| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Kamis, 24 April 2014
Berita Utama

4/23/2014
THE 4TH SUKABUMI EXPO 2014 DIIKUTI 220 KUMKM SE WILAYAH BOGOR
 
4/23/2014
MENTERI SOSIAL RI MENYERAHKAN BANTUAN SEBESAR RP. 3.421.800.000,00
 
4/23/2014
WALIKOTA SUKABUMI MEMBUKA THE 4TH SUKABUMI EXPO TAHUN 2014
 
Untitled Document
 
Rabu, 24 Maret 2010
ANGGARAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM KOTA SUKABUMI DALAM TAHUN 2010 ALAMI PENINGKATAN
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Anggaran Penanggulangan Bencana Alam (PBA) Kota Sukabumi, dalam tahun 2010 mengalami peningkatan. Yakni dari 1,3 milyar rupiah pada tahun 2009, dalam tahun 2010 menjadi 1,5 milyar rupiah. Meningkatnya anggaran PBA tersebut, karena jumlah kasus bencana alam di Kota Sukabumi, khususnya bencana alam tanah longsor, dalam tahun 2010 diprediksi mengalami peningkatan dari tahun 2009. Buktinya pada triwulan pertama tahun 2010, yakni pada bulan Januari, Februari dan Maret 2010, jumlah kejadian bencana alam di Kota Sukabumi, sudah mencapai 20 kasus. Padahal pada tahun 2009, kejadian bencana alam di Kota Sukabumi hanya mencapai 71 kasus.

Seperti dikatakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., prediksi meningkatnya kasus bencana alam dalam tahun 2010 di Kota Sukabumi tersebut, karena pada tahun 2010 sering terjadi hujan lebat. Menyinggung upaya antisipasi meningkatnya jumlah kasus bencana alam khususnya tanah longsor di Kota Sukabumi, menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, diantaranya melakukan pendataan wilayah yang dikatagorikan rawan bencana tanah longsor.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi menjelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi, dalam waktu dekat akan menyalurkan bantuan tahap I, dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provini Jawa Barat, bagi 298 unit rumah yang rusak berat dan sedang, akibat bencana gempa bumi yang melanda Kota Sukabumi, tanggal 2 September 2009 lalu. Ke-298 unit rumah tersebut, yakni 35 unit rumah rusak berat, masing-masing sebesar 15 juta rupiah, dan 263 unit rumah rusak sedang, masing-masing sebesar 10 juta rupiah. Ditandaskannya, bantuan tersebut akan disalurkan langsung melalui rekening Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) masing-masing, serta akan diterima secara utuh oleh para korban. Sementara sisanya sebanyak 682 rumah, dengan kriteria rusak berat dan rusak sedang, dijadualkan mendapat bantuan pada tahap II dan III. Untuk itu, guna menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan penyaluran bantuan tahap II dan III, Pemerintah Kota Sukabumi telah mengirimkan surat usulan kepada BNPB dan BPBD Provinsi Jawa Barat, untuk segera menyalurkan bantuan tersebut.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Penanggulangan Bencana (Dinsostek PB) Kota Sukabumi, telah menyalurkan bantuan kepada para korban gempa tersebut sebesar 939 juta 900 ribu rupiah. Adapun besaran bantuan dari Dana Tidak Terduga Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Sukabumi tersebut, yakni untuk rumah yang hancur sebesar 4 juta 500 ribu rupiah termasuk uang sewa, untuk rumah yang rusak berat tidak bisa dihuni sebesar 3 juta rupiah termasuk uang sewa, untuk rumah yang rusak berat tapi masih bisa dihuni sebesar 1 juta 500 ribu rupiah, dan untuk rumah yang rusak sedang sebesar 500 ribu rupiah.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013