| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Sabtu, 19 April 2014
Berita Utama

4/19/2014
 
4/19/2014
PELAKSANAAN APBD KOTA SUKABUMI TAHUN 2013
 
4/19/2014
TITIK TUMPU KEBERHASILAN PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH
 
Untitled Document
 
Kamis, 10 Oktober 2013
DALAM PELAKSANAAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. menandaskan, sebagaimana dimaklumi bersama, bahwa dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah, senantiasa dihadapkan pada perubahan dan penyesuaian-penyesuaian, karena disebabkan oleh regulasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Antara lain Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 37 Tahun 2012, Tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2013, serta Permendagri Nomor 39 Tahun 2012, Tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 32 Tahun 2011, Tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari APBD.

Dikatakannya, dengan adanya regulasi tersebut, sangat berpengaruh terhadap proses penyusunan Rencana APBD, baik induk maupun perubahan dan pelaksanaan APBD, terutama perubahan kodering dan nomenklatur, baik pendapatan maupun belanja dan pembiayaan. Dikatakan pula, perubahan pada aspek pengelolaan keuangan daerah yang diatur dalam paket undang-undang tersebut, pada dasarnya bertumpu terhadap upaya untuk meningkatkan dan mengedepankan prinsip-prinsip efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, yang secara keseluruhan diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Namun demikian, seperti dijelaskan Wakil Walikota Sukabumi, dalam mengakomodir aspirasi masyarakat ke dalam struktur APBD/ harus tetap memperhatikan kaidah, serta peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, khususnya yang menyangkut aspek teknis dan yuridis. Maksud dan tujuannya, supaya dalam pelaksanaannya dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi hukum dan administrasi, maupun dari segi nomenklatur program dan kegiatannya. Dijelaskan pula, dalam Perubahan APBD, secara substansi harus tetap melanjutkan APBD Murni, yang mengacu pada RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2013-2018, serta harus disesuaikan dengan Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2013-2018, yakni Dengan Iman dan Taqwa, Mewujudkan Pemerintahan Yang Rahmatan Lil Alamin.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013