| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Senin, 21 April 2014
Berita Utama

4/20/2014
GUBERNUR JABAR MELEPAS BELASAN RIBU PESERTA GERAK JALAN SANTAI
 
4/20/2014
KENDARAAN DAYA MUAT 12 TON DILARANG MELINTAS KOTA SUKABUMI
 
4/20/2014
RAPAT PLENO REKAPITULASI PENGHITUNGAN SUARA SAH PILEG TAHUN 2014
 
Untitled Document
 
Senin, 4 Oktober 2010
DINAS BINA MARGA PROVINSI JAWA BARAT ANGGARKAN DANA 5 MILYAR RUPIAH
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat, dalam tahun 2010 menganggarkan dana sebesar 5 milyar rupiah, untuk menyelesaikan pembangunan jalan lingkar selatan Kota Sukabumi. Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat, M. Guntoro, usai Halal Bil Halal dengan seluruh pegawai di lingkungan Dinas Bina Marga Jawa Barat Wilayah I Cianjur dan Wilayah II Sukabumi, baru-baru ini menjelaskan, dana tersebut diperuntukan membayar ganti rugi pembebasan tanah warga masyarakat, yang terkena proyek jalan tersebut. Sedangkan untuk pembangunan fisik jalan tersebut, akan dianggarkan pada tahun 2011 mendatang.

Ditandaskannya, hingga saat ini, peyelesaian pembangunan jalan lingkar selatan Kota Sukabumi, banyak mengalami kendala, bukan hanya kendala anggaran saja, akan tetapi juga kendala lambatnya penyelesaian pembayaran ganti rugi tanah kepada warga masyarakat. Ditandaskan pula, hingga saat ini masih terdapat 4 kapling tanah warga masyarakat yang masih bermasalah, serta belum diselesaikan degan para pemiliknya.

Untuk itu, Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat, meminta kepada Kepala Dinas Bina Marga Wilayah II Sukabumi, agar segera menyelesaikan permasalahan tersebut, serta berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi. Sebab pihak Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat, tidak akan melanjutkan proyek pembangunan jalan tersebut, apabila penyelesaian ganti rugi tanah kepada warga masyarakat belum selesai.

Sementara Kepala Dinas Bina Marga Wilayah II Sukabumi, Yeyet Hidayat menjelaskan, hingga saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan Pememerintah Kota Sukabumi, khususnya yang berkaitan dengan penyelesaian ganti rugi tanah warga masyarakat yang belum selesai.

Dikatakannya, masalah ganti rugi tanah warga masyarakat yang belum selesai, akan dilakukan dalam beberapa tahap. Antara lain, pada tahap pertama, pihaknya akan menyelesaikan ganti rugi tanah warga masyarakat sebanyak 4 kapling tanah atau sepanjang 6,9 kilometer, pada tahap kedua sepanjang 2,2 kilometer, dan pada tahap ketiga sebanyak 10 kapling tanah atau sepanjang 4,4 kilometer. Dijelaskannya, dari ke-10 kapling tanah tersebut, sebanyak 4 kapling masuk dalam kategori ruislag, 1 kapling tanah selesai sertifikasi, dan 5 kapling tanah terlewat. Kepala Dinas Bina Marga Wilayah II Sukabumi menandaskan, pihaknya akan membayar ganti rugi tanah terhadap 5 kapling tanah yang terlewat, serta saat ini sedang berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013