| Home | Berita | Booklet Kota Sukabumi | Forum | Harga Bahan Pokok | perubahan waktu Kamis, 24 April 2014
Berita Utama

4/24/2014
 
4/24/2014
KEMAJUAN DAERAH DINILAI DARI TINGKAT KEMAJUAN PEREKONOMIANNYA
 
4/24/2014
KUMKM MEMAINKAN PERANAN YANG SANGAT VITAL
 
Untitled Document
 
Kamis, 10 Januari 2013
AMIK CBI SUKABUMI KEMBANGKAN TIGA STRATEGI UTAMA
Reporter : ENDANG SUMARDI
 

Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Citra Buana Indonesia (CBI) Sukabumi, ber-upaya optimal menerapkan dan mengembangkan tiga metode atau strategi utama. Adapun ketiga strategi tersebut, seperti diungkapkan Badan Pengelola Harian (BPH) Yayasan Buana Pratama, selaku Penyelenggara Perguruan Tinggi (PT) CBI Sukabumi, Rafdi, S.Sos., antara lain, pertama metode atau strategi inovasi sistem High Level Mananajemen, di mana BPH terjun langsung melaksanakan tugas pengembangan, membangun relasi, strategi marketing, membuat konsep inovasi manajemen CBI dan advisor. Sedangkan Direktur, melaksanakan tugas internal, seperti kualitas proses dan output akademik, supervisi internal, koordinasi dengan pemerintah terkait, manajerial Tri Dharma Perguruan Tinggi dan sebagainya.

Kedua metode atau strategi Marketing Spiritual, diantaranya Mencari Rezeki dengan Bersedekah. Dengan metode atau strategi ini, lulusan SLTA dari panti asuhan yang ada di wilayah Kota Sukabumi, melalui Persatuan Panti Asuhan dan Kaum Dhuafa Kota Sukabumi, dapat digratiskan kuliah di CBI Sukabumi. Dijelaskannya, program kuliah gratis ini, juga diberlakukan bagi kaum dhuafa di luar panti asuhan, dengan persyaratan khusus. Disamping itu, gaji dosen di CBI Sukabumi, setiap bulan dipotong zakat secara langsung, untuk panti asuhan.

Dijelaskan pula, berbagai bentuk organisasi, sebagai proses pendepartementasian, sengaja dibentuk di CBI Sukabumi, kendati sepintas kurang relevan dengan kelaziman struktur formal di Perguruan Tinggi (PT) pada umumnya. Diantaraya ada organisasi Majelis Amaliyah, Forum Studi Islam, BPH, Direktur, Sekretaris, dan 13 unit kegiatan mahasiswa, serta tiga semester mata kuliah agama, termasuk penanggung jawab dan koordinator jenis-jenis kelas, yang terdiri dari kelas regular, kelas karyawan, kelas subsidi, Direktur Bagian Tempat Ujian Kompetensi, Direktur Bagian Layanan Karir dan Penyaluran Kerja, serta ada pula petugas yang secara khusus menggarap bidang relasi luar negeri dan sebagainya.

Ketiga Go Publik dan Go Luar Negeri, dilakukan melalui beberapa kegiatan. Diantaranya bagi setiap mahasiswa diwajibkan mengikuti program pengajian keliling setiap bulan, yang kepengurusannya di kelola oleh Majelis Amaliyah CBI Sukabumi. Selanjutnya sosialisasi, bahwa di CBI Sukabumi ada tempat uji kompetensi, mengadakan bedah Calon Legislatif (Caleg) DPR RI, serta dipercaya oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dalam penyelenggaraan open turnaman Futsal, untuk memperebutkan klasifikasi divisi utama Sukabumi. Selain itu, juga bekerjasama dengan PT Telkom, untuk melaksanakan penyuluhan komputer ke setiap sekolah, penyuluhan kewirausahaan ke masyarakat, termasuk memotivasi mahasiswa dan dosen, untuk senatiasa aktif menulis. Dengan demikian, di sejumlah Surat Kabar, ada beberapa penulis artikel dan kolom dari CBI Sukabumi. Demikian pula dalam menulis buku, hingga saat ini sudah ada 9 judul buku yang di terbitkan oleh penerbit besar nasional, yang ditulis oleh dosen CBI Sukabumi. Dikatakannya dari 9 judul buku tersebut, ada satu judul buku yang cukup laris di Indonesia, dan sudah beberapa kali diterbitkan.

Sedangkan khusus untuk Go Luar Negeri, dilakukan melalui kerja sama dengan jasa Rismana Rao Entrepreneurs Kuantan-Malaysia, untuk kuliah magang selama satu semester, khususnya bagi Jurusan Perhotelan CBI Sukabumi. Disamping itu, juga pernah melakukan kerja sama magang kerja, melalui Star Cruise, kapal pesiar rute Asia Pasifik.

Yang cukup memuaskan dan membanggakan bagi semua pihak, baik bagi Pemerintah Kota Sukabumi beserta instansi dan lembaga terkait lainnya, maupun bagi warga masyarakat khususnya bagi pihak CBI Sukabumi, PT yang telah mengantongi Akreditasi B ini, pernah dijadikan tempat study banding, oleh salah satu Politeknik termegah di Wilayah I Jawa Barat, yakni Politeknik KENT Bogor, sekaligus belajar ke CBI Sukabumi, khususnya tentang manajemen pengelolaan dan teknik mendatangkan mahasiswa. Karena CBI Sukabumi, memiliki jumlah mahasiswa yang cukup banyak, yakni hampir mencapai 3 ribu orang, yang tersebar di tujuh lokasi kampus di Sukabumi.

 
   
Pemerintah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 25 Telepon/Fax (+62266) 221123
Sukabumi, Jawa Barat - Indonesia
Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi 2013