| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Kamis, 24 April 2014
Berita Utama

4/23/2014
THE 4TH SUKABUMI EXPO 2014 DIIKUTI 220 KUMKM SE WILAYAH BOGOR
 
4/23/2014
MENTERI SOSIAL RI MENYERAHKAN BANTUAN SEBESAR RP. 3.421.800.000,00
 
4/23/2014
WALIKOTA SUKABUMI MEMBUKA THE 4TH SUKABUMI EXPO TAHUN 2014
 
Untitled Document
 
Selasa, 2 Februari 2010
DINAS PENDIDIKAN BEKERJASAMA DENGAN DISPORABUDPAR DAN KONI AKAN LAKSANAKAN LPI TINGKAT KOTA SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, bekerja-sama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Sukabumi, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Sukabumi, akan melaksanakan Liga Pendidikan Indonesia (LPI) Tingkat Kota Sukabumi. Kegiatan yang dijadualkan di ikuti sebanyak 27 kesebelasan sepak bola pelajar tersebut, ber-asal dari 17 kesebelasan sepak bola tingkat SMP dan 10 kesebelasan dari tingkat SMA. Adapun sistem pertandingan yang akan dilaksanakan dalam LPI tersebut, yakni sistem gugur. Sedangkan LPI tersebut, menurut rencana akan dilaksanakan mulai tanggal 2 sampai dengan 13 Februari 2010 mendatang. Sementara final LPI tingkat Kota Sukabumi, akan dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2010 mendatang, dengan lama waktu pertandingan 2 kali 30 menit.

Sekretaris Panitia Penyelenggara LPI Kota Sukabumi, Drs. Beldikson menjelaskan, LPI tersebut dilaksanakan bukan hanya di tingkat kota dan kabupaten, akan tetapi juga dilaksanakan di tingkat provinsi dan nasional. Sebab lahirnya LPI tersebut, berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB), antara Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), dan Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Pusat. Dijelaskan pula, SKB tersebut selanjutnya ditindak-lanjuti di daerah, baik di kota maupun di kabupaten dan di provinsi. Dikatakannya, secara nasional, LPI tersebut merupakan yang pertama kali digelar. Karena SKB-nya, baru diterbitkan pada bulan Juni 2009 yang baru lalu. Selain itu, kegiatan LPI tersebut secara langsung dipertanggung-jawabkan oleh Presiden RI. Dengan demikian, kesebelasan yang menjadi pemenang dalam LPI tersebut, bukan hanya mendapat trophy dari walikota atau bupati dan gubernur, akan tetapi juga mendapat trophy dan piagam penghargaan dari Presiden RI. Karena pemenang LPI tingkat kota atau kabupaten, berhak mewakili daerahnya masing-masing, untuk mengikuti LPI tingkat provinsi, dan pemenang di tingkat provinsi berhak mengikuti LPI tingkat nasional.

Sekretaris Panitia Penyelenggara LPI Kota Sukabumi menandaskan, selain mendapat trophy dan piagam penghargaan dari Presiden RI, pemenang pertama di tingkat nasional, untuk tingkat SMP akan diikut-sertakan pada Praktik Kerja Lapangan (PKL) ke Itali, dan untuk tingkat SMA ke Uruguay. Ditandaskan pula, sistem pertandingan LPI untuk tahun-tahun mendatang, akan dilaksanakan dengan sistem setengah kompetisi. Sedangkan tempat pelaksanaan LPI, untuk tingkat Kota Sukabumi akan memanfaatkan lapangan sepak bola yang ada di setiap kecamatan. Bahkan menurut informasi dari pihak Panitia Pusat, Kota Sukabumi dinominasikan untuk menggelar LPI tingkat Provinsi Jabar. Dikatakannya, jajaran Panitia Penyelenggara Tingkat Kota Sukabumi, akan ber-upaya optimal melaksanakan dan mengatur jadual waktu LPI tersebut, supaya tidak mengganggu terhadap proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) para siswa.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013