| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Sabtu, 19 April 2014
Berita Utama

4/18/2014
UJIAN DINAS PNS TINGKAT I DAN II UNTUK PERIODE 1 OKTOBER 2014
 
4/18/2014
KEBERHASILAN KELURAHAN KARAMAT MERAIH JUARA LOMBA KELURAHAN 2014
 
4/18/2014
KOMODITI BERAS CIHERANG ALAMI PENURUNAN HARGA 2,2 PERSEN
 
Untitled Document
 
Jumat, 14 Mei 2010
DALAM MELAKUKAN PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIK TIDAK TERLEPAS DARI KONSEP MANEJEMEN STRATEGIK
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Dalam melakukan penyusunan Perencanaan Strategik atau Strategic Planning System, tidak terlepas dari konsep manajemen strategik, yang mengemukakan hubungan antar organisasi dengan lingkungan, baik lingkungan internal maupun eksternal. Adapun embrio dari perkembangan konsep manajemen strategik, menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kota Sukabumi, Drs. H.A. Hamdan, M.M., yakni pemikiran tentang perencanaan strategik.

Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya sistem perencanaan yang efektif dalam perencanaan strategik, diantaranya untuk merespon perubahan lingkungan eksternal dan meng-organisir sumber daya, untuk peningkatan kinerja. Dikatakannya, inti dari kegiatan perencanaan, yakni menyusun program kerja yang jelas dan dapat diimplementasikan, untuk menjamin keberlangsungan suatu organisasi dalam lingkungan yang dinamik. Dikatakan pula, managemen strategik dalam lingkungan BPMPKB Kota Sukabumi, yakni berupa Rencana Strategis atau Rentra, serta berperan sebagai aktualisasi nilai-nilai dan prinsip-prinsip BPMPKB, dalam upaya mendukung penyelenggaraan kepemerintahan yang baik atau Good Governance.

Kepala BPMPKB Kota Sukabumi menjelaskan, sebagaimana dimaklumi bersama, bahwa kelembagaan BPMPKB, telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Sukabumi Nomor 17 Tahun 2000, yang telah diubah dengan Perda Kota Sukabumi Nomor 8 Tahun 2003, Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dan Sekretariat DPRD Kota Sukabumi, yang ditindak-lanjuti dengan Keputusan Walikota Sukabumi Nomor 29 Tahun 2004, Tentang Kedudukan, Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Sukabumi, sebagai instansi yang diberi wewenang dan bertanggungjawab dalam bidang PMPKB, dituntut mempunyai Renstra, yang di-implementasikan dalam bentuk visi, misi, tujuan dan sasaran, serta program yang jelas, ter-arah dan terpadu, yang dapat memenuhi dan mengarahkan partisipasi masyarakat, serta yang berkepentingan dalam bidang PMKB.

Dijelaskan pula, memperhatikan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1999 Tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, bahwa BPMPKB Kota Sukabumi telah menyusun Renstra, untuk memberikan arah, pedoman dan pola kerja bagi seluruh personil BPMPKB Kota Sukabumi, dalam upaya mewujudkan visi, misi dan garis-garis kebijakan yang telah ditetapkan oleh instansi.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013