| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Kamis, 24 April 2014
Berita Utama

4/24/2014
KEMAJUAN DAERAH DINILAI DARI TINGKAT KEMAJUAN PEREKONOMIANNYA
 
4/24/2014
KUMKM MEMAINKAN PERANAN YANG SANGAT VITAL
 
4/24/2014
DWP KOTA SUKABUMI IKUT SOSIALISASI BAHAN PANGAN ASAL HEWAN
 
Untitled Document
 
Kamis, 31 Agustus 2006
HARDDISK RAIB DIAMBIL MALING
Reporter : Drs.H.A.Hamdan, M.M.
 

Pembaca yang budiman kali ini reporter merasa sedih, ternyata ditengah-tengah kemajuan teknologi diimbangi pula dengan kejahatan teknologi, kalau dulu orang ribut sering kemalingan ayam, kemalingan buah di depan rumah, pepaya dibelakang rumah habis, ternyata yang mengambilnya musang, kelelawar atau kampret hanya untuk mempertahankan hidup. Seiring jaman yang semakin canggih, ternyata kejahatan orang juga semakin canggih.

Mungkin bukan hal yang pertama di dengar oleh pembaca bahwa sasaran maling sering merambah keperkantoran, yang diincar adalah komputer, seperti halnya di Puskesmas,di Sekolah, di Instansi. Apa yang dicari si maling ternyata komputer. Kini gilirannya stand Infokom yang seharian mendemokan manfaat dan kegunaan internet. Eh dasar maling ternyata iseng juga hard disk-nya di sabet.

Semula infokom tidak akan memasang stand tersendiri, karena produk infokom sudah diberikan lahan di stand kota sukabumi yang diprakarsai oleh Bappeda, seperti halnya layanan internet gratis selama kegiatan pameran, termasuk beberapa tampilan data yang sudah tercover di dalamnya, bahkan data elektronik berupa film kaleidoskop sudah di pasang distand Bappeda.

Namun didasari dengan rasa tanggung jawab untuk ikut serta mensukseskan kegiatan Sukabumi Expo 2006, dan mengikuti kebijakan panitia bahwa stand yang masih kosong harus diisi, maka begitu mendapatkan pesan singkat dari wakil sekretaris panitia dan dibisiki oleh ketua panitia kami harus bisa mengisi stand yang masih kosong, diinstuksikanlah kepada para staf untuk mengisi stan tersebut.

Sehubungan libur panjang di bulan Agustus itu betul-betul dinikmati oleh seluruh staf, tatkala menginstruksikan untuk menata stand, tidak langsung bisa dilaksanakan karena para staf sedang berlibur. Keesokan harinya dikumpulkan seluruh seksi dan staf infokom untuk menata stand mandiri, dengan harapan akan mampu memberikan kepuasan kepada masyarakat akan pentingnya layanan informasi.

Seluruh staf beranggapan instruksi itu mendadak, karena sebelumnya mungkin disposisi surat belum sempat terbaca, tapi semuanya tetap mempunyai komitmen bahwa visi Infokom harus didukung oleh seluruh komunitas informasi dan komunikasi, saat itu dilakukan penataan, dari mulai pemasangan jaringan internet, tampilan photo,visualisasi pengelolaan sms, termasuk studio pemancar mini RSPD.

Rupanya stand infokom mampu menarik perhatian para pengunjung, karena disajikan beberapa foto sukabumi tempo dulu, layanan internet gratis, pembagian stiker dan cd tentang pencegahan narkoba, bahkan beberapa anggota kepolisian banyak yang berkunjung ke stand infokom dan meminta cd tentang pencegahan narkoba.

Dengan harapan bisa memberikan kepuasan pada para pengunjung, dilakukanlah evaluasi pada hari Senin tanggal 28 Agustus 2006, semuanya memberikan masukan agar pengelolaan stand infokom ditata ulang dan dilengkapi dengan berbagai tampilan, termasuk pembekalan kepada para petugas penunggu stand, menumbuhkan rasa kebersamaan, dan tidak kalah pentingnya yang disarankan oleh kepala seksi arsip Soni Erawan, S.Ip, bahwa petugas harus diperhatikan pula untuk makannya.

Dari saran yang bijak itu, disikapi oleh manajemen supaya staf arsip yang ditugaskan di stand pameran diberi imbalan untuk makan dari dana tabungan pribadi pimpinan yang disimpan di saudara Endang Suryadi. Dengan harapan bisa memecahkan persoalan yang dikeluhkan oleh staf, sebab faktor kebersamaan itu menjadi kata kunci keberhasilan suatu program.

