| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Jumat, 25 April 2014
Berita Utama

4/24/2014
 
4/24/2014
KEMAJUAN DAERAH DINILAI DARI TINGKAT KEMAJUAN PEREKONOMIANNYA
 
4/24/2014
KUMKM MEMAINKAN PERANAN YANG SANGAT VITAL
 
Untitled Document
 
Selasa, 21 Mei 2013
FESTIVAL KEANEKARAGAMAN MAKANAN KHAS JAWA BARAT TAHUN 2013
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

TP PKK Kota Sukabumi, menyelenggarakan Festival Keanekaragaman Makanan Khas Jawa Barat, Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2013. Festival yang berlangsung hari Selasa, 21 Mei 2013, di Ruangan Pertemuan Sekretariat TP PKK Kota Sukabumi ini, dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Nyonya Hajah Esih Setiasih Muraz.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Nyonya Hajah Fitri Hayati Fahmi, jajaran Pengurus TP PKK Kota Sukabumi dan TP PKK Kecamatan se Kota Sukabumi, unsur pimpinan dari Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kota Sukabumi, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopperindag) Kota Sukabumi, para peserta festival, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Nyonya Hajah Esih Setiasih Muraz menjelaskan, bahwa makanan khas atau yang lebih dikenal dengan sebutan makanan etnik ini, yakni jenis makanan yang diciptakan, sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah masing-masing. Maksud dan tujuannya, untuk mengangkat makanan khas daerah, menjadi makanan yang dapat diterima dan disukai oleh berbagai lapisan warga masyarakat. Dengan demikian, makanan tersebut dapat dijadikan komoditi unggulan daerah masing-masing, sekaligus dapat meningkatkan kuliner warga masyarakat, khususnya dalam bidang makanan khas atau makanan etnik daerah masing-masing. Selain itu, juga dapat meningkatkan ekonomi warga masyarakat, khususnya para pelaku usaha makanan khas atau makanan etnik daerah masing-masing.

Dijelaskan pula, sebagaimana dimaklumi bersama, bahwa daerah Sukabumi merupakan salah satu daerah penghasil ubi kayu, ubi rambat, talas, jagung dan lain-lain, yang dapat dijadikan bahan pokok pengganti beras. Namun untuk menambah nilai gizi bahan-bahan makanan tersebut, perlu dilakukan penambahan atau dikolaborasikan dengan bahan-bahan lain, yang berasal dari bahan yang mengandung unsur hewani dan protein nabati. Dengan demikan, makanan tersebut dapat dikonsumsi sebagai makanan keluarga, dengan nilai gizi yang cukup, sesuai dengan kebutuhan atau dengan sebutan gizi seimbang.

Sementara Ketua Kelompok Kerja (Pokja) III TP PKK Kota Sukabumi, selaku Panitia Penyelenggara, Nyonya Hajah Ferry Endjo menjelaskan, Festival Keanekaragaman Makanan Khas Jawa Barat Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2013 ini, diikuti 7 TP PKK Kecamatan se Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, juara pertama Festival Keanekaragaman Makanan ini, akan diikutsertakan pada festival yang sama Tingkat Provinsi Jawa Barat, yang menurut rencana akan dilaksanakan di Bandung, pada tanggal 8 dan 9 Juni 2013 mendatang.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013