| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Senin, 21 April 2014
Berita Utama

4/20/2014
GUBERNUR JABAR MELEPAS BELASAN RIBU PESERTA GERAK JALAN SANTAI
 
4/20/2014
KENDARAAN DAYA MUAT 12 TON DILARANG MELINTAS KOTA SUKABUMI
 
4/20/2014
RAPAT PLENO REKAPITULASI PENGHITUNGAN SUARA SAH PILEG TAHUN 2014
 
Untitled Document
 
Senin, 20 Juli 2009
DINAS PENDIDIKAN KOTA SUKABUMI TERIMA 2 RIBU 552 BLANKO IJAZAH SMA
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, hari Jum’at, 17 Juli 2009 baru-baru ini, menerima 2 ribu 552 blanko Ijazah SMA. Blanko Ijazah tersebut, didistribusikan oleh Departemen Pendidikan Nasional, melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, sesuai dengan daftar kolektif peserta UN SMA di Kota Sukabumi.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, Dra. Ika Sartika, M.Si. menjelaskan, sebelum dikirim ke Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, blanko ijazah SMA tersebut terlebih dahulu disortir oleh pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, sesuai dengan jumlah kelulusan siswa.

Dijelaskan pula, sebelumnya pihak Dinas Pendidikan Kota Sukabumi juga telah menerima dan mendistribusikan blanko ijazah SMK ke 17 SMK di Kota Sukabumi, sesuai dengan jumlah kelulusan siswa sekolah tersebut, yakni sebanyak 2 ribu 419 blanko.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Sukabumi mengatakan, setelah diisi dan diserahkan kepada siswa masing-masing sekolah, ijazah tersebut dapat digunakan untuk keperluan mendaftar kuliah ke Perguruan Tinggi atau melamar pekerjaan.

Ditandaskannya, karena jumlah blanko ijazah yang diberikan tersebut sangat terbatas sesuai dengan jumlah siswa yang lulus, Kepala Bidang Menengah Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, menghimbau kepada seluruh sekolah, agar dalam melakukan penulisan bio data siswa pada blanko ijazah tersebut berhati-hati, serta ditulis dengan tulisan yang baik, benar, jelas, rapi dan bersih, menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah terhapus.

Ditandaskan pula, apabila terjadi kesalahan dalam penulisan, tidak boleh dicoret, ditimpa atau di tipe-x, tapi harus diganti dengan blanko yang baru. Sedangkan pada ijazah yang salah, harus disilang dengan tinta warna hitam, pada kedua sudut yang berlawanan di bagian depan dan bagian belakang blanko ijazah.

Disamping itu, blanko ijazah yang salah atau yang rusak, agar dikembalikan ke Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, disertai dengan berita acara. Adapun untuk mengganti blanko ijazah yang salah atau yang rusak, pihak Dinas Pendidikan Kota Sukabumi akan mengajukan penggantian ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Untuk mengatasi dan meng-antisipasi terjadinya kesalahan dalam penulisan ijazah tersebut, pihak Dinas Pendidikan Kota Sukabumi telah memberi petunjuk cara pengisian ijazah yang baik dan benar, kepada setiap sekolah.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013