Untuk memotivasi para penunggu stand infokom, reporter Berita Kota pada tanggal 29 Agustus 2006 pukul 19.00 WIB berkunjung ke stand Infokom, kebetulan penunggunya saat itu Sdr. Usan dan Sdr. Dodi, saat ditemui banyak pengunjung yang sedang memanfaatkan layanan internet gratis. Di dalam stand ada orang asing yang sedang bermain komputer, karena ada kepentingan keluarga dan sudah agak cape maka reporeter pun memutuskan untuk pulang ke rumah.

Pagi hari sebelum berangkat ke DPRD untuk mengikuti sidang paripurna penetapan rancangan keputusan DPRD tentang perhitungan anggaran dan LKPJ, sempat menegur staf, karena tidak mengindahkan perintah mengenai pencetakan foto kegiatan tablig akbar dengan mubalig kondang K.H.Abdullah Gymnastiar.

Sepulangnya dari sidang paripurna langsung mengikuti rapat persiapan pembagian santutan kepada anak asuh dari Yayasan GN-OTA kota sukabumi berjumlah 35 orang dengan titik berat pada siswa Aliyah sebagai wujud konkrit, Hj.Esih Muraz selaku ketua GN-OTA mendukung kebijakan Walikota Sukabumi H.Mokh Muslikh Abdusyukur, SH, M.Si tentang implemetasi rintisan Wajar dikdas 12 tahun.

Tidak diperkirakan sebelumnya, begitu selesai rapat GN-OTA mendapat kontak langsung dari Wartawan PR H.Dani S.Wiria mengkonfirmasikan tentang kejadian pembongkaran di stand infokom, para Kepala Seksi pun langsung dipanggil, diperoleh keterangan bahwa staf mengetahui hilangnya hard disk itu saat akan menyalakan computer ternyata tidak nyala, disaat diperiksa oleh tim teknis dari PDE, ternyata RAM dan harddisk raib diambil maling.

Keanehannya kenapa maling itu hanya mengambil harddisk, padahal omputer yang dipasang di stan itu bukan satu termasuk program sms walikota dengan nomor 081563200200 ada di sana, apakah motivasi sang maling, apakah yang dicuri itu dikira informasi penting! Ataukan ada maksud lain, apakah ini sebagai pertanda merebaknya kejahatan teknologi. Entah lah, yang jelas dari kejadian itu mengingatkan infokom untuk berhati-hati dalam menyimpan program dan menyimpan data dan informasi, salah-salah informasi itu untuk disalah gunakan oleh sang maling.

Karena negara Indonesia ini sebagai negara hukum dan ingin menjunjung tinggi supremasi hukum, staf infokom melaporkan kejadian ini kepada yang berwajib dalam hal ini kepada polisi di wilayah hukum Polresta sukabumi, sedangkan laporan kepada Walikota disampaikan melalui ajudan secara lisan disaat menghadiri kegiatan peringatan isro mi’raj ibu-ibu di rumah dinas. Laporan kepada Sekda kota sukabumi, disampaikan melalui pesan singkat ( sms ) dan kepada ajudan Sekda.

Pesan singkat dari Sekda agar ketua panitia diberitahu tentang kejadian ini, dan harus lebih hati-hati untuk kedepannya.

Ketika ditanya oleh wartawan,”kunaon eta teh naha teu aya nu piket ?” dijawab secara spontan bahwa Infokom mengikuti kegiatan ini mengasumsikan bahwa keamanan dijamin oleh panitia, karena dalam proposal penyelenggaraan Sukabumi Expo 2006 sudah tercantum untuk itu sehingga setiap pengguna stand dimintakan partisipasinya untuk membayar stand.

Pertanyaan berikutnya “siapa panitianya dan bagaimana pertanggung jawabannya ?” panitianya Ir.Dede Dahman Daud, sekretarisnya, Drs.Benny Haerani,MM dan wakil sekretarisnya Drs.H.Andri Setiawan, MM., sedangkan pihak kepolisian sudah melakukan pemeriksaan ke TKP.

Memang kita yakin bahwa niat baik belum tentu orang lain mempersepsikan baik, bisa saja niat baik kita dimanfaatkan kurang baik oleh orang lain, kita memberi kepada orang lain belum tentu orang suka dengan pemberian kita. Namun kita harus berbesar hati. Sehati-hati apapun ternyata manusia ada lengahnya juga, kecuali kita diberi perlindungan oleh Allah SWT. Mungkin ini juga Allah mendidik kita bahwa kita kurang berdoa kepada-Nya, dan terlalu mengkultuskan kecanggihan pengamanan yang dikuasai manusia, sedangkan kita lupa berdoa bahwa yang memberi rasa aman itu hanyalah Allah SWT.

Kehilangan harddisk itu kecil,kehilangan harta itu kecil, kehilangan nyawa itu kecil tapi yang harus kita hawatirkan, tatkala masih hidup hilang akal, hilang jati diri dan hilang iman, naudzu billah himin dalik! Marilah kita berlindung kepada Allah SWT.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013