| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Kamis, 24 April 2014
Berita Utama

4/24/2014
KEMAJUAN DAERAH DINILAI DARI TINGKAT KEMAJUAN PEREKONOMIANNYA
 
4/24/2014
KUMKM MEMAINKAN PERANAN YANG SANGAT VITAL
 
4/24/2014
DWP KOTA SUKABUMI IKUT SOSIALISASI BAHAN PANGAN ASAL HEWAN
 
Untitled Document
 
Rabu, 27 Januari 2010
DI KELURAHAN CIKONDANG TERDAPAT BEBERAPA MASALAH YANG BERPENGARUH TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM DI LAPANGAN
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Di Kelurahan Cikondang Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi, terdapat beberapa masalah, yang sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan program dan kegiatan di lapangan. Adapun beberapa masalah tersebut, seperti dikatakan Lurah Cikondang, Drs. Deni Ahmad, yakni terlalu cepatnya perubahan peraturan perundang-undangan dari pemerintah pusat, yang tidak segera diikuti dengan peraturan pelaksanaanya. Hal tersebut menyebabkan terjadinya pemahaman yang berbeda-beda, terhadap perundang-undangan tersebut. Selain itu, juga kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) profesional, yang dapat menerjemahkan visi dan misi secara maksimal. Kemudian kurangnya sarana dan prasarana yang dapat mendukung terhadap pelaksanaan program dan kegiatan di tingkat kelurahan, kurang optimalnya koordinasi antara dinas instansi dan lembaga teknis dengan kecamatan dan kelurahan, serta pemahaman warga masyarakat atas pelayanan prima belum dipahami secara benar. Dengan demikian, seluruh pelayanan yang disampaikan warga masyarakat ingin secepatnya selesai, tanpa menempuh prosedur dan kewajiban sebagai warga yang baik, seperti lapor terlebih dahulu kepada RT dan RW masing-masing.

Sedangkan beberapa strategi kebijakan yang dilaksanakan di Kelurahan Cikondang, senantiasa berpedoman pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, serta kemampuan personal dan aspirasi warga masyarakat. Diantaranya menciptakan suasana lingkungan kerja yang kondusif, dalam rangka upaya meningkatkan motivasi terhadap para pegawai dalam melaksanakan tugas; menciptakan pelayanan prima atau Excelent Service kepada masyarakat dengan melaksanakan prosedur yang berlaku; menyelenggarakan administrasi pemerintahan yang tertib dan dinamis, guna tercapai keaktualan dan kefaktualan data; perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang matang, dengan berpijak pada aspirasi dan kebutuhan masyarakat yang diprioritaskan; menumbuh-kembangkan partisipasi masyarakat dan swasta, untuk menciptakan dan mendukung program pemerintah, termasuk pengembangan industri dan pertanian.

Sementara indikator-indikator yang digunakan untuk mengukur kinerja di Kelurahan Cikondang, yakni masukan atau input Sumber Daya Manusia (SDM) aparat dan masyarakat, anggaran, sarana dan prasarana, serta potensi wilayah. Kemudian proses atau transformasi penyelenggaraan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi), kegiatan di bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat, pelayanan umum serta Ketenteraman dan Ketertiban (Trantib). Selanjutnya keluaran atau output jumlah barang dan jasa yang dihasilkan, seperti KTP, KK, Perijinan, dan surat lainnya, serta pembangunan fisik dan non fisik; hasil atau outcome pencapaian penyelenggaraan Tupoksi unit kerja yang efektif dan efisien, guna terciptanya good governance atau kepemrintahan yang baik; manfaat atau benefit tertib administrasi pemerintahan, kepentingan masyarakat terpenuhi, dinamisasi pembangunan, masyarakat berdaya, dan stabilitas Trantib; serta dampak atau impact pelayanan cepat, partisipasi masyarakat dan swasta meningkat, guna menunjang pencapaian program.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013