya, melalui ketekunan para peneliti pertanian di negara tersebut, telah menghasilkan varian Durian Monthong, Jambu Bangkok, Ayam Bangkok dan produk-produk pertanian lainnya, yang menguasai pasar produk pertanian dunia. Dikatakan pula, dalam produk pertanian dunia, nama Bangkok sudah menjadi brand kelas dunia, yang produknya dianggap memiliki kualitas utama, serta disukai oleh seluruh bangsa di dunia.

Berkaitan dengan hal tersebut, menurut Walikota Sukabumi, upaya untuk meningkatkan pembangunan dalam bidang pertanian, tidak ada jalan lain harus ada intervensi ilmu pengetahuan dan teknologi yang benar-benar canggih. Karena dalam upaya meningkatkan pembangunan dalam bidang pertanian tersebut, sudah tidak bisa lagi dilakukan dengan cara tradisional, baik dalam mengolah maupun dalam mengembangkannya. Sebab dengan cara tersebut, kita tidak akan mampu mengimbangi hasil-hasil produk pertanian dari negara lain, baik dari segi kualitas maupun dari segi kuantitasnya. Selain itu, juga kemasannya lebih menarik, serta harganya lebih murah.

Untuk itu, Walikota Sukabumi meminta kepada jajaran Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kota Sukabumi, untuk senantiasa melakukan bimbingan dan pembinaan kepada para petani di Kota Sukabumi, supaya mampu menjadi petani yang berwawasan teknologi, berwawasan lingkungan dan memiliki jiwa kewirausahaan, sehingga dapat mendorong sektor pertanian yang semakin produktif dan menguntungkan.

Selain itu, Walikota Sukabumi juga mengatakan, pihaknya sangat menghargai terhadap upaya dan kerja keras, khususnya yang sudah dicapai oleh seluruh lapisan warga masyarakat pertanian di Kota Sukabumi. Namun demikian, menurut Walikota Sukabumi, upaya dan kerja keras tersebut agar lebih ditingkatkan dan dikembangkan lagi, khususnya ke arah pengembangan jasa pertanian. Maksud dan tujuannya, dalam rangka upaya percepatan pencapaian visi dan misi Kota Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat, khususnya dalam bidang agrobisnis.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013