| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Jumat, 25 April 2014
Berita Utama

4/24/2014
 
4/24/2014
KEMAJUAN DAERAH DINILAI DARI TINGKAT KEMAJUAN PEREKONOMIANNYA
 
4/24/2014
KUMKM MEMAINKAN PERANAN YANG SANGAT VITAL
 
Untitled Document
 
Sabtu, 15 Januari 2011
KANTOR IMIGRASI KELAS II SUKABUMI LAKUKAN BERBAGAI LANGKAH ANTISIPASI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, ber-upaya optimal melakukan berbagai langkah antisipasi. Karena para pegawai di kantor tersebut, tidak menginginkan terjadinya kembali penyelundupan imigran gelap, yang akan menuju pulau Christmas Australia. Adapun salah satu langkah antisipasi yang dilakukan para pegawai di kantor tersebut, diantaranya melakukan pengawasan dan penjagaan secara ketat, khususnya di sepanjang pantai selatan Sukabumi, oleh aparat keplolisian.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Hendra Martin menjelaskan, dalam tahun 2010, aparat kepolisian berhasil menangkap 43 imigran asing. Namun dengan semakin ketatnya penjagaan yang dilakukan oleh aparat kepolisian di sepanjang pantai selatan Sukabumi ini, membuat jalur penyelundupan imigran gelap tersebut ber-alih ke pantai di daerah Indramayu.

Dijelaskannya, ke depan pihaknya akan meningkatkan koordinasi dengan pihak kepolisian, untuk lebih memperketat pengawasan dan penjagaan di sepanjang pantai selatan Sukabumi. Selain itu, juga akan memperketat pengawasan terhadap Warga Negara Asing (WNA), yang menetap di Sukabumi. Adapun pengawasan yang dilakukan terhadap WNA tersebut, lebih dititik beratkan pada perizinan. Apakah para WNA tersebut sudah melapor ke Kantor Imigrasi Sukabumi atau belum? dan apakah para WNA tersebut sudah mempunyai izin menetap sementara atau KITAS atau belum?

Dijelaskan pula, berdasarkan data yang berhasil dihimpun saat ini, jumlah WNA yang menetap di Sukabumi pada tahun 2010, mencapai lebih kurang 500 orang. Hal tersebut sesuai dengan jumlah WNA yang mengurus KITAS ke Kantor Imigrasi Sukabumi, yakni mencapai 477 orang. Sedangkan yang mengurus perpanjangan KITAS sebanyak 262 orang, dan yang mengurus KITAS sebanyak 6 orang.

Menyinggung jumlah warga masyarakat yang mengurus Paspor RI pada tahun 2010, menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, yakni mencapai 10 ribu 550 orang. Antara lain, laki-laki 5 ribu 628 orang, dan perempuan 4 ribu 922. Dikatakannya, warga masyarakat yang mengurus Paspor tersebut, kebanyakan Paspor untuk bepergiaan ke luar negeri, seperti berwisata dan sebagainya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi menjelaskan, meningkatnya jumlah warga masyarakat yang membuat Paspor tersebut, terjadi pada bulan Desember 2010. Hal tersebut dipicu adanya isu, bahwa tarif pembuatan Paspor mengalami kenaikan. Padahal menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, bukan mengalami kenaikan, tapi mengalami penurunan, yakni dari yang semula 270 ribu rupiah, menjadi 255 ribu rupiah.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013